Jenis Bakteri LactobacillusWajib Tau Inilah 3 Jenis Bakteri Lactobacillus Beserta Manfaatnya – Tentu saja anda sudah sering mendengar tentang bakteri baik yang terkandung dalam yoghurt kan? nah salah satu bakteri baik yang sering dimasukan dalam produk makanan atau minuman fermentasi tersebut biasanya adalah bakteri Lactobacillus Casei atau biasanya juga disingkat dengan nama L. Casei. Memang tidak semua jenis bakteri itu berbahaya, namun justru bakteri jenis bakteri Lactobacillus ini malah memberikan perlindungan terhadap berbagai penyakit. Dimana bakteri ini memiliki fungsi untuk menghambat bakteri jahat yang ingin berkembang biak sehingga menyebabkan infeksi dalam tubuh kita.

3 Jenis Bakteri Lactobacillus Beserta Manfaatnya

Tapi apakah anda tahu apa saja sih jenis bakteri Lactobacillus ini? Mengingat bahwa bakteri lactobacillus ini memiliki jenis-jenis yang berbeda-beda dan semuanya tinggal dalam tubuh kita. Untuk anda yang penasaran tentang apa saja sih jenis bakteri lactobacillus di tubuh dan manfaatnya untuk anak-anak, berikut sudah saya tuliskan secara lengkap dibawah ini.

1. Lactobacillus Reuteri

Jenis bakteri lactobacillus yang pertama adalah lactobacillus reuteri. Dimana bakteri ini bisa ditemukan pada bagian-bagian tubuh manusia termasuk juga dalam saluran kemih, saluran pencernaan, asi hingga kulit tubuh manusia. Jenis bakteri lactobacillus yang satu ini memiliki manfaat pada sistem kekebalan tubuh manusia dan juga bisa membantu memperkuat dinding pada usus dengan mengurangi terjadinya penyebaran mikroba yang bisa membuat peradangan pada usus.

2. Lactobacillus Casei

Berikutnya ada bakteri Lactobacillus casei yang bisa ditemukan dalam sistem pencernaan manusia, pada saluran kemih dan juga pada saluran kelamin manusia. Jenis bakteri Lactobacillus casei ini memiliki manfaat yang bagus untuk sistem pencernaan manusia. Jika dalam tubuh kita tidak terdapat Lactobacillus casei tentu saja tubuh kita akan sulit untuk mencerna makanan dan juga menyerap nutrisi penting bagi tubuh. Karena fungsi dari Lactobacillus casei adalah untuk melakukan itu semua, bisa kita bayangkan betapa pentingnya bakteri lactobacillus casei untuk tubuh manusia.

3. Lactobacillus Rhamnosus

Jenis bakteri lactobacillus yang terakhir adalah Lactobacillus rhamnosus. Dimana bakteri Lactobacillus rhamnosus ini memiliki banyak sekali manfaat untuk sistem pencernaan tubuh dan juga memiliki banyak sekali manfaat untuk kesehatan kita. Berikut adalah beberapa manfaat dari Lactobacillus rhamnosus untuk tubuh kita.

a. 3 Manfaat dari Bakteri Lactobacillus Rhamnosus

1. Mengobati dan juga Mampu Mencegah Diare.

Terutama yang terkait dengan antibiotik dimana antibiotik bisa saja mengganggu mikrobiota yang ada pada usus sehingga bisa menyebabkan sakit diare.

2. Mampu Menjaga Kesehatan Usus.

Bakteri Lactobacillus Rhamnosus bekerja dengan cara menghasilkan asam laktat yang bisa membantu dan juga mencegah adanya bakteri berbahaya lainnya yang ada pada saluran pencernaan.

3. Membantu dalam Menurunkan Resiko Penyakit.

Melalui penelitian, Lactobacillus rhamnosus bisa membantu dalam menurunkan resiko penyakit yang terjadi pada pencernaan dan juga saluran pernapasan pada anak.

Sebagai orang tua kita tentu harus sadar jika anak-anak sangat rentan mengalami infeksi saluran pernapasan akut atau ISPA dan juga rentan mengalami diare. Oleh sebab itu sebaiknya anda selalu memberikan makanan dan juga minuman yang memiliki kandungan probiotik agar bisa membantu menjaga daya tahan tubuh dan melindungi anak-anak dari berbagai penyakit pencernaan.

Nah itulah beberapa jenis bakteri lactobacillus yang sudah saya tuliskan diatas. Tidak disangka ternyata ada juga bakteri yang memiliki manfaat dan juga fungsi penting untuk tubuh dan kesehatan kita ya. Selesai sudah artikel kali ini, semoga bisa bermanfaat dan menambah wawasan anda.

Sumber Gambar : https://cdn.popmama.com/content-images/post/20191118/miniatura-2992017214-29acc6e01c7cf6220df5e4f3e1729415_800x420.jpg

Yuk di Share Jika Suka dengan Artikel Diatas

https://mediaxplore.com/wp-content/uploads/2020/08/Jenis-Bakteri-Lactobacillus-300x178.jpg https://mediaxplore.com/wp-content/uploads/2020/08/Jenis-Bakteri-Lactobacillus-90x90.jpg Lief AzafaKesehatanUmumVira IDInformasi,Kesehatan,Pengetahuan,Vira IDWajib Tau Inilah 3 Jenis Bakteri Lactobacillus Beserta Manfaatnya - Tentu saja anda sudah sering mendengar tentang bakteri baik yang terkandung dalam yoghurt kan? nah salah satu bakteri baik yang sering dimasukan dalam produk makanan atau minuman fermentasi tersebut biasanya adalah bakteri Lactobacillus Casei atau biasanya juga disingkat dengan...Portal Media Informasi