Tips Otomotif Menghadapi Banjir Saat Naik Motor – Indonesia yang berada di lintas khatulistiwa memiliki 2 jenis musim yaitu musim panas atau musim kemarau dan musim dingin atau musim penghujan. Saat ini, Indonesia tengah memasuki musim penghujan dan kondisi cuaca yang tidak menentu misalnya, disaat hari terang tiba-tiba hujan turun dengan deras sehingga mengakibatkan banjir. Namun, karena suatu hal, tidak sedikit pemotor yang memilih untuk menerobos banjir dan berakibat motor mati karena banjir lebih tinggi dari knalpot motor. Terdapat beberapa tips otomotif yang dapat membantu Anda ketika memilih untuk menerobos banjir dan cara merawatnya.

Beda jenis motor beda pula penanganan untuk menerobos banjir. Caranya yaitu:

  • Jika motor Anda merupakan motor yang memiliki kopling seperti motor Yamaha Vixion ataupun CBR, sebaiknya saat Anda menerobos genangan air ataupun banjir, mainkan setengah kopling pada motor Anda dan kemudian tahan gas hingga Anda telah melewati genangan air tersebut.
  • Jika motor Anda merupakan motor bebek ataupun motor matic, sebaiknya gunakan gas secara konstan dan hindari penggunaan gas yang naik turun.

Jika Anda menaikturunkan gas ketika Anda sedang menggunakan motor matic ataupun motor bebek, maka genangan air yang tingginya sudah sejajar dengan lutut knalpot dapat membuat air masuk ke knalpot. Akibatnya, jika air tersebut masuk, akan membuat mesin motor Anda mati. Jika hal tersebut terjadi, maka Anda langsung membongkar mesin sebelum semua bagian mesin kena. Cara pertama yang dapat Anda lakukan langsung jika air masuk ke knalpot adalah dengan menghilangkan air dari knalpot terlebih dahulu sebelum menyalakan mesin, dengan cara menaikkan bagian depan motor sehingga air dapat keluar dan tidak merusak mesin lebih jauh atau mengakibatkan kerusakan yang lebih fatal walaupun Anda harus menunggu lebih lama agar air keluar.

Terutama untuk jenis motor matic, komponen utama dari sepeda motor jenis ini dalah Continuous Variable Transmission atau CVT. Tips otomotif untuk Anda adalah jika Anda melintas jalanan yang banjir atau terdapat genangan air dengan ketinggian yang dapat mencapai 20-70 cm dan menyebabkan CVT kemasukan air, jangan langsung menyalakan air dan membuang air yang masuk ke bak CVT. Nyalakan mesin jika sudah berada di tempat yang dirasa cukup aman.

Ketika Anda mendapati di filter motor matic Anda terdapat air, maka Anda cukup mencabut selang buntu di filter sehingga air dapat keluar. Jika air tersebut telah masuk ke dalam karter maka solusinya Anda harus segera mengganti oli. Oli yang sudah tercampur air akan berwarna seperti susu sehingga performa motor akan menurun dan bahkan tidak dapat digunakan. Jika CVT kemasukan air, maka Anda harus membuang air yang ada di dalam CVT dengan cara mencabut salah satu sumbatan karet yang ada di saluran pembuangan. Jika air tidak segera dikeluarkan maka akan memperberat perputaran driven pulley dan drive pulley. Motor akan tetap dapat menyala namun tidak memiliki tenaga untuk menggerakkan roda karena pulley tidak dapat bergerak untuk mentransmisikan tenaga mesin motor matic.

Ketika Anda membongkar mesin motor jenis motor bebek, tips otomotif yang dapat diberikan adalah Anda harus membersihkan dan mengeringkan radiator tersebut dari air. Anda dapat membersihkan mesin dengan menggunakan bensin kemudian dikeringkan kembali. Jika telah kering semuanya, pasang kembali mesin serta karburatornya dan hidupkan. Sebaiknya gunakan kick starter daripada starter tangan.

Yuk di Share Jika Suka dengan Artikel Diatas

https://mediaxplore.com/wp-content/uploads/2017/02/download-tukang.id-bottom-1.pnghttps://mediaxplore.com/wp-content/uploads/2017/02/download-tukang.id-bottom-1-150x150.pngLief AzafaContent PlacementInformasi,TipsTips Otomotif Menghadapi Banjir Saat Naik Motor - Indonesia yang berada di lintas khatulistiwa memiliki 2 jenis musim yaitu musim panas atau musim kemarau dan musim dingin atau musim penghujan. Saat ini, Indonesia tengah memasuki musim penghujan dan kondisi cuaca yang tidak menentu misalnya, disaat hari terang tiba-tiba hujan...Portal Media Informasi