Tips Mengatur KeuanganTips Mengatur Keuangan yang Tidak Membuat Pusing – Mediaxplore.com Kesulitan terbesar yang seringkali dihadapi oleh hampir setiap individu adalah mengatur keuangan. Gaji sudah di atas UMR, tetapi setiap melihat ke saldo rekening saat akhir bulan, mungkin akan berpikir, “hilang ke mana uangnya?” Yang cukup memprihatinkan adalah ketika memiliki gaji yang kurang lebih standar, namun gencar mencari barang model terbaru sampai melakukan cicilan yang kadang membuat kebutuhan sehari-hari menjadi peringkat terakhir yang harus diselesaikan. Memang tidak ada salahnya mengikuti sebuah trend, tetapi jika kebutuhan utama jadi terbengkalai, tentu akan sulit menikmati barang-barang terbaru itu. Belum lagi untuk Anda yang ingin berkeluarga atau malah sudah berkeluarga. Tanpa adanya pengaturan keuangan yang tepat, mungkin akan sedikit sulit untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari keluarga tercinta atau bahkan menikmati hari tua nantinya.

8 Tips Mengatur Keuangan Secara Efektif

Memegang uang memang suatu hal yang menyenangkan, tapi menggunakannya merupakan hal yang jauh lebih memuaskan. Namun, seberapa banyakpun uang yang Anda hasilkan, akan sangat buruk dampaknya jika tidak dapat mengatur arus keuangan dengan baik. Apalagi bila Anda termasuk orang yang mudah membeli sesuatu hanya berdasarkan dorongan sesaat untuk memuaskan nafsu belanja saja. Anda akan merasakan keadaan yang mencekik begitu uang penghasilan mulai menipis padahal belum sampai akhir bulan. Berikut ini telah dirangkum tips-tips bagaimana mengatur keuangan secara efektif.

1. Melacak Pendapatan dan Pengeluaran

Tidak ada yang tahu pasti mengapa uang sulit didapat tapi mudah sekali untuk dilepas. Apalagi jika Anda termasuk orang-orang yang baru terima gaji, biasanya akan mudah sekali tergoda dengan barang baru, ditambah dengan penawaran promo yang terlihat menggiurkan. Membeli barang-barang tersebut bukanlah suatu kesalahan, tetapi sangat disarankan agar Anda juga mencatat setiap pemasukkan dan pengeluaran, diharapkan dengan begitu Anda tidak akan kaget setiap melihat saldo rekening yang tiba-tiba “menyusut”. Kalau Anda bukan seorang tipe yang suka menulis, Anda dapat mengunduh aplikasi khusus untuk mencatat pengeluaran dan pemasukkan di telepon pintar Anda..

2. Manfaatkan Jasa Internet

Zaman sekarang, memiliki telepon pintar, laptop, dan koneksi internet sudah seperti sebuah kewajiban. Entah untuk kelancaran kehidupan pribadi ataupun kehidupan profesional Anda. Rasanya hampir tidak mungkin bisa lepas dari ketiga hal tersebut. Dengan memanfaatkan kesempatan inilah banyak perusahaan jasa keuangan yang memakai fasilitas internet pada produk mereka, seperti internet banking. Selain itu, jika Anda ingin mencari pinjaman, Anda juga dapat mencari situs yang menyediakan pinjaman online. Sekarang dengan hadirnya jasa peminjaman uang secara online, Anda lebih mudah menemukan tempat yang tepat untuk mendapatkan uang dengan cepat.

3. Mulailah Menabung

Jika Anda ingat saat masih belajar di SD dahulu, pastinya Anda pernah mempelajari, atau setidaknya pernah mendengar kata-kata “rajinlah menabung”. Dan tahukah Anda, ungkapan tersebut bukan hanya sekedar nasihat polos dari seorang guru kepada muridnya. Karena memang pada kenyataannya, uang hasil tabungan bisa menjadi satu-satunya penyelamat Anda ketika sedang mengalami kesulitan keuangan yang tak terhindarkan. Seandainya Anda belum terbiasa dari kecil untuk menabung, tidak ada salahnya untuk mencoba terbiasa di masa sekarang. Kunci dari menabung itu sendiri adalah Anda dapat mengalokasikan penghasilan setiap bulannya untuk membeli investasi baru di masa depan, dana pendidikan anak-anak atau sebagai dana darurat yang situasinya tidak akan terduga sama sekali.

4. Memanfaatkan Fasilitas Keuangan Secara Bijak

Banyak produk keuangan yang ditawarkan oleh bank yang bertujuan untuk memudahkan kehidupan masyarakat. Namun, jika tidak bijak layanan perbankan bisa menjadi bencana. Salah satunya adalah kartu kredit. Menurut pendapat sebagian orang, kartu kredit itu bukan sekadar bencana lagi, melainkan perwujudan setan karena dengan mudahnya dapat menarik siapa saja ke lingkaran utang yang terlihat tak ada habisnya. Jika Anda terlilit hutang kartu kredit, mendapatkan pinjaman dana dari pinjam uang online langsung cair tanpa jaminan bisa menjadi jalan keluar yang sangat membantu. Tentu saja pinjam uang dalam jumlah sesuai kepeluan agar Anda tidak semakin terjerat dalam lilitan hutang.

5. Menghindari Biaya Tambahan

Arti dari biaya tambahan ini bukan seperti tip atau sumbangan, melainkan denda. Denda karena telat membayar cicilan ataupun denda karena membayar tilang. Sering juga seseorang membeli suatu barang tanpa membandingkannya dengan tempat lain, padahal bisa saja Anda mendapatkan harga yang lebih murah. Biaya-biaya tambahan ini seringkali terlihat hal yang remeh karena merasa gaji yang diperoleh cukup untuk menutupinya. Namun, jika Anda menghitungnya, sebenarnya biaya tambahan ini merupakan salah satu “batu sandungan” terbesar yang menyebabkan tabungan tiba-tiba menipis dengan cepat. Inilah pentingnya menerapkan sikap disiplin dan perhitungan dalam mengatur keuangan. Tapi ada baiknya jangan sampai berlebihan sampai ke tahap kikir.

6. Memprioritaskan Kebutuhan Diri Sendiri.

Tidak sedikit orang yang mendahulukan pekerjaan dibanding dengan kesehatan diri sendiri. Bahkan di Jepang, meninggal karena terlalu keras bekerja bukan suatu hal yang mengherankan. Karena itu, Anda pun juga lebih baik merawat diri sendiri dengan sebaik mungkin, karena hanya Andalah yang paling mengerti kemampuan tubuh diri Anda sendiri. Ungkapan “mencegah lebih baik daripada mengobati” memang sangat benar adanya. Selain itu, Anda juga disarankan untuk memenuhi kebutuhan primer Anda terlebih dahulu daripada memenuhi “kebutuhan” ekstra yang mungkin sebenarnya Anda sama sekali tidak membutuhkannya, seperti menambah daftar cicilan.

7. Menahan Diri

Terlihat sangat sederhana, namun inilah faktor utama mengapa rencana keuangan seseorang yang tadinya berupa rencana sempurna menjadi sekadar rencana belaka. Diskon, promo, cashback, voucher, kupon, cicilan 0%, limited edition, dan berbagai embel-embel yang menyertakan potongan harga merupakan serangkaian kata yang mampu membuat Anda menghancurkan pertahanan diri sendiri dari nafsu berbelanja. Mungkin memang akan sedikit sulit bagi Andayang belum terlalu terbiasa, tapi anggap saja seperti Anda sedang menabung untuk sejahtera di kemudian hari.

8. Introspeksi Diri

Setelah mungkin Anda kurang berhasil dalam menjalankan semua tips-tips di atas dan saat melihat saldo rekening di akhir bulan kembali menyusut, inilah yang setidaknya dapat Anda lakukan. Ya, mengintrospeksi diri. Melakukan evaluasi terhadap diri sendiri atas “pelanggaran” apa saja yang telah Anda lakukan. Jika pada tahap ini anda terlilit utang dan jangka waktunya sudah masuk jatuh tempo, pelajarilah apa saja solusi dan pencegahan yang mungkin dapat Anda lakukan. Setelah itu, Anda dapat mencoba belajar lagi untuk mengatur keuangan secara lebih tepat dan sesuai dengan tujuan Anda nantinya.

Sekian ulassan seputar 8 tips untuk mengatur keuangan Anda. Semoga dengan adanya artikel ini dapat membantu Anda merencanakan dan mengatur keuangan sesuai dengan kebutuhan. Perlu dimaklumi bahwa mengatur keuangan itu memang bukan hal yang mudah dilakukan, walaupun itu adalah keuangan Anda pribadi. Yang terpenting adalah Anda tetap fokus pada tujuan Anda dan konsisten dalam melakukannya yaitu Mengatur Keuangan

Yuk di Share Jika Suka dengan Artikel Diatas

https://mediaxplore.com/wp-content/uploads/2017/09/Tips-Mengatur-Keuangan.jpghttps://mediaxplore.com/wp-content/uploads/2017/09/Tips-Mengatur-Keuangan-150x150.jpgLief AzafaContent PlacementUmumInformasi,Pengetahuan,TipsTips Mengatur Keuangan yang Tidak Membuat Pusing – Mediaxplore.com Kesulitan terbesar yang seringkali dihadapi oleh hampir setiap individu adalah mengatur keuangan. Gaji sudah di atas UMR, tetapi setiap melihat ke saldo rekening saat akhir bulan, mungkin akan berpikir, “hilang ke mana uangnya?” Yang cukup memprihatinkan adalah ketika memiliki gaji...Portal Media Informasi