Tips Memilih Obat Kumur GigiMediaxplore.com Menjaga kesehatan gigi dan mulut memang bisa dilakukan dengan menyikat gigi. Namun ternyata menjaga kesehatan gigi secara maksimal tidak cukup jika hanya dengan menyikat gigi saja. Apalagi gigi dan mulut ini merupakan organ yang penting karena digunakan untuk makan setiap harinya.

Dengan menjaga kesehatan gigi dan mulut tentunya akan menghindarkan kita dari berbagai macam penyakit. Salah satu pendukung untuk menjaga kesehatan dan kebersihan gigi serta mulut adalah dengan obat kumur gigi. Jika anda memiliki masalah seperti gigi berplak, radang, dan juga sariawan, anda bisa memakai obat kumur gigi sebagai solusi.

Biasanya obat kumur gigi ini digunakan untuk berkumur-kumur sesudah menyikat gigi. Beberapa manfaatnya ialah seperti untuk menghilangkan bau mulut, menyegarkan nafas, membersihkan sisa makanan dari sela-sela gigi, mencegah gigi yang berlubang, merontokan plak, dan karang gigi.
Setelah menggunakan obat kumur gigi ini tentunya mulut anda akan terasa lebih segar dan anda bisa terhindar dari bau mulut dan rasa yang tidak enak yang mana hal itu termasuk pertanda gigi anda memiliki masalah.

Dengan banyaknya obat kumur gigi yang bermunculan, mungkin akan membingungkan saat memilihnya. Sebaiknya anda tidak asal memilih produk obat kumur gigi. Anda harus meneliti terlebih dahulu apakah produk yang anda pilih memiliki kandungan yang baik untuk gigi dan mulut. Berikut beberapa kandungan yang harusnya dimiliki obat kumur gigi, anda bisa mengeceknya pada label obat kumur.

1. Kandungan Astringents

Pada obat kumur gigi tentunya terdapat bahan seperti citric acid dan zinc chloride. Ketika anda menggunakan obat kumur gigi, bahan-bahan tersebut bisa memberikan rasa yang nyaman, enak dan bisa mengerutkan jaringan pada rongga mulut.

2. Kandungan Fluoride

Kandungan ini bisa berfungsi untuk melawan kerusakan pada gigi. Fluoride dapat meningkatkan lapisan enamel atau mahkota gigi sehingga anda bisa menghindari pengikisan gigi.

3. Tanpa Alkohol

Pada beberapa obat kumur yang beredar di pasaran, ada yang mengandung bahan alkohol. Untuk anda yang tidak memiliki masalah tertentu pada rongga mulut, lebih baik memilih obat kumur yang tidak mengandung bahan alkohol. Hal ini untuk menghindari timbulnya sensasi seperti rasa panas terbakar dalam rongga mulut.

4. Kandungan Antiplague

Kandungan antiplague atau kata lainnya adalah anti-plak berfungsi untuk melepaskan plak dari gigi dan permukaan gigi atau yang ada di bagian sela-sela gigi.

Tips Menggunakan Obat Kumur Gigi

Setelah kita mengetahui kandungan apa saja yang lebih baik dimiliki oleh obat kumur gigi, berikut ada beberapa tips bagi anda yang ingin menggunakan obat kumur gigi.

  • Ketika anda selesai menggunakan obat kumur gigi jangan langsung berkumur dengan air. Karena khasiat dari obat kumur tersebut masih tersisa setelah dibuang, jika anda membilasnya dengan air maka akan mengurangi efek khasiat dari obat kumur gigi tersebut.
  • Pada beberapa produk obat kumur gigi terdapat kandungan mint yang cukup tinggi. Maka dari itu, lebih baik anda mengurangi dan juga membatasi penggunaannya.
  • Jangan sekali-kali menelan obat kumur karena mengandung berbagai macam bahan kimia.
  • Lebih baik jauhkan obat kumur gigi dari jangkauan anak-anak. Namun, saat ini juga sudah tersedia obat kumur gigi nonfluorida untuk anak-anak. Anda bisa mengonsultasikan dengan dokter gigi berapa jumlah dosis yang sebaiknya digunakan untuk anak anda.
  • Untuk anda yang tidak terbiasa dengan rasa mint, lebih baik mencari produk obat kumur gigi yang tidak mengandung rasa mint.
  • Sebelum memakai obat kumur gigi lebih baiknya untuk membaca panduan penggunaan. Jika tidak sengaja tertelan banyak dan terjadi keracunan, segera hubungi nomer telepon darurat.
  • Lebih baik anda mencoba untuk menghindari obat kumur yang memiliki kandungan alkohol karena bisa meningkatkan resiko kanker dan resiko kesehatan lainnya.

Demikian informasi mengenai bagaimana memilih obat kumur gigi yang baik dan beberapa tips tentang penggunaan obat kumur gigi. Semoga bisa membantu anda dalam menjaga kesehatan gigi dan mulut.

Yuk di Share Jika Suka dengan Artikel Diatas

https://mediaxplore.com/wp-content/uploads/2017/02/Tabungan-Online-4-1.pnghttps://mediaxplore.com/wp-content/uploads/2017/02/Tabungan-Online-4-1-150x150.pngLief AzafaAdvertorialKesehatanReviewInformasi,Kesehatan,TipsTips Memilih Obat Kumur Gigi - Mediaxplore.com Menjaga kesehatan gigi dan mulut memang bisa dilakukan dengan menyikat gigi. Namun ternyata menjaga kesehatan gigi secara maksimal tidak cukup jika hanya dengan menyikat gigi saja. Apalagi gigi dan mulut ini merupakan organ yang penting karena digunakan untuk makan setiap harinya. Dengan menjaga...Portal Media Informasi