Rukun Umroh yang Wajib Dipenuhi dan Sesuai SunnahSyarat dan Rukun Umroh yang Wajib Dipenuhi dan Sesuai Sunnah – Mediaxplore.com Umroh adalah salah satu ibadah yang bisa Anda kerjakan jika Anda masih harus menunggu dengan waktu yang panjang untuk mengerjakan ibadah Haji. Sebelum Anda pergi melaksanakan umroh ke tanah suci ada baiknya Anda mengetahui hal – hal seputar ibadah umroh tersebut, misalnya syarat dan rukun umroh yang wajib dipenuhi dan sesuai sunnah.

Perlu diketahui syarat umroh adalah sesuatu yang harus dipenuhi ketika sebelum mengerjakan ibadah umroh. Jika syarat – syarat tersebut masih belum dilakukan dengan sempurna maka ibadah umroh yang dikerjakan akan menjadi tidak sah. Sedangkan untuk rukun umroh adalah sesuatu yang wajib dikerjakan dalam mengerjakan suatu ibadah. Rukun disini berarti sesuatu yang menjadi bagian pokok.

Syarat dan Rukun Umroh yang Wajib Dipenuhi dan Sesuai Sunnah

Syarat Umroh

Muslim

Syarat ibadah umroh yang pertama yaitu beragama Islam atau muslim. Ibadah umroh ini hanya bisa dilakukan oleh umat yang menganut agama Islam saja, jika agama yang lain maka hukumnya haram baginya untuk mengerjakan ibadah umroh.

Berakal

Syarat yang kedua yaitu memiliki akal pikiran. Untuk melakukan ibadah ini maka orang tersebut haruslah memiliki akal pikiran. Jika tidak memiliki akal maka tidak ada kewajiban baginya untuk mengerjakan ibadah umroh.

Baligh

Syarat yang ketiga untuk mengerjakan ibadah umroh adalah baligh. Untuk laki – laki tanda bahwa ia sudah baligh adalah dengan mimpi basah, sedangkan untuk perempuan ditandai dengan adanya menstruasi.

Mampu

Syarat terakhir dalam mengerjakan ibadah umroh adalah mampu. Yang dimaksud adalah mampu dalam hal biaya dan juga dalam keadaan fisik atau kesehatannya. Adanya kendaraan yang siap mengantar umroh dan juga keamanan dalam keselamatan jiwa juga termasuk dalam hal mampu.

Rukun Umroh

Setelah membahas mengenai syarat umroh, hal selanjutnya yang dibahas yaitu mengenai rukun umroh yang wajib dipenuhi dan sesuai sunnah.

Niat

Rukun ibadah umroh yang pertama yaitu niat. Ini wajib dilakukan di miqat. Anda bisa berniat ibadah dengan tulus ikhlas hanya karena Allah SWT.

Ihram

Rukun umroh selanjutnya yaitu ihram. Disebut pula dengan pakaian suci yang harus dikenakan ketiak Anda melakukan ibadah haji maupun umroh. Pakaian ini memiliki wana putih, tidak ada jahitan, dan dapat dipakai dengan cara dililitkan pada tubuh. Nah saat Anda memakai pakaian ihram ada beberapa larangan yang harus diperhatikan.

Tawaf

Rukun umroh selanjutnya adalah tawaf. Tawaf yaitu berjalan mengelilingi ka’bah sebanyak tujuh kali putaran. Nabi Muhammad SAW dulu ketika melaksanakan ibadah umroh juga mengerjakan hal yang sama. Tawaf ini dilakukan mulai dari Hajar Aswad dan berakhir di Hajar Aswad pula.

Sa’i

Rukun umroh yang wajib dilakukan keempat adalah sa’i. Yang dimaksud dari sa’i adalah berjalan kaki dari bukit Shafa ke Marwah (pulang – pergi) dan ini dilakukan sebanyak tujuh kali. Jalan kaki dihitung satu kali dimulai dari bukit shafa ke bukit marwah dan dari bukit marwah ke bukit shafa juga dihitung satu kali. Sehingga pada hitungan yang ketujuh, jamaah akan berhenti di bukit marwah.

Tahallul

Rukun yang terakhir yaitu tahallul. Artinya yaitu mencukur atau memotong sebagian dari rambut yang ada di kepala. Rukun ini dikerjakan setelah Anda melakukan sa’i. Jika Anda sudah melakukan ibadah tahallul, maka rangkaian dari rukun umroh ini juga sudah selesai dikerjakan.

Nah jika Anda ingin menunaikan ibadah umroh tetapi masih bingung. Jangan khawatir karena Anda bisa mengunjungi Abutours. Disana tersaji informasi lengkap seputar umroh, misalnya pendaftaran haji, info manasik umroh, info manasik haji, umroh VIP, hji VIP, dan juga beragam paket umroh murah.  Tentunya akan membuat Anda semakin mudah mendapatkan informasi seputar ibadah umroh.

Yuk di Share Jika Suka dengan Artikel Diatas

https://mediaxplore.com/wp-content/uploads/2017/02/Tabungan-Online-4-1.pnghttps://mediaxplore.com/wp-content/uploads/2017/02/Tabungan-Online-4-1-150x150.pngLief AzafaAdvertorialInboundidReviewUmumInboundid,Informasi,Islami,PengetahuanSyarat dan Rukun Umroh yang Wajib Dipenuhi dan Sesuai Sunnah - Mediaxplore.com Umroh adalah salah satu ibadah yang bisa Anda kerjakan jika Anda masih harus menunggu dengan waktu yang panjang untuk mengerjakan ibadah Haji. Sebelum Anda pergi melaksanakan umroh ke tanah suci ada baiknya Anda mengetahui hal – hal...Portal Media Informasi