Resep Donat LembutResep donat lembut menjadi salah satu kata kunci yang banyak dicari oleh para ibu. Kue yang khas dengan lubang pada bagian tengahnya ini memang memiliki rasa yang lezat. Apalagi kini donat hadir dengan varian topping yang banyak, dan tentu saja topping ini menambah kelezatan dari donat itu sendiri.

Kue ini menjadi favorit banyak orang karena memang rasanya lezat dan tidak membuat kita merasa eneg atau bosan saat memakannya. Menjadi kue favorit, akan cukup memboroskan jika terlalu sering membelinya. Alternatif terbaiknya adalah Anda harus mulai belajar membuatnya sendiri.

Resep Donat Lembut Empuk Enak Beserta Cara Mudah Membuatnya

Bagi yang belum terbiasa tentu akan sedikit kesulitan membuatnya. Namun banyaknya resep donat lembut yang ada dapat Anda jadikan panduan membuat kue ini. Nah jika belum tahu apa saja resep kue donat beserta cara membuatnya, berikut akan kami berikan ulasannya untuk Anda.

  1. Resep Donat Ragi

Bahan-bahan yang perlu disiapkan untuk membuat donat ragi adalah; tepung terigu sebanyak 500 gram, gula pasir 5 sdm, air hangat 250 ml, margarin 100 gr (cairkan dan dinginkan), 2 butir kuning telur, ragi instant 6 gr, minyak untuk menggoren, susu bubuk 2 sdm dan gula halus sebagai taburan.

Cara membuat donat ragi adalah;

  • Masukkan 250 ml air hangat pada sebuah wadah, tambahkan 5 sdm terigu dan 5 sdm gula pasir. Aduk campuran bahan menggunakan sendok hingga adonan tercampur rata.
  • Kemudian tambahkan tepung sedikit demi sedikit sembari tetap diaduk. Selanjutnya tambahkan kuning telur, margarin dan susu bubuk, lalu aduk lagi sampai merata. Setelah itu masukkan tepung sedikit demi sedikit untuk menghindari adonan menjadi lengket.
  • Berikutnya, uleni adonan donat tadi sampai kalis. Kemudian tutup adonan menggunakan plastik wrap. Selanjutnya biarkan adonan mengembang, diamkan setidaknya 45 menit.
  • Setelah adonan mengembang, kempeskan adonan tersebut dan uleni lagi. Kemudian diamkan adonan untuk kedua kalinya hingga mengembang.
  • Selanjutnya Anda sudah bisa mencetak atau membentuk donat sesuai keinginan. Manfaatkan cetakan atau bisa juga membentuknya secara manual.
  • Apabila sudah dibentuk atau dicetak, panaskan minyak dalam penggorengan. Setelah itu goreng donat sampai keemasan.
  • Setelah itu angkat donat yang sudah matang, tiriskan lalu taruh di atas piring saji. Langkah terakhir adalah menambahkan topping di atas donat. Topping ini bisa disesuaikan dengan selera, bisa meises, parutan keju atau gula halus.
  1. Resep Donat Kentang Sate

Bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat donat sate adalah; 500 gr tepung terigu, 11 gr ragi instant, 50 gr susu bubuk, 200 gr kentang (dikukus dan dihaluskan), 75 gr mentega, 100 gr gula pasir, 4 kuning telur, ½ sdt garam.

Selain itu juga perlu disiapkan; dark cooking chocolate yang sudah dilelehkan, meises, tusuk sate dan minyak sayur.

Cara membuat donat kentang sate ialah;

  • Anda bisa membuat donat kentang seperti pada umumnya.
  • Kempiskan adonan donat, lalu potong dan timbang adonan dengan berat 30 gr.
  • Selanjutnya bentuk atau cetak adonan, sebaiknya berbentuk bulat. Selanjutnya diamkan selama 15 menit.
  • Langkah berikutnya adalah tusuk adonan yang sudah dibulatkan tadi. Susunlah masing-masing tusuk sate dengan 4-5 buah donat.
  • Panaskan minyak, lalu goreng donat hingga berwarna kuning keemasan.
  • Angkat donat yang sudah matang, dan tiriskan.
  • Untuk mempercantik tampilan donat, olesi permukaan donat menggunakan cokelat lelah dan taburi meises di bagian atasnya.
  • Donat kentang sate sudah siap untuk disajikan.

Demikianlah 2 resep donat lembut yang empuk dan dapat Anda eksekusi dengan mudah. Bagaimana, apakah Anda tertarik untuk membuat donat sendiri? Yuk praktikkan di atas 2 resep donat lembut

Yuk di Share Jika Suka dengan Artikel Diatas

https://mediaxplore.com/wp-content/uploads/2019/03/Resep-Donat-Lembut.jpghttps://mediaxplore.com/wp-content/uploads/2019/03/Resep-Donat-Lembut-150x150.jpgLief AzafaAdvertorialUmumVira IDInformasi,Pengetahuan,Resep Makanan,Vira IDResep donat lembut menjadi salah satu kata kunci yang banyak dicari oleh para ibu. Kue yang khas dengan lubang pada bagian tengahnya ini memang memiliki rasa yang lezat. Apalagi kini donat hadir dengan varian topping yang banyak, dan tentu saja topping ini menambah kelezatan dari donat itu sendiri. Kue ini...Portal Media Informasi