Perkembangan BayiPerkembangan Bayi Usia 0-6 Bulan, Awasi Perkembangannya Secara Seksama – Anak merupakan karunia yang terindah bagi pasangan orang tua, karena itu Perkembangan Bayi mulai dari awal lahir sampai dewasa harus diperhatikan oleh orang tua. Terlebih lagi perkembangan bayi usia 0 sampai 6 bulan, hal tersebut karena pada usia tersebut adalah Milestone dari sang bayi yang akan bertumbuh kembang sangat cepat.

Seperti yang diketahui meskipun pertumbuhan dari bayi akan lumayan cepat dari segi motorik maupun dari segi kemampuannya, namun para orangtua harus tetap selalu mengajarkan melatih dan mewaspadai setiap gerak-gerik yang dilakukan oleh bayi yang sedang mengalami perkembangan.

Perkembangan Bayi Usia 0-6 Bulan, Awasi Perkembangannya Secara Seksama

Jika dirunut, bayi usia 0 sampai 1 bulan biasanya perkembangan bayi akan ditandai dengan bayi yang mampu mengangkat kepalanya. Selain itu pada perkembangan bayi usia 0 sampai 1 bulan akan merespon suara yang dihasilkan oleh sekitarnya, usaha tersebut baik juga bisa memandang wajah dari seseorang yang di dekatnya.

Sementara itu perkembangan bayi pada usia 1 sampai 2 bulan, mampu mengoceh pada mode dengkuran, hal itu bisa merangsang bayi agar cepat mengeluarkan suara ocehan atau cepat bicara. Bayi pada usia tersebut juga mulai bisa memandang objek bergerak, namun masih secara perlahan. Selain itu bayi usia 2 bulan biasanya mulai bisa mengangkat kepalanya meskipun dalam keadaan waktu yang sangat singkat, bahkan jika perkembangan sang bayi lumayan cepat maka ia akan bisa menahan beban badannya di kakinya.

Untuk bayi usia 3 bulan perkembangan bayi biasanya ditandai dengan tertawa dan tersenyum, karena sang bayi sudah mulai bisa respon gerakan yang ada di sekitarnya. Perkembangan bayi lainnya pada usia tersebut biasanya ia akan menegakkan kepalanya dengan stabil, namun para orangtua juga harus berhati-hati agar bayi tidak terantuk. Bahkan pada perkembangan bayi usia 3 bulan juga dapat mengenali wajah serta aroma dari orang-orang yang ada disekitarnya, hal tersebut bisa kita ketahui ketika sang bayi rewel saat dijauhkan dari orang tua atau kerabat terdekatnya.

Untuk perkembangan bayi usia 4 bulan ia akan mulai bisa menahan beban badannya dengan kakinya sendiri, ia akan belajar untuk merangkak ataupun bahkan berjalan. Pada usia ini bayi biasanya juga ditandai dengan tumbuhnya gigi pertamanya, namun kondisi bayi berbeda-beda jadi tidak bisa disamakan. Bayi pada usia ini juga mulai mengoceh ketika diajak bicara, karena bayi usia 4 bulan sudah mulai bisa merespon suara yang ada di dekatnya.

Jika perkembangan bayi sedang menginjak 5 bulan, bayi sudah bisa mulai membedakan warna, namun bukan warna yang pudar tapi warna yang pekat. Selain itu mereka juga bisa menghibur dirinya sendiri dengan memainkan benda disekitarnya maupun menggunakan tangan atau kaki. Patut diwaspadai juga bagi orang tua karena pada usia ini bayi suka untuk berguling karena Pada tahapan ini bayi sudah bisa mulai berguling dan sedikit merambat. Pada bayi usia 5 bulan mereka juga mulai memasukkan benda-benda ke mulutnya, jadi bagi para orangtua harus menghindarkan objek-objek yang mudah tertelan oleh bayi. Jika perkembangan bayi lumayan pesat bayi akan mulai bisa duduk sebentar tanpa bantuan orang lain.

Puncaknya pada usia 6 bulan perkembangan bayi akan mulai bisa merespon suara di sekitarnya dengan cara menoleh, pakan pada tahapan ini ocehan dari sang bayi bisa juga menirukan suara-suara yang ia dengar. Selain itu bayi juga bisa berguling ke dua arah. Jika Pada tahapan ini bayi mengalami perkembangan yang cukup pesat, maka sang bayi akan bisa mulai belajar merangkak orang tua juga harus mendukung perkembangan bayi agar cepat berkembang.

Semoga bermanfaat artikel mengenai Perkembangan Bayi

Yuk di Share Jika Suka dengan Artikel Diatas

https://mediaxplore.com/wp-content/uploads/2019/03/Perkembangan-Bayi.jpghttps://mediaxplore.com/wp-content/uploads/2019/03/Perkembangan-Bayi-150x150.jpgLief AzafaAdvertorialParentingVira IDAnak,Bayi,Informasi,Parenting,Pengetahuan,Vira IDPerkembangan Bayi Usia 0-6 Bulan, Awasi Perkembangannya Secara Seksama - Anak merupakan karunia yang terindah bagi pasangan orang tua, karena itu Perkembangan Bayi mulai dari awal lahir sampai dewasa harus diperhatikan oleh orang tua. Terlebih lagi perkembangan bayi usia 0 sampai 6 bulan, hal tersebut karena pada usia tersebut...Portal Media Informasi