Gejala DifteriPerbedaan Gejala Difteri dan Radang Tenggorokan – Mediaxplore.com Penyakit difteri dapat terjadi kepada siapa saja dan kapan saja. Penyakit ini merupakan infeksi yang terjadi pada bagian hidung dan tenggorokan. Penyakit ini merupakan jenis penyakit menular yang bisa menyebar dengan cepat. Untuk itu penting untuk mengetahui gejala difteri gara bisa dilakukan pengobatan secara dini.

Perbedaan Gejala Difteri dan Radang Tenggorokan

Penyakit ini dapat dicegah terjadinya dengan menggunakan vaksin yang hanya diberikan oleh tenaga medis yang ahli di bidangnya. Gejala difteri dan radang tenggorokan seringnya dianggap sama karena hampir mirip. Supaya Anda tidak salah inilah perbedaan gejala dari difteri dan radang tenggorokan.

  1. Warna Bercak

Perbedaan gejalanya terlihat dari warna bercak yang timbul. Jika Anda mengalami difteri akan mendapati bercak berwarna abu-abu yang disebut dengan pseudomembran. Terjadinya pada bagian tenggorokan atau rongga hidung. Berbeda pada tenggorokan bercak ini tidak berwarna abu-abu, tetapi akan berwarna kemerahan.

Warna kemerahan yang dialami di bagian langit-langit mulut yang terlihat seperti luka. Perbedaan ini dapat dilihat dengan mudah tanpa perlu diperiksakan ke rumah sakit. Saat melihatnya gunakan masker agar tidak terkena infeksinya

  1. Bentuk Selaput

Pada gejala difteri bentuk selaput akan tampak tebal menutupi bagian pangkal tenggorokan, sehingga Anda akan mengalami sesak napas. Ini akan sangat berbahaya lagi jika Anda juga memiliki riwayat amandel. Pada gejala radang tenggorokan selaput tidak sampai menutupi bagian pangkal tenggorokan, kecuali jika kondisinya sudah akut. Selain itu selaput ini pada penyakit difteri saat diangkat akan berdarah berbeda dengan radang tenggorokan.

  1. Posisi Radangnya

Radang yang disebabkan oleh penyakit difteri terjadi pada kedua bagian  organ yaitu menyerang amandel dan juga tenggorokan. Posisi radang pada penyakit radang tenggorokan hanya terjadi pada sebelah kiri dan kanan rongga mulut. Anda bisa merasakan sendiri perbedaan dari posisi radang difteri dengan radang tenggorokan dari dalam mulut tanpa perlu diperiksakan.

  1. Rasa Nyeri dan Pembengkakan

Penyakit difteri gejala yang dialami adalah terasa sakit di bagian tenggorokan dan kesulitan untuk menelan makanan, minuman, bahkan air liur. Ditambah lagi dengan adanya pembengkakan pada bagian leher yang terjadi selama menderita penyakit difteri. Pada penyakit radang tenggorokan, Anda merasakan sakit tetapi masih mampu untuk menelan dan tidak disertai dengan kondisi bengkak pada leher.

  1. Keluar Lendir

Rasa sakit dan kesulitan yang dialami oleh penderita difteri juga akan menimbulkan gejala lanjutan yaitu keluarnya lendir. Warna lendir yang keluar adalah kuning kehijauan dan terkadang disertai dengan darah. Proses keluarnya lendir ini tidak hanya terjadi sekali, tetapi berkali-kali. Hal ini tentunya akan membuat Anda mengetahui bahwa penyakit difteri yang diderita telah semakin parah. Pada gejala radang tenggorokan hal ini sama sekali tidak terjadi.

  1. Mendengkur

Bagi sebagian orang mendengkur saat tidur sudah menjadi kebiasaan. Namun untuk penderita difteri ini merupakan salah satu gejala yang membedakannya dengan penderita radang tenggorokan. Dengkuran yang terjadi pada penyakit difteri disebabkan karena mengalami sesak napas dengan keberadaan bakteri Corynebacterium diptheriae. Kondisi ini membuat penderita difteri mengalami gejala susah tidur dalam jangka waktu yang lama.

Ketika Anda telah mengalami gejala difteri sebaiknya segera untuk melakukan pemeriksaan sebelum kondisi semakin parah. Sekalipun Anda merasa ragu-ragu tetap lakukan pemeriksaan sebagai bentuk antisipasi. Jaga kebersihan dan pola makan sebagai upaya untuk menjaga kestabilan imun agar tidak mudah terserang virus jika Anda yang menderita difteri.

Semoga bermanfaat artikel mengenai Perbedaan Radang Tenggorokan dan Gejala Difteri

Yuk di Share Jika Suka dengan Artikel Diatas

https://mediaxplore.com/wp-content/uploads/2019/01/Gejala-Difteri.jpghttps://mediaxplore.com/wp-content/uploads/2019/01/Gejala-Difteri-150x150.jpgLief AzafaAdvertorialKesehatanParentingVira IDInformasi,Kesehatan,Parenting,Pengetahuan,Vira IDPerbedaan Gejala Difteri dan Radang Tenggorokan – Mediaxplore.com Penyakit difteri dapat terjadi kepada siapa saja dan kapan saja. Penyakit ini merupakan infeksi yang terjadi pada bagian hidung dan tenggorokan. Penyakit ini merupakan jenis penyakit menular yang bisa menyebar dengan cepat. Untuk itu penting untuk mengetahui gejala difteri gara bisa...Portal Media Informasi