Penyakit Liver, Efek Serta PenyebabnyaPenyakit Liver juga di kenal dengan penyakit hati. Liver ialah istilah untuk sekumpulan kondisi, penyakit, dan infeksi yang mempengaruhi sel, jaringan, struktur, dan fungsi hati. Dengan kata lain, Penyakit Liver merupakan penyakit yang terjadi pada organ dalam, yakni hati.

Penyakit Liver adalah penyakit hati menahun atau kronis yang ditandai dengan proses peradangan (hepatitis), nekrosis (kematian jaringan), serta penambahan jaringan ikat (yang batasnya tidak jelas) dengan terbentuknya gumpalan-gumpalan atau pembengkakan jaringan (nodus) yang menganggu sususanan dan fungsi hati. Penyakit ini disebabkan oleh infeksi virus atau bahan-bahan beracun.

Penyakit Liver atau yang lebih dikenal di kalangan awam sebagai sakit kuning adalah jenis penyakit yang amat lazim di jumpai negeri kita. Hal ini disebabkan angka kejadian penyebab dari penyakit ini memang banyak ditemukan di kawasan Asia Tenggara.

Liver atau hati adalah organ dalam yang terletak di perut kanan atas, tepat di dalam rusuk kanan bagian bawah. Organ tersebut merupakan organ yang paling berat di antara semua organ di bagian dalam tubuh lainnya (ginjal, otak, dan jantung). Liver memainkan fungsi vital bagi mekanisme tubuh, terutama dalam hal produksi (enzim pencernaan, komponen darah, terutama faktor pembekuan darah, serta kolesterol) dan regulasi (terutama menyaring dan menetralkan berbagai senyawa kimia yang masuk ke tubuh lewat jalur pencernaan atau yang berupa makanan). Jika Liver atau hati ini terserang penyakit, maka fungsinya tidak bisa maksimal dan menyebabkan metabolisme tubuh tidak terkendali.

Kerusakan pada Liver dapat bervariasi dari peradangan akut sampai menahun, infeksi pernanahan (abses), kanker hingga berujung pada sirosis (kematian jaringan aktif dari liver) yang berakhir dengan gagal hati. Karena Liver merupakan salah satu organ vital tubuh, maka kerusakannya pasti berdampak bagi sistem tubuh secara keseluruhan dan bisa berakhir fatal, terutama jika sirosis sudah terjadi tanpa transplantasi hati dilakukan.

Penyebab Penyakit Liver ini biasanya karena terjadinya kerusakan-kerusakan bawaan sejak lahir atau kelainan-kelainan hati yang hadir pada kelahiran. Selain itu, penyakit ini juga terjadi akibat adanya kelainan-kelainan metabolisme atau kerusakan dalam proses dasar tubuh, infeksi-infeksi virus atau bakteri, alkohol atau keracunan oleh racun, obat-obat tertentu yang  menjadi racun bagi hati, kekurangan gizi (nutrisi), dan trauma atau luka.

Yuk di Share Jika Suka dengan Artikel Diatas

https://mediaxplore.com/wp-content/uploads/2017/02/download-tukang.id-bottom-1.pnghttps://mediaxplore.com/wp-content/uploads/2017/02/download-tukang.id-bottom-1-150x150.pngLief AzafaKesehatanKesehatan,PengetahuanPenyakit Liver, Efek Serta Penyebabnya - Penyakit Liver juga di kenal dengan penyakit hati. Liver ialah istilah untuk sekumpulan kondisi, penyakit, dan infeksi yang mempengaruhi sel, jaringan, struktur, dan fungsi hati. Dengan kata lain, Penyakit Liver merupakan penyakit yang terjadi pada organ dalam, yakni hati. Penyakit Liver adalah penyakit hati...Portal Media Informasi