Pentingnya Pendidikan Karakter Ditumbuhkan Mulai Usia DiniPentingnya Pendidikan Karakter Ditumbuhkan Mulai Usia Dini – Karakter seseorang anak dibangun pada usia 0-6 tahun banyak sekali hasil penelitian yang menyatakan bahwa diusia ini seorang anak memiliki tingkat kecerdasan optimal, seorang anak akan cepat menyerap segala informasi apa yang ia lihat apa yang ia dengar dari sekelilingnya, mereka akan menerima segala informasi yang ia dapatkan yang baik maupun yang buruk, maka dari itu andil dari orang tua sangatlah sangat berpengaruh disini, disini orang tua berperan aktif dalam klasifikasi informasi yang diterima oleh sang anak. Dimana orang tua akan memberikan arahan mana yang baik dan mana yang buruk, mana yang harus di terima dan mana yang harus ditolak, maka dari itu pada masa ini biasa disebut golden age atau masa keemasan.

Maka dari itu pendidikan karakter di usia dini sangatlah penting, karakter positif seorang anak dapat dibangun dengan hubungan di 3 aspek yang harus biasa disebut triangle relationship yakni dengan diri sendiri (intrapersonal), dengan lingkungannya terutama terhadap keluarga teman dan lingkungan sosialnya dan yang terakhir adalah hubungan secara spiritualnya yakni Tuhan Yang Maha Esa. Ketiga hubungan inilah yang yang akan menjadi nilai kesempurnan pemahaman karakter yang sebenarnya.

Baca Juga >> 10 November Bukan Hanya Memperingati Hari Pahlawan Tapi Sebagai Pemulihan Pendidikan Karakter

Banyak hal yang dapat digunakan dalam pendidikan karakter usia dini, yakni tumbuhkan pemahaman yang positif,latihlah seorang anak untuk menganalisa sendiri permasalahannya dan orang tua adalah sebagai fasilitator dimana orang tua hanya mengarahkan. Biarkan seorang anak berbaur dengan lingkungannya, bersosialisasi dengan orang lain akan memberikan sikap solidaritas dan kepedulian yang tinggi terhadap sesame. Tumbuhkan sikap spiritual dengan Tuhan YME, ajarkan tentang nilai-nilai agama sedini mungkin, berikan contoh implementasinya, seperti beribadah bersama, ketempat ibadah bersama dll.

Yuk di Share Jika Suka dengan Artikel Diatas

Pendidikan Karakter Usia DiniLief AzafaPendidikanInformasi,Pendidikan,PengetahuanPentingnya Pendidikan Karakter Ditumbuhkan Mulai Usia Dini - Karakter seseorang anak dibangun pada usia 0-6 tahun banyak sekali hasil penelitian yang menyatakan bahwa diusia ini seorang anak memiliki tingkat kecerdasan optimal, seorang anak akan cepat menyerap segala informasi apa yang ia lihat apa yang ia dengar dari sekelilingnya, mereka...Portal Media Informasi