Contoh User Journey MapPentingnya Memahami Contoh User Journey Map Sebelum Menerapkannya Sebuah produk yang Anda promosikan tentu akan terlihat jauh lebih bernilai setelah menyertakan contoh user journey map. Oleh sebab itu, pastikan mengetahui dahulu mengenai istilah tersebut dan cara membuatnya. Tentu akan lebih mudah untuk memperbaiki beberapa hal sesuai kebutuhan.

Pahami Dahulu Contoh User Journey Map

User journey sebenarnya merupakan kumpulan langkah-langkah tentang bagaimana user atau pengguna dalam berinteraksi dengan produk yang Anda kebangkan. Setidaknya, terdapat dua hal bisa digambarkan. Yaitu bagaimana pengguna saat berinteraksi dan bagaimana pengguna dapat berinteraksi.

Agar tidak bingung, maka sangat penting untuk memahaminya berdasarkan contoh. Contohnya saja produk yang Anda kembangkan merupakan aplikasi marketplace. Adapun urutannya adalah user membuka aplikasi marketplace, mencari produk, kemudian memesannya.

Setelah itu, user akan membayar tagihan barang yang mereka pesan. Mereka juga perlu membuka aplikasi kembali untuk menyelesaikan pemesanan. Tentu urutan tersebut hanya satu skenario saja sehingga masih ada skenario lainnya. Skenario inilah termasuk sebagai user journey.

Mengapa USER Journey itu Penting?

Tahukah Anda, bahwa keberadaan user journey dalam sebuah bisnis dapat menggambarkan interaksi yang terjadi antara pengguna dengan produk. Lewat hal tersebut, maka sebuah perusahaan tentu akan lebih mudah dalam mengetahui apakah produk mereka sudah cukup mudah dipakai pengguna.

Apabila memang terdapat kesulitan, maka tentu perusahaan dapat melakukan identifikasi dimanakah letak masalahnya secara efektif dan lebih cepat. Selain itu, keberadaan user journey juga dapat menggambarkan kelebihan sekaligus kekurangan produk Anda.

Terlebih, apabila terdapat fitur baru yang ditambahkan pada produk, maka tentu dapat mengecek sendiri seperti apa tingkat urgensinya dari perspektif pengguna. Dengan begitu, bisa memutuskan apakah fitur tersebut perlu ditambahkan secepatnya atau tidak.

Bagaimana Cara Membuat User Journey?

Pada dasarnya, tidak terlalu sulit apabila Anda ingin membuat user journey. Hanya saja, untuk satu produk memang skenarionya bisa sangat banyak. Oleh sebab itu, ada beberapa hal perlu dipertimbangkan saat membuatnya. Di bawah ini ulasan selengkapnya:

  1. Pahami Pengguna Lebih Jauh

Seperti Anda ketahui, orientasi user journey adalah pengguna. Oleh sebab itu, tentu mustahil untuk membuatnya secara akurat apabila belum mengenal lebih jauh tentang siapakah pengguna dari produknya. Itulah mengapa sangat penting memulainya dengan mengenali pengguna produk tersebut.

Jika sudah, maka Anda bisa mulai mencari tahu seperti apa latar belakang kehidupan mereka. Selain itu, pastikan juga untuk memahami lebih jauh mengenai kebiasaan sekaligus ekspektasi pengguna. Dengan begitu, tentu akan lebih akurat dalam membuat user journey.

  1. Buatlah yang Memudahkan Pengguna

Selanjutnya, usahakan untuk membuat user journey yang dapat memudahkan para penggunanya. Pasalnya, setiap pengguna tentu menginginkan kemudahan. Selain itu, mereka juga tentu tidak ingin direpotkan dengan solusi rumit.

Oleh sebab itu, produk yang Anda buat pun perlu memenuhi kemudahan itu sendiri. Untuk itu, pastikan membuat journey yang dapat memudahkan setiap pengguna. Hal ini bisa juga dengan membuat skenario fiksi agar prosesnya jauh lebih mudah.

  1. Mulai Buat Skenario Alternatif

Terakhir, pastikan juga untuk membuat skenario alternatif. Caranya adalah dengan memodifikasi dari skenario sebelumnya. Oleh karena itu, pastikan memikirkan masalah apa saja yang mungkin pengguna akan alami saat memakai produk Anda.

Dengan begitu, akan lebih mudah untuk mengecek tentang kesulitan apa saja yang dialami oleh pengguna serta apa saja keinginan mereka. Dengan begitu, akan lebih mudah bagi Anda untuk menyajikan sebuah produk sesuai dengan kebutuhannya.

Itu tadi penjelasan lengkap mengenai betapa pentingnya memahami dahulu contoh user journey map. Setelah memahami hal tersebut, maka tentu akan lebih mudah dalam mempromosikan produk Anda. Oleh sebab itu, usahakan untuk menerapkan beberapa cara membuatnya seperti di atas.

https://mediaxplore.com/wp-content/uploads/2022/06/Contoh-User-Journey-Map-300x178.jpghttps://mediaxplore.com/wp-content/uploads/2022/06/Contoh-User-Journey-Map-90x90.jpgLief AzafaUmumVira IDInformasi,Pengetahuan,Vira IDPentingnya Memahami Contoh User Journey Map Sebelum Menerapkannya - Sebuah produk yang Anda promosikan tentu akan terlihat jauh lebih bernilai setelah menyertakan contoh user journey map. Oleh sebab itu, pastikan mengetahui dahulu mengenai istilah tersebut dan cara membuatnya. Tentu akan lebih mudah untuk memperbaiki beberapa hal sesuai kebutuhan. Pahami Dahulu...Portal Media Informasi

Yuk di Share Jika Suka dengan Artikel Diatas