Pengertian Penyakit Stroke dan JenisnyaPenyakit Stroke adalah penyakit yang terjadi ketika pasokan darah pada bagian otak terganggu. Stroke merupakan tanda-tanda klinis yang berkembang cepat akibat gangguan fungsi otak fokal atau global, dengan gejala-gejala yang berlangsung selama 24 jam atau lebih, serta menyebabkan kematian, tanpa adanya penyebab lain atau vaskuler. Pada orang berusia lanjut, stroke atau penyakit pembuluh darah otak ini sering terjadi akibat pembekuan darah atau akibat pendarahan di dalam otak.

Stroke ini merupakan penyakit pembuluh darah otak (cerebrovascular disease) yang dapat menimbulkan kelumpuhan. Dalam jaringan otak, kurangnya aliran darah menyebabkan serangkaian reaksi biokimia yang bisa merusakkan atau mematikan sel-sel saraf di otak. Kematian jaringan otak ini mampu menyebabkan hilangnya fungsi yang dikendalikan oleh jaringan itu.

Kata “stroke” (hantaman) digunakan karena keadaan ini sering kali menghantam tanpa peringatan. Orang yang terkena stroke mendadak jatuh dan tidak sadarkan diri. Muka penderita sering menjadi kemerahan, napasnya mengorok, serta nadinya kuat dan lambat.

Orang yang terkena stroke bisa berada dalam keadaan tidak sadar (koma) selama berjam-jam atau berhari-hari. Jika penderita masih hidup, ia akan mengalami kesulitan berbicara, melihat, berpikir, atau salah satu sisi muka dan tubuhnya mengalami kelempuhan. Jika seseorang Stroke Ringan, sebagian dari gangguan ini dapat terjadi, namun kesadaran masih berfungsi dengan baik. Stroke bisa berangsur-angsur membaik seiring berjalannya waktu.

Secara umum stroke dibagi menjadi dua jenis, yaitu Stroke Iskemik dan Stroke Hemoragik. Stroke Iskemik adalah tersumbatnya pembuluh darah yang menyebabkan aliran darah ke otak sebagian atau keseluruhan terhenti. Terdapat 80% stroke adalah Stroke Iskemik. Sedangkan Stroke Hemoragik ialah stroke yang disebebakan oleh pecahnya pembuluh darah otak. Hampir 70% kasus stroke hemoragik terjadi pada penderita hipertensi.

Sebuah prognosis hasil sebuah penelitian di Korea menyatakan bahwa 75,2% Stroke Iskemik diderita oleh kaum pria dengan prevalensi berupa hipertensi, kebiasaan merokok, dan konsumsi alkohol. Berdasarkan sistem TOAST, komposisi terbagi menjadi 20,8% LAAS, 17, 4% LAC, 18, 1% CEI, 16,8% UDE, dan 26,8% ODE.

Yuk di Share Jika Suka dengan Artikel Diatas

https://mediaxplore.com/wp-content/uploads/2017/02/download-tukang.id-bottom-1.pnghttps://mediaxplore.com/wp-content/uploads/2017/02/download-tukang.id-bottom-1-150x150.pngLief AzafaKesehatanInformasi,Kesehatan,PengetahuanPengertian Penyakit Stroke dan Jenisnya - Penyakit Stroke adalah penyakit yang terjadi ketika pasokan darah pada bagian otak terganggu. Stroke merupakan tanda-tanda klinis yang berkembang cepat akibat gangguan fungsi otak fokal atau global, dengan gejala-gejala yang berlangsung selama 24 jam atau lebih, serta menyebabkan kematian, tanpa adanya penyebab lain...Portal Media Informasi