Pendidikan Masa Lalu dan Sekarang – Pendidikan merupakan hal terpenting bagi semua orang karena dengan pendidikan kita bisa mencapai kualitas dalam hidup kita. Dan dengan pendidikan pula kita bisa menciptakan manusia manusia yang berakhlak baik dan cerdas. Dan kini pendidikan dari tahun ke tahun selalu mengalami perubahan. Banyak perubahan dari zaman dahulu hinga zaman sekarang dan sebagai contohnya, tujuan utaama dari pendidikan sekarang bukanlah demi orang tua, nilai yang tinggi , diri sendiri ataupun guru namun saat ini yang ingin dicapai dari sekolah ialah mendapat manfaat yang bisa dipergunakan dalam kehidupan sehari-hari. Perbedaan pendidikan zaman dulu dan zaman sekarang, dan saya akan membandingkan dari sisi, cara belajar, sumber pengetahuan dan tempat atau gedung sekolah. Saya akan menjelaskan satu per satu.

1. (Cara Belajar) Cara mengajar guru pada murid pada masa lampau masih mengunakan papan tulis dan kapur untuk menjelaskan materi-materi yang diberikan oleh guru sedangkan murid mengunakan pena pensil dan buku untuk menerima materi yang diberikan oleh guru dan yang diajarkan pada saat ini masih tentang mengajarkan nilai-nilai kehidupan pada seorang anak manusia dan misi utama lembaga pendidikan adalah mengajarkan budi pekerti, etika, saling mengalah dan mendahulukan kepentingan umum diatas kepentingan pribadi. Itu yang diterapkan pada kehidupan sehari-hari didalam keluarga maupun dalam masyarakat. Tetapi seiring perkembangan zaman dan kemajuan teknologi seperti saat ini pengajar dan guru memiliki cara berbeda untuk mengajar para murid-muridnya. Alat-alat yang digunakan sudah mengunakan alat elektronik seperti infokus, laptop untuk menjelaskan materi-materi yang diberikan pada murid. Siswa kini tidak perlu menulis materi yang diberikan cukup memahami dan mendengarkan apa yang diterangkan oleh pengajar. Pendidikan sekarang lebih berorentasi pada bagaimana meningkatkan kecerdasan, prestasi, keterampilan dan bagaimana menghadapi persaingan. Pendidikan sekarang sudah kehilangan misi utamanya untuk menginvestasikan karakter manusia. pendidikan moral dan karakter manusia bukanlah faktor utama seseorang akan mengenyam pendidikan hal ini diangap menjadi tugas tokoh agama dan orang tua wali.

2. (Sumber Pengetahuan dan Informasi Zaman dahulu) berita,informasi dan ilmu disalurkan dengan amat lambat. Orang- orang masih begitu sulit mendapatkan informasi. Dan para murid hanya dapat memperoleh pengetahuan dengan membaca buku dan bertanya pada guru. Tetapi sekarang sudah berubah degan kemajuan teknologi dan media komunikasi yang dikembangkan manusia seperti internet, televisi, radio dan surat kabar. Kecangihan media informasi ini sangat memudahkan para siswa untuk memperoleh informasi. Dengan begitu, ia meringankkan kita untuk memenuhi kewajiban kita mencari ilmu. Tetapi disisi lain dengan kemajuan teknologi seperti saat ini banyak dampak negative dan hal-hal yang disalah gunakan oleh para penguna internet.

Baca juga >> Seberapa Pentingkah Pendidikan Karakter Bagi Kesuksesan Seseorang ?

3. Tempat Atau Sekolah Pada zaman dahulu dipapua masih jarang sekolah yang dibangun sekalipun ada fasilitas yang disediakan pun tidak lengkap dan masih tidak layak untuk siswa mengenyam pendidikan di sekolah-sekolah tersebut.dan itu menjadi kendala bagi orang-orang tua dipapua,banyak yang mengatakan lebih baik mereka membantu orang tua untuk bekerja memenuhi kebutuhan keseharian dibanding menyekolahkan anak yang jangkauanya jauh dari tempat tingal mereka. orang tua zaman dulu pun tak memahami bahwa pendidikan itu sangat penting bagi anak-anak mereka yang akan membentuk pribadi-pribadi yang baik di masa mendatang. Saat ini semua telah berubah, banyak sekolah-sekolah dari sd hinga sekolah menengah atas dibangun dipelosok-pelosok papua bahkah fasilitas dan kualitas yang diberikan sudah cukup baik.kini tergantung orang tua dan anak,apakah mereka mau menyeolahkan atau tidak.

Yuk di Share Jika Suka dengan Artikel Diatas

Pendidikan Masa Lalu dan SekarangLief AzafaPendidikanInformasi,PendidikanPendidikan Masa Lalu dan Sekarang - Pendidikan merupakan hal terpenting bagi semua orang karena dengan pendidikan kita bisa mencapai kualitas dalam hidup kita. Dan dengan pendidikan pula kita bisa menciptakan manusia manusia yang berakhlak baik dan cerdas. Dan kini pendidikan dari tahun ke tahun selalu mengalami perubahan. Banyak perubahan...Portal Media Informasi