Virgin Coconut OilVirgin Coconut Oil atau VCO mungkin masih terdengar asing di kalangan masyarakat Indonesia dibandingkan minyak kelapa biasa. VCO sendiri berbeda dengan minyak kelapa yang biasa digunakan untuk memasak atau lebih sering disebut sebagai Coconut Cooking Oil.

Mengenal Lebih Dekat dengan Virgin Coconut Oil yang Bermanfaat

Minyak VCO sendiri bisa digunakan untuk berbagai keperluan seperti memasak, perihal kecantikan dan penyembuhan. Yuk, kenali lebih dekat dengan minyak VCO mulai proses produksi hingga khasiat yang dimiliki untuk kesehatan berikut ini!

Proses Produksi Minyak VCO yang Wajib Anda Ketahui

Produksi minyak Virgin Coconut Oil bisa dilakukan melalui tiga cara yaitu proses pengeringan, penggilingan basah dan fermentasi. Pada tahap pengeringan, daging kelapa segar dikeringkan menggunakan panas paling rendah untuk menghasilkan minyak. Sedangkan cara penggilingan basah menggunakan daging kelapa segar digiling agar bisa menghasilkan santan, lalu minyak bakal dipisahkan dari santan menggunakan beberape metode.

Pilihan terakhir memproses minyak VCO menggunakan cara fermentasi yaitu santan kelapa diekstrak dari daging kelapa segar dan difermentasi selama 1-3 hari. Proses fermentasi tersebut berfungsi menghasilkan minyak kelapa murni yang berkhasiat.

Hal paling vital dari proses produksi minyak VCO adalah tidak menggunakan bahan kimia berbahaya. Tak mengherankan kalau minyak kaya manfaat ini memiliki harga yang lebih mahal dibandingkan minyak kelapa khusus memasak atau minyak kelapa sawit yang lebih ekonomis.

Manfaat Minyak Virgin Coconut Oil Bagi Kesehatan Tubuh

Meski dibandrol dengan harga yang lebih premium, minyak VCO tetap saja laris manis diburu konsumen. Hal ini dikarenakan kandungan minyak VCO berupa asam lemak bermanfaat sepeti asam laurat. Berikut beberapa manfaat minyak VCO bagi kesehatan tubuh yang wajib Anda ketahui.

1. Mempertajam Fungsi Kognitif Otak

Kandungan asam lemak rantai sedang atau MCT dalam minyak VCO bisa diserap oleh hati dan dimetabolisme lebih cepat. Asam lemak tersebut akhirnya diolah menjadi keton yang merupakan sumber energi utama otak. Pada kasus Alzheimer, konsumsi VCO dipercaya bisa menjadi efek terapi yang sangat berkhasiat.

2. Membunuh Bakteri dan Virus

Asam laurat yang mudah dicerna tubuh ini akan berubah menjadi zat monolaurin. Zat monolaurin bisa membunuh patogen berbahaya yang menyebabkan penyakit seperti bakteri, kuman dan virus penyebab infeksi. Selain itu, asam laurat juga baik untuk kesehatan jantung dan mengurangi kolesterol jahat dalam tubuh.

3. Mengurangi Frekuensi Kejang pada Anak

Konsumsi minyak VCO pada anak yang mengidap epilepsi bisa memberikan manfaat yaitu mengurangi frekuensi kejang. Hal ini dikarenakan otak menjadikan keton sebagai sumber energi utama. Jika dikonsumsi bersamaan dengan diet rendah karbohidrat, VCO bisa meningkatkan konsentrasi darah pada badan keton.

4. Melancarkan Sistem Pencernaan

VCO bisa membantu menyerap vitamin dan mineral yang terlarut dalam lemak seperti magnesium dan kalium. Hal ini akan membuat tubuh bisa memiliki sistem pencernaan lebih baik lagi.

5. Membantu Program Diet

Manfaat VCO juga bisa membantu menurunkan berat badan seseorang sehingga efektif masuk dalam menu diet Anda. Tubuh bisa lebih mudah mengubah lemak menjadi energi sehingga mengurangi nafsu makan Anda. Namun, Anda tidak disarankan mengkonsumsi VCO berlebihan dalam kurun waktu lama sebab bisa mengurangi nafsu makan secara drastis dan bisa membahayakan kesehatan diri sendiri.

Virgin Coconut Oil juga bisa digunakan sebagai obat oles mengatasi eksim dan masalah kulit lain. Selain itu, menggunakan produk alami yang kaya manfaat ini akan membuat kulit Anda lebih halus, bercahaya dan bebas masalah jerawat. Yuk, coba lakukan pola hidup lebih sehat diimbangi dengan konsumsi minyak VCO yang kaya manfaat!

Semoga bermanfaat artikel mengenai Virgin Coconut Oil

Yuk di Share Jika Suka dengan Artikel Diatas

https://mediaxplore.com/wp-content/uploads/2019/01/Virgin-Coconut-Oil.jpghttps://mediaxplore.com/wp-content/uploads/2019/01/Virgin-Coconut-Oil-150x150.jpgLief AzafaAdvertorialKesehatanVira IDInformasi,Kesehatan,Pengetahuan,Vira IDVirgin Coconut Oil atau VCO mungkin masih terdengar asing di kalangan masyarakat Indonesia dibandingkan minyak kelapa biasa. VCO sendiri berbeda dengan minyak kelapa yang biasa digunakan untuk memasak atau lebih sering disebut sebagai Coconut Cooking Oil. Mengenal Lebih Dekat dengan Virgin Coconut Oil yang Bermanfaat Minyak VCO sendiri bisa digunakan untuk...Portal Media Informasi