Gejala Difteri pada Orang DewasaMengenal Gejala Difteri Awal pada Orang Dewasa – Mediaxplore.com Bakteri Corynebacterium diphteriae merupakan penyebab penyakit menular difteri yang menarik perhatian akhir-akhir ini. Penularan penyakit berbahaya ini bisa melalui berbagai media seperti udara dan kontak langsung dengan penderita difteri. Tak hanya menyerang anak-anak, difteri juga bisa menyerang orang dewasa lho! Orang yang berusia lanjut di atas 60 tahun lebih rentan terkena penyakit difteri. Sebaiknya Anda mengetahui gejala difteri  pada orang dewasa agar bisa meminimalisir risiko kesehatan lebih buruk.

Mengenal Gejala Difteri Awal pada Orang Dewasa

Banyak sekali faktor yang menyebabkan penularan penyakit difteri begitu cepat seperti lingkungan yang tidak sehat, bepergian ke area endemik difteri, terjangkut lewat pertukaran udara melalui batuk dan bersin penderita dan belum vaksinasi difteri. Sejauh ini, angka kematian akibat difteri mencapai 20 persen pada orang yang berusia lebih dari 40 tahun. Oleh sebab itu, Anda benar-benar harus mengetahui gejala awal penyakit difteri berikut ini.

Mengenali Gejala Difteri Lebih Dekat

Banyak orang dewasa tidak menyadari tertular difteri karena mengalami gejala penyakit yang hampir sama dengan flu biasa. Gejala awal yang sering disepelekan antara lain demam, nyeri tenggorokan, suara serak, batuk, sakit kepala, badan terasa lebih lelah dan lemas, mengalami kesulitan bernapas dan mengeluarkan lendir berwarna kekuningan atau bercampur dengan darah. Seringkali penderita difteri akan mengalami pembengkakan leher dan kalenjar getah bening yang menyebabkan penampilan seperti bull neck appearance atau leher sapi.

Gejala difteri tahap awal pada orang dewasa biasanya akan menyerang pernapasan dan kulit. Bakteri difteri yang masuk ke dalam tubuh seseorang akan menghasilkan racun di saluran pernapasan. Racun ini akan menginfeksi sel jaringan sehat dan membunuhnya secara perlahan.

Sel jaringan yang sehat dan telah mati akan membentuk pseudomembran dalam kurun waktu 2-3 hari saja. Pseudomembran adalah lapisan tebal berwarna abu-abu yang bisa memenuhi area hidung dan pernapasan penderita hingga sulit bernapas dan menelan makanan.

Racun difteri juga bisa menyebar ke jaringan tubuh yang lain seperti jantung dan sistem saraf Anda. Masalah kesehatan lebih serius menjadi indikasi bahwa racun telah menyebar ke seluruh tubuh seperti peradangan pada jantung, gangguan irama jantung, kelemahan otot hingga mengalami gangguan penglihatan.

Selain itu, gejala awal difteri yang juga sering terlihat adalah adanya lesi atau keadaan jaringan abnormal pada tubuh. Lesi pada tubuh ini akan berubah menjadi ulkus atau borok yang tertutup membran berwarna abu-abu kecoklatan.

Jika Anda mengalami tanda-tanda atau gejala yang disebutkan, sebaiknya segera melakukan jadwal pertemuan dengan dokter. Gejala penyakit berbahaya pada orang dewasa juga ditandai dengan bicara mulai melantur, tanda shock pada kulit seperti pucat dan dingin, berkeringat dan jantung mulai berdebar-debar. Segera lakukan pemeriksaan untuk mendapatkan langkah pengobatan yang tepat ya!

Komplikasi Penyakit Difteri

Jika tidak segera tertangani, penyakit difteri bisa memicu komplikasi kesehatan yang patut diwaspadai. Anda bisa saja mengalami risiko buruk seperti mengalami masalah pernapasan hingga gagal napas, kerusakan jantung dan kerusakan sistem saraf tubuh. Komplikasi yang lebih parah adalah difteri hipertosik yang bisa memicu masalah pendarahan fatal dan gagal ginjal. Mengerikan, bukan?

Difteri umum ditemukan di negara berkembang yang masih memiliki vaksinasi difteri rendah dan kurang menjaga kebersihan lingkungan. Mengetahui gejala difteri awal pada orang dewasa bisa menjadi langkah awal pengobatan medis yang tepat.

Penderita difteri membutuhkan pengobatan khusus di ruang isolasi dengan pemberian antibiotik dan antitoksin. Selain itu, perawatan pasca diijinkan keluar dari rumah sakit akan terus berlangsung sampai penderita sembuh total. Yuk, jaga kesehatan tubuh dan kebersihan lingkungan mulai sekarang!

Semoga bermanfaat artikel mengenai Gejala Difteri Awal pada Orang Dewasa

Yuk di Share Jika Suka dengan Artikel Diatas

https://mediaxplore.com/wp-content/uploads/2019/01/Gejala-Difteri-pada-Orang-Dewasa.jpghttps://mediaxplore.com/wp-content/uploads/2019/01/Gejala-Difteri-pada-Orang-Dewasa-150x150.jpgLief AzafaAdvertorialKesehatanVira IDInformasi,Kesehatan,Pengetahuan,Vira IDMengenal Gejala Difteri Awal pada Orang Dewasa – Mediaxplore.com Bakteri Corynebacterium diphteriae merupakan penyebab penyakit menular difteri yang menarik perhatian akhir-akhir ini. Penularan penyakit berbahaya ini bisa melalui berbagai media seperti udara dan kontak langsung dengan penderita difteri. Tak hanya menyerang anak-anak, difteri juga bisa menyerang orang dewasa lho!...Portal Media Informasi