Kehamilan Trimester PertamaMakanan Bernutrisi yang Dibutuhkan di Kehamilan Trimester Pertama – Mediaxplore.com Kehamilan trimester pertama masih menjadi masa-masa penuh haru. Bagaimana tidak, sebab kehamilan menjadi momen yang paling dinantikan oleh setiap wanita. Terlebih bagi Anda yang baru saja memulai kehidupan berumahtangga. Bahagia tak terkira jika dokter menyampaikan bahwa Anda positif hamil. Meski ada rasa cemas karena ini pengalaman pertama bagi Anda, rasa cemas tersebut dikalahkan oleh bahagia yang mengiringinya.

Hadirnya tangis bayi di tengah keluarga tentu menjadi kerinduan tersendiri. Meski begitu, tidak dapat dipungkiri jika Anda masih diliputi rasa khawatir. Ini perasaan yang normal dan wajar, hanya saja ada baiknya Anda bergegas untuk fokus menjaga kehamilan. Yup, alihkan rasa khawatir menjadi rasa antusias untuk menyambut kehadiran si kecil.

Bentuk antusias tersebut bisa dimulai dengan mulai memperhatikan asupan makanan dan minuman yang dikonsumsi. Hal ini mengingat janin dalam kandungan hanya akan mendapat nutrisi dari makanan dan minuman yang Anda konsumsi, itu artinya memilih makanan bernutrisi tinggi menjadi hal wajib yang harus dilakukan.

Pilihan Makanan Bernutrisi yang Dibutuhkan di Kehamilan Trimester Pertama

Masa awal kehamilan umumnya membuat Anda merasa sering mual. Bahkan bisa jadi hal tersebut membuat Anda tidak mempunyai selera makan. Namun perlu diingat jika saat ini tengah ada janin dalam rahim Anda dan harus dijaga.

Makanan Bernutrisi yang Dibutuhkan di Kehamilan Trimester Pertama

Nah, jika Anda sedang berada di kehamilan trimester pertama, ada baiknya menyimak informasi seputar pilihan makanan bernutrisi yang dibutuhkan di kehamilan trimester pertama di bawah ini.

1. Bayam

Pada proses pembentukan tabung syaraf bayi di trimester pertama membutuhkan peran asam folat. Asam folat ini bisa Anda dapatkan dari bayam. Kandungan asam folat ini dapat membantu meminimalisir risiko cacat lahir pada bayi. Bayam juga mengandung zat besi yang akan membantu mencegah serangan anemia yang seringkali dialami ibu hamil.

2. Kacang-kacangan

Perlu diketahui bahwa seorang ibu hamil membutuhkan asupan protein seberat 60 gram setiap harinya di masa trimester pertama. Untuk memenuhi kebutuhan protein ini Anda disarankan mengonsumsi kacang-kacangan.

Selain itu, kacang-kacangan dengan kulit warna cokelat memiliki kandungan serat yang tinggi. Itu artinya juga bermanfaat untuk menghindari risiko sembelit. Seperti bayam, kacang-kacangan ini juga mengandung zat besi yang dibutuhkan ibu hamil. Hanya saja, sebaiknya Anda mengonsumsi kacang-kacangan yang tidak digoreng untuk mencegah tingginya kalori.

3. Telur

Tak hanya kaya protein, telur juga mengandung vitamin D yang baik dikonsumsi oleh ibu hamil. Bahkan bisa dibilang manfaat telur ini hampir serupa dengan manfaat susu ibu hamil. Dengan kata lain, vitamin D yang dimiliki telur juga dapat membantu membentuk tulang bayi. Selain itu, kepadatan tulang ibu hamil juga lebih terjaga bila Anda rajin mengonsumsi telur.

4. Nasi, Kentang, Roti dan lainnya

Selain nutrisi-nutrisi di atas, ibu hamil juga memerlukan asupan karbohidrat yang cukup. Terlebih karbohidrat inilah yang memasok kalori terbesar ke dalam tubuh. Karbohidrat akan membantu menyediakan energi yang cukup untuk mengoptimalkan proses pembentukan jaringan tubuh janin.
Makanan kaya karbohidrat yang bisa dijadikan pilihan adalah nasi, kentang, roti, jagung, ubi dan lainnya. Di kehamilan trimester pertama ini setidaknya ibu hamil mengonsumsi 150-200 kalori.

Demikianlah 4 makanan bernutrisi yang bisa Anda konsumsi pada masa kehamilan trimester pertama. Pemberian nutrisi yang cukup diharapkan mampu membuat janin tumbuh dengan sehat. Oia, mungkin di trimester pertama ini Anda mulai khawatir akan munculnya strecth mark. Perihal ini Anda tak perlu khawatir lagi sebab sudah ada Zwitsal Baby Oil yang bisa meminimalisir risiko munculnya strech mark selama masa kehamilan.

Semoga bermanfaat artikel mengenai Makanan Bernutrisi yang Dibutuhkan di Kehamilan Trimester Pertama

Yuk di Share Jika Suka dengan Artikel Diatas

https://mediaxplore.com/wp-content/uploads/2018/09/Kehamilan-Trimester-Pertama.jpghttps://mediaxplore.com/wp-content/uploads/2018/09/Kehamilan-Trimester-Pertama-150x150.jpgLief AzafaAdvertorialInboundidKesehatanParentingAnak,Bayi,Informasi,Kesehatan,PengetahuanMakanan Bernutrisi yang Dibutuhkan di Kehamilan Trimester Pertama - Mediaxplore.com Kehamilan trimester pertama masih menjadi masa-masa penuh haru. Bagaimana tidak, sebab kehamilan menjadi momen yang paling dinantikan oleh setiap wanita. Terlebih bagi Anda yang baru saja memulai kehidupan berumahtangga. Bahagia tak terkira jika dokter menyampaikan bahwa Anda positif hamil....Portal Media Informasi