Langkah Awal Mencegah DBD Mulai Dalam RumahLangkah Awal Mencegah DBD Mulai Dalam Rumah – Banyak orang tua yang mencemaskan keadaan keluarga mereka lantaran cepatnya penyebaran virus DBD (Demam Berdarah Dengue) hingga virus Zika di musim penghujan seperti sekarang ini. Virus ini seakan tidak bisa lepas ketika musim penghujan, hal ini dikarenakan hewan perantaranya yaitu nyamuk Aedes Aegypti berkembang biak sangat cepat di lingkungan yang lembab, dingin dan gelap.

Menyikapi kondisi ini, sebenarnya kita bisa mencegah sedini mungkin agar perkembangan nyamuk ini tidak terlalu cepat di lingkungan kita, minimal disekitar rumah yang kita tempati sehari hari. Beberapa ahli kesehatan lingkungan pun menyarankan pada masyarakat untuk sedini mungkin mencegah berkembang biaknya nyamuk yang bisa menjadi perantara virus berbahaya tersebut.

Mulailah dari menata ruangan dalam rumah

Hal umum yang paling disarankan untuk meminimalisir berkembak biaknya nyamuk pembawa penyakit DBD di dalam rumah adalah dengan menata ruangan dengan cukup sirkulasi udara dan cukup cahaya alami yang masuk ke ruangan rumah kita.

Tidak menggantungkan baju sembarangan hingga berhari hari juga salah satu cara pencegahan awal yang baik, karena nyamuk seringkali bersembunyi dan hinggap pada baju baju kotor yang dibiarkan menggantung berhari hari.

Selain itu penggunaan cat tembok yang mengandung zat yang tidak disukai nyamuk juga bisa menjadi salah satu cara menjauhkan perkembangan nyamuk dari dalam ruangan rumah kita.

Coba lebih perhatikan lingkungan sekitar rumah

Selain memperhatikan ruangan rumah kita, penataan sekitar rumah juga penting, karena nyamuk sangat senang dengan kubangan air, dan tempat tempat lembab. Hal lain yang biasa kita lakukan seperti menguras, menutup dan mengubur (3M) untuk pencegahan berkembiaknya nyamuk, kita juga bisa melakukan penanaman jenis tanaman yang mengeluarkan aorma yang tidak disukai oleh nyamuk.

Dengan langkah langkah awal diatas memang tidak serta merta mematikan tumbuh kembang nyamuk di sekitar rumah kita. Tapi setidaknya kita berusaha menjaga kesehatan keluarga kita dengan meminimalisir perkembang biakan nyamuk yang menyebarkan virus DBD yang masih sulit ditanggulangi pada musim penghujan seperti sekarang ini.

Semoga bermanfaat untuk Anda dan sekeluarga, Terima kasih.

Yuk di Share Jika Suka dengan Artikel Diatas

Lief AzafaKesehatanKesehatan,Penyakit,TipsLangkah Awal Mencegah DBD Mulai Dalam Rumah - Banyak orang tua yang mencemaskan keadaan keluarga mereka lantaran cepatnya penyebaran virus DBD (Demam Berdarah Dengue) hingga virus Zika di musim penghujan seperti sekarang ini. Virus ini seakan tidak bisa lepas ketika musim penghujan, hal ini dikarenakan hewan perantaranya yaitu nyamuk...Portal Media Informasi