Kreatif dengan Metode Mind Mapping –  Mind map adalah sebuah diagram yang dapat digunakan untuk mewakili kata-kata, ide-ide, tugas atau beberapa item lain yang saling berhubungan dan diatur oleh kata kunci yang ada di tengah. Pada dasarnya mind map dapat membantu peserta didik untuk mengetahui lebih mudah materi sebuah pelajaran atau topik yang sedang akan didiskusikan. Pada kesempatan ini akan dibahas artikel tentang kreatif membuat mind mapping. Pakar ahli Jensen (1998) mengemukakan bahwa kreatif membuat mind map adalah cara untuk menghubungkan pola-pola sebagai ide dengan cara yang lebih kreatif.

Selain itu juga metode mind mapping atau juga dikenal Radiant Thinking yang diciptakan oleh Tony Buztan pada tahun 1970, seorang Psikolog asal Inggris yang juga ketua yayasan otak, pendiri klub pakar (Brain Trust), dan pencipta melek mental, mempunyai definisi sebagai proses pemetaan pikiran yang bertujuan untuk menghubungkan konsep-konsep permasalahan tertentu dari cabang saraf pada sel otak kemudian otak menyampaikannya dalam bentuk yang beragam mulai dari simbol, garis, kata hingga warna.

Menurut para ahli hasil mind map yang baik dapat menggambarkan berbagai pola gagasan di tiap cabangnya dimana setiap idea tau kata sentral memiliki 5 sampai 10 ide yang keluar melalui ide sentral tersebut. Metode mind mapping juga merupakan metode pengembangan berpikir secara divegen dan kreatif karena menjuru ke sagala arah dengan menangkap beberapa pikiran di tiap sudutnya.

Untuk mendapatkan hasil kreatifitas dengan metode mapping ada pun cara yang dapat diterapkan oleh seorang peserta didik adalah sebagai berikut:

1. Meletakkan ide pada bagian tengah

Terlebih dahulu menemukan topik atau tema yang akan dibahas. Jika sudah letakkan topik atau tema tersebut sebagai pusat dati mind mapping kalian. Usahakan dengan memberi tanda simbol yang sesuai dengan tema atau topik. Jangan terlalu banyak menggunakan huruf atau angka. Otak akan lebih mudah menghafal dengan warna atau gambar. Buatlah pada bidang kertas sebagai media horizontal.

2. Menghubungkan ide-ide utama topik dengan ide-ide penjelas.

Kalian dapat menghubungkan ide utama dengan garis-garis lucu seperti garis yang berkelak-kelok, melengkung, atau garis yang diwarnai dengan ide-ide penjelas di sisi atas ide utama, bawah, kanan, kiri, samping kanan menjorok, samping kiri menjorok, dan di beberapa tempat di kertas yang masih memungkinkan. Tips kreatifnya gunakan warna garis yang lucu.

3. Menggunakan keyword

Beberapa ide yang dibuat hendaknya mengandung kata kunci yang sesuai dengan topik. Keyword tersebut juga hendaknya berisi simbol yang sesuai.

4. Dalam membuat cabang dari sub bagia topik buatlah dengan menggunakan warna yang menarik.

Sebab, otak akan merekam warna dan lebih mudah mengingat sama halnya dengan mengingat gambar. Dengan aplikasi warna yang banyak membuat mind map akan menjadi lebih hidup.

Yang perlu diingat dari pembuatan metode mind mapping ini adalah Otak bekerja menurut asosiasi sehingga buatlah cabang tingkatan dua atau bisa tiga dan seterusnya dari pusat kecabang.

Yuk di Share Jika Suka dengan Artikel Diatas

https://mediaxplore.com/wp-content/uploads/2017/02/download-tukang.id-bottom-1.pnghttps://mediaxplore.com/wp-content/uploads/2017/02/download-tukang.id-bottom-1-150x150.pngLief AzafaPendidikanInformasi,Pendidikan,PengetahuanKreatif dengan Metode Mind Mapping -  Mind map adalah sebuah diagram yang dapat digunakan untuk mewakili kata-kata, ide-ide, tugas atau beberapa item lain yang saling berhubungan dan diatur oleh kata kunci yang ada di tengah. Pada dasarnya mind map dapat membantu peserta didik untuk mengetahui lebih mudah materi sebuah...Portal Media Informasi