Berat Badan Ideal Balita Berat Badan Ideal Balita yang baru lahir biasanya akan berada pada kisaran 2,5 kg hingga 4,5 kg. Berat badan bayi adalah salah satu yang harus di perhatikan setiap orang tua. Sebab pada umumnya, Berat Badan Ideal Balita merupakan tolak ukur apakah dia dalam kondisi sehat atau sebaliknya.

Menurut beberapa dokter, faktor berat badan yang mempengaruhi bayi yang baru lahir ialah kesahatan, keturunan dan nutrisi yang dikonsumsi saat dia ada dalam kandungan. Oleh karena itulah, sangat di sarankan bagi seorang ibu untuk tetap mengkonsumsi makanan dan buah-buahan yang mempunyai nutrisi tinggi supaya berat badan bayi tetap dalam kondisi normal dan dalam keadaan sehat selalu. Sebab kadang kala setelah dilahirkan perubahan berat badan balita sangat cepat, bisa saja turun atau bisa juga naik.

Ketahui Berat Badan Ideal Balita Secara Normal

Pertambahan berat badan pada seorang bayi akan terus terjadi dengan terus bertambahnya usia. Nah, guna memantau pertumbuhan bayi yang normal, bayi akan perlu ditimbang secara rutin serta seornag Ibu juga perlu mempunyai buku Kesehatan Ibu dan Anak, dimana biasanya akan di peroleh di puskesmas terdekat. Di bawah ini adalah Berat Badan Ideal Balita yang bisa Anda jadikan patokan, antara lain:

1. Berat Badan Ideal Balita Umur 1- 3 bulan

Dalam bulan awal setelah di lahirkan, pertumbuhan seorang bayi akan mengalami perkembangan yang begitu cepat. Dalam fase ini pertambahan berat badan dan panjang badan akan terus terjadi pada bayi Anda.

Perlu di ketahui, ketika bayi menginjak usia 3 bulan, berat badan bayi laki-laki yang ideal akan berada pada kisaran antara 5,8 kg – 7 kg dengan panjang 60 cm – 63 cm. Sedangkan untuk seorang balita perempuan, berat badan yang idela balita akan ada pada kisaran 5,4 kg – 6,5 kg dengan panjang badan 58 cm – 62 cm.

2. Berat Badan Ideal Balita Umur 4 – 6 bulan

Pada umumnya, pertumbuhan dan perkembangan balita kala menginjak usia 4-6 bulan terbilang cukup pesat. Biasanya di usia 6 bulan, berat badan bayi akan mencapai 2 kali lipat dari berat awal saat masa kelahiran.

Idealnya berat badan bayi laki-laki di usia ini akan berada pada kisaran 7,8 kg hingga 8,5 kg, dengan panjang badan antara 66 cm – 70 cm. Sedangkan untuk seorang bayi perempuan, idealnya berat badan balita akan berada pada kisaran 6,8 kg – 8 kg, dengan panjang badan 63,5 cm – 67 cm.

3. Berat Badan Ideal Balita Umur 7- 12 bulan

Biasanya di saat bayi menginjak usia 12 bulan, berat badan balita akan mengalami kenaikan cukup signifikan yaitu bisa sampai 3 kali lipat dari berat badan lahirnya. Pada seorang balita laki-laki, berat badan idealnya bisa mencapai 9 kg – 10, 3 kg, sedangkan untuk tingginya bisa mencapai 74 cm – 77 cm. Beda halnya untuk bayi perempuan, idealnyaberat badan baliata akan berada pada kisaran 8,2 kg – 9,7 kg, dengan tinggi badan 72 cm – 76 cm.

Berat badan ideal balita yang telah di jelaskan di atas bisa Anda jadikan tolok ukur. Pada umumnya, tumbuh kembang setiap anak berbeda-beda, tetapi jika berat badan Si Kecil kurang atau bahkan lebih dari rentang tolak ukur ideal tersebut, maka saran kami sebaiknya konsultasi ke dokter yah. Dari sana, biasanya dokter akan memberikan saran pada Anda terkait pola makan dan perbaikan gizi yang bisa dilakukan untuk mencapai Berat Badan Ideal Balita

Sumber Gambar : https://www.dancow.co.id/dpc/sites/default/files/2019-02/artikel_feb%2009.jpg

Yuk di Share Jika Suka dengan Artikel Diatas

https://mediaxplore.com/wp-content/uploads/2019/08/Berat-Badan-Ideal-Balita-300x178.jpghttps://mediaxplore.com/wp-content/uploads/2019/08/Berat-Badan-Ideal-Balita-90x90.jpgLief AzafaAdvertorialParentingVira IDAnak,Bayi,Informasi,Parenting,Pengetahuan,Vira IDBerat Badan Ideal Balita yang baru lahir biasanya akan berada pada kisaran 2,5 kg hingga 4,5 kg. Berat badan bayi adalah salah satu yang harus di perhatikan setiap orang tua. Sebab pada umumnya, Berat Badan Ideal Balita merupakan tolak ukur apakah dia dalam kondisi sehat atau sebaliknya. Menurut beberapa dokter,...Portal Media Informasi