Puasa AsyuraKenali Lebih Dalam Lagi Tentang Hari dan Puasa Asyura Shaum atau puasa asyura merupakan ibadah puasa yang dilakukan pada tiap tanggal 10 bulan Muharram dalam hitungan tahun Hijriyah. Lantas, mengapa puasa tersebut harus dilakukan di tanggal 10 bulan Muharram? Nah, untuk mengetahui lebih jelasnya lagi mengenai sejarahnya, mari kita simak saja langsung ulasannya di bawah ini.

Kenali Lebih Dalam Lagi Tentang Hari dan Puasa Asyura

Pada zaman jahiliyah, orang-orang Quraisy mempunyai tradisi puasa di tanggal 10 tiap bulan Muharram. Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam juga melakukan ibadah puasa tersebut ketika masih berada di kota Mekkah. Hal itu juga pernah diceritakan oleh istri beliau, yakni Aisyah RA yang berkata:

“Di zaman jahiliyah dulu, orang Quraisy biasa melakukan shaum Asyura.  Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam juga melakukan shaum tersebut. Saat tiba di Madinah, beliau melakukan shaum tersebut dan memerintahkan yang lain untuk melakukannya. Namun tatkala puasa Ramadhan diwajibkan, beliau meninggalkan shaum ASyura. Lalu beliau bersabda “Barang siapa yang mau, silahkan shaum. Barang siapa yang mau, silahkan meninggalkannya (tidak shaum).” (HR. Bukhari no. 2002 dan Muslim no. 1125).

Puasa Asyura yang diamalkan oleh Rasulullah SAW saat di Mekkah hanya berlaku untuk dirinya sendiri. Dengan kata lain, beliau sama sekali tidak menyuruh atau memerintah kepada para sahabat untuk mengamalkan shaum tersebut. Ketika Rasulullah SAW hijrah ke kota Madinah, beliau juga melihat orang-orang Yahudi sedang melakukan shaum itu.

Bahkan, orang-orang Yahudi ini menetapkan 10 Muharram sebagai hari raya istimewa. Menurut orang-orang yahudi, yang menganggap bahwa 10 Muharram itu adalah hari dimana Allah ‘Azza wa Jalla menyelematkan Nabi Musa dan kaumnya dari kejaran Fir’aun. Pada hari tersebut juga Allah telah menenggelamkan Fir’aun bersama bala tentaranya.

Kisah tersebut tertulis dalam sebuah hadist yang di riwayatkan oleh Ibnu Abbas RA, “Ketika tiba di Madinah, Rasulullah SAW mendapati orang-orang Yahudi melakukan puasa Asyura. Kemudian Rasulullah SAW bertanya, “Hari yang kalian berpuasa ini adalah hari apa?”

Orang-orang Yahudi pun menjawabnya “Ini adalah hari yang sangat mulia. Ini adalah hari di mana Allah menyelematkan Musa dan kaumnya. Ketika itu pula Fir’aun dan kaumnya ditenggelamkan. Musa berpuasa pada hari ini dalam rangka bersyukur, maka kami pun mengiuti beliau berpuasa pada hari ini”.

Keutamaan Puasa Asyura

Ada beberapa amalan yang dianjurkan seperti puasa sunnah, sodaqoh, mengunjungi orang alim yang soleh, membaca QS Al Ikhlas 1000 kali, silaturahim, menengok orang sakit, mengusap kepala anak yatim, dan masih banyak lagi. Tak hanya itu, kita juga jangan lupa untuk melaksanakan shalat dhuha di pagi hari.

Sebagaimana telah tertulis dalam sebuah hadist yang berisi “Aku tidak pernah mendapati Rasulullah SAW menjaga puasa suatu hari karena keutamaannya dibandingkan hari-hari yang lain kecuali hari ini yaitu haru Asyura dan bulan ini yaitu bulan Ramadhan.” (HR Muslim). Ada hadist lain juga yang berkata “Puasa di hari Asyura, sungguh saya mengharap kepada Allah bisa mengugurkan dosa setahun yang lalu,” (HR Abu Daud).

Abu Qotadah Al Anshory berkata, “Nabi Shallallahu’alaihi wa sallam ditanya mengenai keutamaan puasa Arafah? Beliau menjawab, “Puasa Arafah akan menghapus dosa setahun yang lalu dan setahun yang akan datang.” Beliau juga ditanya tentang keistimewaan puasa Asyura? Beliau Menjawab, “Puasa Asyura akan menghapus dosa setahun yang lalu.” (HR. Muslim no. 1162).

https://mediaxplore.com/wp-content/uploads/2020/05/Puasa-Asyura-300x178.jpg https://mediaxplore.com/wp-content/uploads/2020/05/Puasa-Asyura-90x90.jpg Lief AzafaUmumInformasi,Islami,PengetahuanKenali Lebih Dalam Lagi Tentang Hari dan Puasa Asyura - Shaum atau puasa asyura merupakan ibadah puasa yang dilakukan pada tiap tanggal 10 bulan Muharram dalam hitungan tahun Hijriyah. Lantas, mengapa puasa tersebut harus dilakukan di tanggal 10 bulan Muharram? Nah, untuk mengetahui lebih jelasnya lagi mengenai sejarahnya, mari...Portal Media Informasi

Yuk di Share Jika Suka dengan Artikel Diatas