Kelebihan Bisnis OnlineKelebihan dari Bisnis Online Dibanding Bisnis Offline – Bisnis online belakangan ini sedang naik daun karena lebih mudah dijalankan dan tidak perlu modal besar untuk memulainya. Namun, apa saja sih kelebihan bisnis online jika dibandingkan dengan bisnis offline? Apakah bisnis online benar-benar bisa diandalkan di era sekarang? Berikut penjelasan selengkapnya.

Mengenal Kelebihan Bisnis Online

1. Lebih Mudah Dimulai

Kelebihan pertama dari bisnis online ketika dibandingkan dengan bisnis offline yaitu kemudahan dalam memulai. Ya, bisnis online memang relatif lebih mudah dimulai karena tidak perlu menyiapkan tempat strategis, karyawan, serta kebutuhan lain terkait perusahaan.

Kamu hanya perlu beli hosting dan domain dari domain reseller atau provider langganan, kemudian bisa fokus dalam hal produksi barang atau jasa yang ingin ditawarkan, bagaimana mengoptimalkan kualitas, harga, daya saing dengan kompetitor, serta strategi pemasaran yang bisa menarik banyak calon pelanggan.

Berkat berbagai kemudahan yang ditawarkan, tidak heran jika anak muda generasi sekarang lebih banyak yang tertarik untuk bergelut di bidang digital dibandingkan bisnis konvensional. Karena selain persaingannya yang masih terbuka lebar, setiap orang juga mempunyai peluang yang sama untuk sukses dan berkembang.

2. Tidak Perlu Modal Besar

Siapa bilang memulai bisnis online harus punya modal besar? Jika dibandingkan dengan bisnis offline, modal yang diperlukan untuk memulai bisnis online jauh lebih terjangkau dan masuk akal.

Dalam beberapa kasus, kamu bahkan bisa mulai menjalankan bisnis online tanpa perlu mengeluarkan modal. Caranya kamu bisa menekuni bisnis afiliasi atau bisnis dropship yang tidak butuh stok barang atau harus melakukan pembelian terlebih dahulu. Model bisnis dropship memungkinkan kamu untuk mendapat komisi penjualan dari mark up selisih harga. Sementara bisnis afiliasi, kamu akan mendapatkan sejumlah komisi jika terjadi pembelian produk dari link yang kamu promosikan. Bagaimana, sangat sederhana bukan?

3. Bisa Menjangkau Pasar yang Lebih Luas

Bisnis online terlihat lebih menjanjikan karena tidak ada batasan teritori, negara atau wilayah pemasaran untuk menjangkau pelanggan. Kenapa bisa begitu? Pasalnya, bisnis online menggunakan internet dan media sosial untuk melakukan promosi, kemudian mengirim produk yang dibeli oleh pelanggan via ekspedisi.

Skema penjualan ini tentu jauh berbeda jika dibandingkan dengan bisnis konvensional yang hanya bisa beroperasi untuk melayani konsumen yang datang ke suatu kota. Jika kamu ingin melebarkan sayap atau berekspansi, maka perlu membuka toko cabang baru yang juga butuh modal besar dan perlu memulai promosi dari awal.

Bisnis online bisa lebih cepat berkembang karena saat ini jumlah pengguna internet terus bertambah. Belum lagi jika kamu melakukan aktivitas promosi besar-besaran, pastinya brand akan jauh lebih mudah dikenal.

4. Tersedia Banyak Opsi Media Promosi

Faktor promosi dan marketing menjadi kunci utama sebuah bisnis, baik itu online maupun offline. Akan tetapi, jika kamu menekuni bisnis online maka opsi untuk melakukan aktivitas pemasaran bisa jauh lebih besar dan efisien. Kenapa bisa begitu?

Seperti kita ketahui, bisnis online menggunakan website sebagai media transaksi dan pemesanan, sehingga calon pelanggan yang tertarik membeli produk bisa langsung melakukan order dari mana saja dan kapan saja selama 24 jam.

Sementara jika kamu melakukan promosi bisnis offline, calon pelanggan harus datang langsung ke toko terdekat.

5. Bisa Dijalankan Kapan Saja dan Dimana Saja

Berikutnya, bisnis online juga punya kelebihan yang bisa dijalankan dari mana saja dan kapan saja. Benar, ini bukan mitos, karena di era serba digital seperti sekarang kamu sudah bisa mengelola bisnis ketika sedang liburan atau pergi keluar kota menghadiri acara keluarga.

Sesuai namanya, bisnis online bisa dikelola asalkan kamu punya koneksi internet yang memadai. Untuk pengaturan dan manajemen karyawan, saat ini bahkan kamu juga bisa menggunakan sistem absensi dan laporan karyawan online sehingga bisa dilihat dari mana saja.

6. Bisa Beroperasi Selama 24 Jam

Jam operasional menjadi tantangan bagi para pebisnis konvensional. Pasalnya, semakin lama mereka beroperasi maka cost produksi seperti gaji karyawan kasir, security, dan tagihan listrik juga akan semakin besar.

Menariknya, dengan menjalankan bisnis online kamu tetap bisa beroperasi selama 24 jam 7hari dalam seminggu. Hal ini bisa terjadi berkat bantuan website ecommerce yang bisa diakses oleh calon pelanggan kapan pun dan dari manapun, jika membutuhkan produk atau jasa yang kamu jual.

7. Membutuhkan Sumber Daya Manusia yang Minim

Terakhir, dengan memulai bisnis online kamu juga tidak perlu dukungan banyak karyawan atau sumber daya manusia. Pasalnya, semua sistem sudah bisa dikerjakan secara otomatis oleh teknologi.

Sebagai contoh, jika bisnis offline atau konvensional masih perlu kasir untuk melakukan pencatatan order transaksi penjualan, kamu bisa menggantinya dengan website e-commerce dan pembayaran melalui payment gateway seperti beli followers Instagram yang bisa melakukan verifikasi secara real time.

Meski begitu, bisnis online tetap butuh admin sebagai pengawas jalannya transaksi dan ketersediaan produk. Untuk menghemat budget di tahap awal, kamu bisa menjalankannya secara single fighter atau lone wolf, kemudian merekrut karyawan jika jumlah transaksi dirasa sudah terlalu besar untuk dikerjakan sendirian.

Itulah beberapa kelebihan bisnis online jika dibandingkan dengan bisnis offline. Bagaimana, apakah kamu sudah yakin dengan berbagai kelebihannya?

Sumber Gambar : http://risetcdn.jatimtimes.com/images/2020/05/01/8-Ide-Bisnis-Online-dan-Sampingan-yang-Terbukti-Sangat-Menghasilkan18748e73dfdea6a97.jpg
https://mediaxplore.com/wp-content/uploads/2022/08/Kelebihan-Bisnis-Online-300x178.jpghttps://mediaxplore.com/wp-content/uploads/2022/08/Kelebihan-Bisnis-Online-90x90.jpgLief AzafaBisnis OnlineBisnis Online,Informasi,Pengetahuan,WirausahaKelebihan dari Bisnis Online Dibanding Bisnis Offline - Bisnis online belakangan ini sedang naik daun karena lebih mudah dijalankan dan tidak perlu modal besar untuk memulainya. Namun, apa saja sih kelebihan bisnis online jika dibandingkan dengan bisnis offline? Apakah bisnis online benar-benar bisa diandalkan di era sekarang? Berikut penjelasan selengkapnya. Mengenal...Portal Media Informasi

Yuk di Share Jika Suka dengan Artikel Diatas