Suplemen Terbaik Lovebird KonsletJenis-Jenis Pakan Dan Suplemen Terbaik Lovebird Konslet – Cara bikin lovebird konslet ngekek terus salah satunya sangat dipengaruhi oleh kualitas pakan. Pakan lovebird konslet harus mempertimbangkan nutrisi, vitamin, kadar air, protein, lemak dan unsur lainnya.

Jenis-Jenis Pakan dan Suplemen Terbaik Lovebird Konslet

Atas pertimbangan itulah, cara membuat lovebird konslet membutuhkan pertimbangan dan keahlian khusus. Sebagai panduan untuk Anda, berikut ini pakan lovebird konslet yang bisa Anda pilih sebagai upaya perawatan lovebird konslet:

Pakan Lovebird Konslet yang Utama

Pakan lovebird terdiri dari jenis biji-bijian, dengan pakan tambahan berupa sayur-sayuran dan buah-buahan. Pakan lovebird konslet dalam bentuk biji-bijian contohnya adalah millet, kenari seed, jewawut, dll.

Pakan tambahannya bisa berupa sayur-sayuran dan buah-buahan. Seperti sawi, taoge, jagung manis, apel, dst.

Yang terpenting dari pemberian pakan lovebird adalah kandungan karbohidrat, protein, lemak, air, vitamin, dan mineral (essensial dan non essensial). Pemberian pakan yang tepat beserta vitamin lovebird konslet yang tepat, tentu bisa mempercepat pertumbuhan dan perkembangan lovebird. Berikut ini adalah jenis-jenis pakan lovebird konslet yang bisa Anda pilih.

Pakan Millet Putih dan Millet Merah

Pakan millet merupakan jenis pakan lovebird konslet yang paling umum dan banyak dipilih oleh para peternak lovebird. Millet merupakan jenis serelia berbiji yang memiliki ukuran kecil.

Meski ukurannya kecil, millet ini merupakan sumber karbohidrat yang sangat dibutuhkan dalam perawatan lovebird konslet.  Kandungan karbohidrat utama yang ada didalam millet adalah zat pati.

Kandungan zat gizi pada millet diantaranya adalah energi 334.0 kkal, protein 9,7 kkal, lemak 3,5 kkal dan karbohidrat 73,4 gram. Selain sumber energi, millet juga mengandung mineral, vitamin B, B6, niasin, folasin, asam amino essensial, leusin, treonin, dan fenilalanin.

Memahami begitu banyaknya kandungan yang terdapat didalam millet, maka sudah sewajarnya jika millet menjadi pakan utama bagi lovebird, sebagai cara membuat lovebird ngekek mangap. Terlebih, harga millet juga masih sangat terjangkau dan dapat ditemukan secara mudah di pasar burung.

Pakan Canary Seed

Canary seed merupakan jenis biji-bijian dari rumpun gramineae. Bentuk dari canary seed ini adalah kedua ujungnya lancip seperti gabah, tipis, dan kecil. Canary seed berwarna coklat, licin dan keras.

Canary seed ini memiliki rasa yang gurih dan sangat disukai oleh para burung pemakan biji, utamanya lovebird.  Selain rasa yang disukai, canary seed juga mengandung gizi yang cukup tinggi.

Canary seed mengandung protein kasar 18,7%, karbohidrat 15.0 %, serta lemak kasar 8,7%. Dengan tingginya kandungan protein ini, maka dapat meningkatkan konsumsi kapur juga. Sehingga selain dapat menjadikan lovebird ngekek panjang, juga dapat membantu meningkatkan produktivitas lovebird.

Pakan Beras Merah

Beras merah tidak hanya baik dikonsumsi oleh manusia, tapi juga sangat baik dikonsumsi oleh lovebird. Kandungan Antosianin yang merupakan jenis antioksidan pada beras merah sangat baik untuk menjaga kondisi tubuh lovebird.

Selain kaya antioksida, dalam 100 gram beras merah juga mengandung 75 gram protein, 0,9 gr lemak, 77,6 gr karbohidrat, 0,3 gr zat besi, dan 0,00021 gr vitamin B1. Selain itu, beras merah juga kaya akan magnesium dan serat yang baik untuk pencernaan lovebird.

Tingginya kandungan bermanfaat pada beras merah inilah yang harus menjadi pertimbangan Anda untuk memberikan kepada lovebird kesayangan Anda. Ini bertujuan agar cara bikin lovebird konslet ngekek terus dapat dilakukan dengan mudah.

Pakan Jewawut

Jewawut, atau yang juga dikenal sebagai foxtal millet merupakan jenis tanaman serelia yang sering dipilih sebagai pakan utama lovebird. Hal ini dikarenakan biji jewawut memiliki kandungan gizi yang baik untuk lovebird.

Biji jewawut mengandung karbohidrat tinggi, antara 60-80%, mineral lengkap seperti kalsium, besi, magnesium fosfor, seng dan kalium. Selain itu, jewawut juga mengandung vitamin, protein dan lemak yang lebih tinggi dari jenis serelia lainnya.

Memahami hal itu, pakan jewawut tentu tidak bisa Anda sepelekan sebagai cara bikin lovebird konslet ngekek terus.

Biji Bunga Matahari

Biji bunga matahari tidak hanya baik dikonsumsi oleh manusia. Ternyata, biji bunga matahari juga baik untuk dikonsumsi oleh lovebird.

Kemampuannya sebagai antiinflamasi, antioksidan tinggi, dan antihistamin sangat cocok diberikan sebagai pakan konslet lovebird. Dengan begitu, bermanfaat untuk menjaga kondisi tubuh dan sistem imun lovebird agar tidak mudah sakit.

Berikan biji bunga matahari yang dijual khusus untuk lovebird. Biasanya, biji bunga matahari untuk lovebird berukuran lebih kecil dibandingkan dengan yang umum dikonsumsi oleh manusia.

Baca Juga : 7 Langkah Sukses Beternak Lovebird

Pakan Lovebird Konslet Tambahan

Sawi Putih

Tentu Anda sering melihat para peternak lovebird memberikan pakan berupa sawi putih. Sawi putih sudah cukup terkenal sebagai pakan lovebird, karena memang memiliki manfaat yang baik untuk lovebird.

Sawi putih memiliki manfaat untuk memperlancar sistem pencernaan lovebird, mencegah pengeroposan tulang, dan menjaga berat badan lovebird tetap ideal. Sehingga tidak terjadi kegemukan akibat penimbunan lemak.

Jagung Muda

Jagung muda ataupun jagung manis bisa menjadi opsi sebagai pakan tambahan. Jagung muda ini terkenal dapat mendongkrak birahi burung agar semakin semakin dan menjadi tips jitu bikin lovebird konslet.

Jagung banyak dipilih ketika lovebird tampak kurang bersemangat dan enggan berkicau. Sehingga Anda bisa memberikan jagung muda ketika akan menghadapi pertandingan.

Jagung muda ini mengandung karbohidrat, protein, vitamin dan lemak yang cukup. Selain itu, kadar air tinggi yang ada didalamnya juga sangat baik untuk menjaga agar lovebird tidak mudah heat stress.

Toge Atau Kecambah

toge, tauge, atau kecambah adalah jenis sayuran untuk pakan konslet tambahan pada lovebird. Toge ini direkomendasikan untuk lovebird karena mengandung kadar air tinggi, antioksidan tinggi, vitamin dan asam amino.

Dengan begitu, kecambah bisa menjadi pilihan untuk digunakan sebagai pakan tambahan lovebird. Pilih toge yang masih baru bertunas, karena mengandung asam amino lebih tinggi dibandingkan yang sudah bertunas panjang.

Ciri-Ciri Vitamin Lovebird Konslet yang Baik

Cara membuat lovebird konslet selain pakan lovebird konslet, pelatihan, dan perawatan lovebird konslet adalah pemberian vitamin. Ciri-ciri vitamin lovebird konslet terbaik adalah yang mengandung multivitamin, mineral essensial dan non essensial, bakteri baik, hormone pertumbuhan alami, asam lemak, dan unsure nabati juga hewani yang sangat dibutuhkan oleh lovebird.

Vitamin lovebird konslet terbaik yang bisa Anda pilih adalah Suplemen Organik Cair GDM Spesialis Ternak. Sebab, produk ini mengandung:

  • Multivitamin,

  • Mineral essensial dan non essensial,

  • Bakteri baik (beneficial microorganism),

  • Hormone pertumbuhan alami,

  • Asam lemak,

  • Unsur nabati juga hewani untuk memenuhi kebutuhan lovebird.

Hanya dengan memberikan pakan utama, pakan tambahan dan menambahkan Suplemen Organik Cair GDM Spesialis Ternak, semua kebutuhan lovebird sudah terpenuhi. Sehingga Anda tidak perlu repot-repot memberikan jamu dan obat-obatan tambahan. Dengan begitu, biaya untuk perawatan lovebird konslet bisa lebih murah dan praktis.

Nah, itulah jenis-jenis pakan dan suplemen terbaik untuk lovebird yang bisa Anda pilih. Jangan lupa untuk melakukan perawatan dan pemasteran secara rutin ya.. agar lovebird Anda semakin konslet.

Se,oga bermanfaat artikel mengenai Jenis-Jenis Pakan dan Suplemen Terbaik Lovebird Konslet

Yuk di Share Jika Suka dengan Artikel Diatas

https://mediaxplore.com/wp-content/uploads/2020/05/lovebirdddii-300x178.jpg https://mediaxplore.com/wp-content/uploads/2020/05/lovebirdddii-90x90.jpg Eka CarolPendidikanPenulis TamuInformasi,PengetahuanJenis-Jenis Pakan Dan Suplemen Terbaik Lovebird Konslet - Cara bikin lovebird konslet ngekek terus salah satunya sangat dipengaruhi oleh kualitas pakan. Pakan lovebird konslet harus mempertimbangkan nutrisi, vitamin, kadar air, protein, lemak dan unsur lainnya. Jenis-Jenis Pakan dan Suplemen Terbaik Lovebird Konslet Atas pertimbangan itulah, cara membuat lovebird konslet membutuhkan pertimbangan...Portal Media Informasi