Jenis Beras Unggulan Jenis Beras Unggulan yang Layak Kamu Beli –  Sebagai makanan pokok orang Indonesia, beras memiliki kebutuhan yang sangat besar dalam menyokong dunia konsumsi panganan pokok.

Tapi tahukan kamu kalau beras yang ada dipasaran itu memiliki kualitas dan rasa tersendiri. Istilahnya ada sebutan beras premium dan ada pula beras biasa.

Maka dari itulah sebab kenapa ada beras yang harga mulai 8000 / kilo hingga 80.000 / kilo nya. Tentunya ada perbedaan yang sangat signifikan baik dari segi rasa, tekstur, hingga aromanya.

Jenis Beras Unggulan

Berikut ini akan kami coba ulas beberapa jenis beras unggulan yang sering ditemui dan dikonsumsi masyarakat Indonesia.

1. Beras Basmati

Siapa sih yang gak tahu beras super premium yang berasal dari Timur tengah ini?. Beras adalah jenis beras premium dengan harga yang super mahal dibandingkan jenis beras apapun. Bentuk yang panjang menjadi ciri utama beras ini.

Pakistan dan India menjadi sentra utama produksi padi ini. Namun di Indonesia sendiri pun sudah mulai dikembangkan jenis padi basmati oleh pemerintah. Dengan hasil yang tak kalah unggul pula.

Untuk harga per kilo beras ini normalnya dikisaran 45-75 ribu. Merk yang paling populer adalah Abu Kass. Jenis sella basmati dipilih banyak orang karena rasanya yang enak, gurih, pulen dan tentunya beraroma wangi.

Salah satu alasan lain kenapa beras ini begitu luar biasanya mahal adalah karena untuk mendapatkan beras unggulan dibutuhkan waktu yang begitu lama. Paling tidak membutuhkan waktu minimal 3 tahun penyimpanan sebelum dikeluarkan ke pasar. Idealnya waktu 5-7 tahun untuk kualitas rasa yang terbaik.

2. Beras Pandan Wangi

Kalau yang satu ini merk lokal terbaik. Ada jenis lain seperti rojolele dan IR 64, tapi jenis itu tidak memiliki aroma yang wangi seperti pandan wangi ini.

Maka dari itu, beras pandan wangi dipasarkan dengan harga yang sedikit lebih mahal. Terlebih untuk jenis pandan wangi organik, biasanya dijual pada angka 16 ribu rupiah per kilonya.

Namun untuk mendapatkan beras ini pun sekarang lumayan sulit. Penyebab utamanya adalah karena petani sudah jarang yang menanam jenis ini. Selain karena rentan hama, padi ini pun memiliki potensi hasil yang rendah dibandingkan varietas unggul baru seperti padi m400.

3. Padi Japonica

Seperti namanya, beras japonica ini berasal dari Jepang. Maka dari itu sering disebut juga sebagai beras jepang. Beras ini berasal dari padi japonica yang saat ini pun sudah bisa dibudidayakan di negara kita.

Ciri khas utama padi ini memiliki bentuk yang bulat dan kecil tidak seperti padi lainnya. Dari segi rasa pun dibilang enak dan pulen. Maka dari itu, beras premium satu ini sering digunakan sebagai makanan khas jepang layaknya sushi.

Itulah beberapa macam jenis beras unggulan premium yang bisa kalian coba untuk menikmatinya. Walau harganya mahal, tapi itu setara dengan kualitas dan rasanya.

Semoga bermanfaat artikel mengenai Jenis Beras Unggulan

Yuk di Share Jika Suka dengan Artikel Diatas

https://mediaxplore.com/wp-content/uploads/2019/05/Jenis-Beras-Unggulan-300x178.jpghttps://mediaxplore.com/wp-content/uploads/2019/05/Jenis-Beras-Unggulan-90x90.jpgLief AzafaPenulis TamuPertanianInformasi,Pengetahuan,PertanianJenis Beras Unggulan yang Layak Kamu Beli -  Sebagai makanan pokok orang Indonesia, beras memiliki kebutuhan yang sangat besar dalam menyokong dunia konsumsi panganan pokok. Tapi tahukan kamu kalau beras yang ada dipasaran itu memiliki kualitas dan rasa tersendiri. Istilahnya ada sebutan beras premium dan ada pula beras biasa. Maka dari...Portal Media Informasi