Alergi pada BayiInilah Penyebab Alergi pada Bayi dan Cara Mengatasinya – Mediaxplore.com Alergi pada bayi menimbulkan kekhawatiran tersendiri bagi setiap orang tua. Bayi menangis karena kehausan saja sudah membuat Anda tidak tega, apalagi jika harus melihat bayi rewel akibat alergi yang dialaminya. Namun dalam situasi seperti ini sebaiknya Anda tetap bersikap tenang agar bisa mengatasi alergi pada bayi dengan baik.

Inilah Penyebab Alergi pada Bayi dan Cara Mengatasinya

Seperti yang diketahui bahwa kulit bayi masih sangatlah sensitif. Sehingga menjadi tugas orang tua lah untuk memastikan bahwa anak terjaga dengan baik. Hal ini bisa dimulai dengan memberikan kosmetik perawatan kulit bayi yang tepat, selektif memilih makanan apa yang akan Anda konsumsi dan tentu saja harus memastikan bahwa lingkungan senantiasa bersih.

Mengenal Penyebab  Alergi pada Bayi

Alergi menjadi salah satu gangguan kulit yang sering menyerang bayi. Mengenai penyebabnya pun bermacam-macam. Ada yang disebabkan faktor genetik, namun ada pula yang disebabkan oleh makanan. Bahkan faktor lingkungan pun memungkinkan bayi menjadi penyebab alergi pada bayi.

Kendati demikian faktor paling umum yang menyebabkan timbulnya alergi adalah makanan. Jenis makanan yang bisa menjadi pemicu alergi adalah susu, kacang, telur, ikan, kerang dan lainnya.

Selain itu, penggunaan kosmetik perawatan kulit bayi pun juga menjadi pertimbangan tersendiri. Mulai dari bedak bayi, minyak telon bayi, bahkan detergen untuk mencuci pakaian bayi dengan detergen terbaik pun menjadi keharusan. Beruntungnya kini sudah ada detergen Rinso yang diformulasi khusus sehingga ramah dengan kulit bayi.

Gejala Alergi pada Bayi

Alergi tidak muncul seketika usai anak diberi makanan tertentu. Ya, ada gejala yang menyertai akan adanya reaksi alergen tersebut. Berikut adalah gejala-gejala alergi pada bayi yang perlu Anda ketahui.

  1. Muntah
  2. Bagian wajah, lidah, dan bibir mengalami pembengkakan
  3. Terdapat ruam-ruam merah diiringi dengan gerakan menggaruk oleh si kecil
  4. Adanya gangguan pencernaan, seperti diare
  5. Mendadak sesak
  6. Pingsan
  7. Bersin terus-menerus

Itulah gejala-gejala munculnya alergi pada bayi yang paling sering terjadi. Apabila Anda mendapati gejala tersebut ada pada si kecil, upayakan untuk segera memeriksakan si kecil pada dokter untuk mendapatkan penanganan medis.

Mengatasi Alergi pada Bayi

Alergi bisa diatasi dengan baik apabila Anda mengetahui penyebab munculnya alergi itu sendiri. Misalnya, ketika alergi tersebut muncul karena disebabkan makanan, maka Anda bisa menghentikan memberikan jenis makanan yang menyebabkan timbulnya alergi.

Namun alergi ini muncul bukan hanya karena Anda memberikan makanan tertentu pada bayi, sebab apa-apa yang Anda konsumsi pun turut berpengaruh pada bayi. Jadi, ini juga menjadi PR bagi Anda pribadi untuk selektif memilih makanan.

Namun alangkah baiknya Anda segera membawa anak ke dokter apabila mendapati muncul alergi pada kulit bayi. Terlebih jika kali ini merupakan kali pertama bayi mengalami alergi sehingga Anda pun belum berpengalaman dalam mengatasinya.

Selain itu, pastikan Anda juga menciptakan lingkungan yang bersih untuk si kecil mengingat bayi masih sensitif dengan debu.

Demikianlah ulasan seputar penyebab alergi pada bayi, gejala hingga cara mengatasi alergi pada bayi. Melihat anak tumbuh dengan sehat, ceria dan cerdas adalah harapan tiap orang tua. Oleh karena itu penting bagi Anda untuk merawat dan menjaga anak dengan baik.

Selalu ingat bahwa daya tahan tubuh si kecil belumlah sekuat daya tahan orang dewasa, sehingga apa-apa yang dinilai baik untuk orang tua belum tentu baik jika diberikan pada bayi.

Semoga bermanfaat artikel mengenai Penyebab Alergi pada Bayi dan Cara Mengatasinya

Yuk di Share Jika Suka dengan Artikel Diatas

https://mediaxplore.com/wp-content/uploads/2018/09/Alergi-pada-Bayi.jpghttps://mediaxplore.com/wp-content/uploads/2018/09/Alergi-pada-Bayi-150x150.jpgLief AzafaAdvertorialContent PlacementInboundidKesehatanParentingAnak,Bayi,Informasi,Kesehatan,Parenting,Pengetahuan,TipsInilah Penyebab Alergi pada Bayi dan Cara Mengatasinya - Mediaxplore.com Alergi pada bayi menimbulkan kekhawatiran tersendiri bagi setiap orang tua. Bayi menangis karena kehausan saja sudah membuat Anda tidak tega, apalagi jika harus melihat bayi rewel akibat alergi yang dialaminya. Namun dalam situasi seperti ini sebaiknya Anda tetap bersikap...Portal Media Informasi