Budidaya Ikan GabusUsaha budidaya ikan gabus memang menggiurkan bagi para pelaku bisnis yang terjun di bidang perikanan. Ikan gabus adalah salah satu ikan buas pemakan segala benih ikan. Bahkan, ikan gabus juga memangsa serangga-serangga yang ada di air dan ikan dewasa yang hidup di habitat asalnya.

Ikan yang berasal dari Indonesia ini bisa dijumpai di perairan air tawar, sungai, waduk dan juga rawa-rawa. Sayangnya, ikan yang juga dikenal dengan haruan, kutuk, bale salo, kocolan, bogo, bayong dan licingan ini semakin sulit untuk dijumpai. Untuk itu, budidaya ikan gabus akan mendatangkan banyak keuntungan bagi kita, khususnya dalam hal finansial.

Ini Dia Tips Budidaya Ikan Gabus dengan Panen Melimpah

Ikan gabus memiliki nutrisi yang baik untuk kesehatan tubuh. Bukan saja restoran atau rumah makan yang menjadi konsumen ikan gabus. Banyak juga konsumen pribadi yang sering membeli ikan gabus karena bisa menjadi lauk yang bergizi. Bagi Anda yang ingin meraup untung di dunia perikanan, maka Anda bisa menjadikan usaha budidaya ini sebagai pilihan. Untuk bisa mendapatkan panen ikan gabus yang melimpah, Anda harus melakukan beberapa hal berikut ini:

  1. Memilih Tempat

Terdapat beberapa tempat budidaya ikan yang bisa dipilih oleh para peternak, mulai dari kolam semen, kolam tanah, kolam beton hingga kolam terpal. Setiap jenis kolam memiliki karakteristik yang berbeda sehingga Anda harus bisa menyesuaikan dan memilih yang terbaik. Anda juga harus melihat modal awal yang dimiliki karena biasanya modal awal masih terbatas sehingga Anda harus lebih bijak dalam memilih. Kolam rekomendasi yang bisa anda gunakan untuk budidaya ikan gabus adalah dengan menggunakan kolam terpal bundar, karena kolam ini memiliki banyak kelebihan dibandingkan dengan kolam jenis lain.

  1. Memilih Indukan Ikan Gabus

Indukan ikan gabus yang unggul tentunya memiliki potensi lebih besar dalam menghasilkan telur yang unggul juga. Anda harus memastikan bahwa indukan ikan gabus yang dipilih adalah indukan yang bagus, aktif dan sehat. Terdapat perbedaan induk jantan dan betina yang harus Anda perhatikan. Indukan jantan yang unggul memiliki bentuk kepala oval, sedangkan betina bulat. Warna tubuh juga berbeda, sedikit gelap untuk jantan dan warna kontras terang untuk betina.

  1. Memulai Pemijahan dan Penetasan Telur

Pemijahan dilakukan paling tidak pada 20 sampai 30 indukan. Biarkan ikan gabus selama 3 atau 4 hari di dalam kolam pemijahan tersebut. Usahakan, air terus mengalir selama proses ini. pasalnya, dalam pemijahan ini, ikan gabus akan menghasilkan sekitar 11.000 butir telur. Dalam waktu sehari, biasanya telur tersebut akan menetas.

  1. Merawat Larva Ikan Gabus

Telur yang sudah menetas kemungkinan tidak akan tumbuh semua. Terkadang ada beberapa larva yang tidak tahan sehingga tidak bisa tumbuh lagi. Oleh karena itu, Anda harus menjaganya degan benar agar banyak larva ikan gabus yang mampu tumbuh besar. Perawatan ini juga harus disesuaikan dengan usia larva ikan tersebut.

  1. Menebarkan Benih

Pada umumnya, penebaran benih dilakukan saat ikan berusia anak, yakni sekitar 2 Minggu. Setelah 2 hari, biasanya peternak sudah mulai memberikan pakan yang biasa diberikan, yaitu pellet.

  1. Memberikan Pakan Secara Rutin

Pellet bisa menjadi pakan utama ikan gabus, meskipun ada juga jenis makanan lain yang tak kalah bernutrisi, yaitu sisa daging ampasan, anakan rayap, dan ikan teri. Sebagai ikan kanibal, Anda harus melakukan kontrol terhadap ikan gabus agar mereka tidak saling memasang.

Keuntungan berlipat memang sangat menarik bagi para peternak ikan gabus. Belum lagi dengan cara pemeliharaan yang cukup mudah menjadikan budidaya ikan gabus sebagai pekerjaan yang menjanjikan.

Semoga bermanfaat artikel mengenai budidaya ikan gabus

Yuk di Share Jika Suka dengan Artikel Diatas

https://mediaxplore.com/wp-content/uploads/2019/04/Budidaya-Ikan-Gabus.jpghttps://mediaxplore.com/wp-content/uploads/2019/04/Budidaya-Ikan-Gabus-150x150.jpgLief AzafaPenulis TamuUmumWirausahaInformasi,Pengetahuan,WirausahaUsaha budidaya ikan gabus memang menggiurkan bagi para pelaku bisnis yang terjun di bidang perikanan. Ikan gabus adalah salah satu ikan buas pemakan segala benih ikan. Bahkan, ikan gabus juga memangsa serangga-serangga yang ada di air dan ikan dewasa yang hidup di habitat asalnya. Ikan yang berasal dari Indonesia ini...Portal Media Informasi