Beli Mobil BekasIngin Beli Mobil Bekas ? Beberapa Tips Berikut Mungkin Bermanfaat –  Mediaxplore.com Industri mobil sekarang ini kian pesat di Indonesia. Banyak para  perusahaan produsen otomotif khususnya mobil memproduksi mobil dengan pembaharuan tipe atau model setiap tahunnya. Masuknya pemain industri otomotif baru kian menambah sengit pertarungan di pasar. Wuling sebagai contohnya telah memproduksi mobil dengan harga yang sangat menarik bagi konsumen ketimbang para senior atau kompetitornya terdahulu. Mobil dengan harga yang relatif murah akan sangat menarik minat konsumen. Konsumen tentunya akan membeli mobil dengan menyesuaikan kebutuhan dan kemampuan ekonominya masing-masing. Salah satunya dengan membeli mobil baru yang murah ataupun beli mobil bekas.

Mobil keluaran baru dengan harga yang murah kebanyakan merupakan mobil LCGC artinya mobil yang didesain dan dibuat dengan biaya produksi yang rendah dan ramah lingkungan. Dengan harga yang murah tentunya ada aspek tertentu yang harus dikorbankan, diantaranya keamanan, kenyamanan dan durabilitas. Faktor-faktor tersebut menjadi beberapa aspek yang penting bagi pengendara apabila bepergian ke luar kota dengan jarak yang jauh apalagi medan yang ditempuh belum tentu jalannya mulus.

Di tengah-tengah gempuran mobil baru dengan harga yang relatif murah di pasaran tidak membuat pasar mobil bekas mati begitu saja. Permintaan konsumen akan mobil bekas tetap akan masih ada walau sekarang ini menunjukkan tren yang  menurun. Para penjual mobil bekas juga menawarkan berbagai cara pembayaran yaitu cash dan kredit untuk menarik minat konsumen. Konsumen memiliki pertimbangan sendiri dalam memilih untuk beli mobil bekas kredit atau baru. Apalagi dengan banyaknya mobil baru murah di pasaran mengakibatkan mobil bekas menjadi turun harga. Oleh karena itu beberapa konsumen memilih mobil bekas dengan harga murah tetapi memiliki kualitas yang lebih bagus.

Mobil bekas murah juga menjadi pilihan bagi para pemodifikasi mobil untuk menyalurkan hobi dan bakat mereka. Biasanya mereka akan memodifikasi eksterior maupun interior dengan mobil bekas murah secara ekstrem sesuai keinginan. Walaupun akan dimodifikasi pembeli akan memilih mobil bekas yang juga masih berkualitas prima.

Ingin Beli Mobil Bekas ? Beberapa Tips Berikut Mungkin Bermanfaat

Memilih mobil bekas murah yang berkualitas prima itu tidaklah mudah. Banyak orang yang kecewa setelah beli mobil bekas murah tersebut.  Banyak yang tertipu karena ternyata mobil bekas yang mereka beli dalam kondisi yang banyak masalah. Apalagi sekarang ini semakin banyak cara untuk mengubah mobil bekas yang berkualitas buruk menjadi nampak bagus. Misalnya mobil bekas banjir, bekas tabrakan/kecelakaan, hingga dokumen-dokumen yang masih bermasalah.

Mobil bekas terendam banjir manjadi yang paling riskan karena komponen-komponen elektrikal yang ada di dalamnya akan mudah korsleting. Misalnya komponen ECU (Electronik Control Unit) pada mobil. ECU secara umum berperan sebagai sirkuit utama atau central controller. Pada mobil, ECU mengendalikan beberapa hardware berupa aktuator yang berfungsi menggantikan sistem mekanis seperti Electric Fan, VVT, injektor, dan lainnya. Apabila komponen ECU ini rusak maka biaya penggantiannya sangat mahal. Oleh karena itu beberapa pemilik mobil akan mengotak-atiknya saja kemudian menjualnya. Sementara kondisi tersebut tidak terlihat tapi dalam jangka panjang pembeli harus membayar mahal.

Contoh Gambar ECU

Contoh Gambar ECU pada MobilPembeli harus waspada jangan sampai dibuat kecewa dan rugi jutaan rupian karena tertipu misalnya seperi kerusakan pada ECU. Berikut ini kami akan memberikan tips-tips untuk anda sebelum membeli mobil bekas:

  1. Jika harga dikira sangat murah, jangan mudah tergiur

Mobil bekas yang dijual sangat murah dibandingkan harga mobil baru setipe perlu untuk dicurigai. Pastikan motif penjualan mobil tersebut dijual terlalu murah.

  1. Cek Dokumen kendaraan

Pastikan surat-surat kendaran secara lengkap sehingga mobil tersebut tidak mobil curian atau yang berhubungan dengan perbuatan ilegal lainnya.

  1. Tidak tergesa-gesa untuk membeli

Saat kalian akan membeli mobil bekas lebih baik meninjau atau mengecek harga-harga beberapa mobil bekas melalui toko online maupun yang secara langsung datang ke dealer. Bandingkanlah harga-harga dengan mobil setipe yang akan dicari. Mengecek dan menanyakan kondisi mobil sampai detail sangat perlu atau uji coba untuk dikendarai.

  1. Cek kondisi bodi mobil

Mobil bekas biasa dijual karena alasan tertentu misalnya sudah mengalami kecelekaan sehingga mengakibatkan bodi mobil sudah tidak dalam kondisi seperti semula. Cek mulai dari bagian interior dan eksterior mobil. Misalnya pada bagian cat yang sudah pernah ditambal atau belum, pada pintu atau kusen pintu, dan lainlain. Selain itu, anda bisa mengajak teman yang berpengalaman dalam hal tersebut.

  1. Membeli ditempat yang sudah terpercaya

Anda dapat membeli mobil bekas di dealer atau tempat terpercaya yang sudah memiliki brand besar. Tempat yang sudah memiliki nama sedikit kemungkinan untuk melakukan penipuan karena mereka berusaha menjaga reputasi atau nama baik mereka. Jika kalian membeli dengan perorangan, pastikan kalian berkomunikasi dan menggali informasi tentang penggunaan mobil tersebut secara mendalam.

  1. Mengecek kondisi mesin

Kondisi mesin merupakan bagian yang paling penting untuk diperhatikan dan dipertimbangkan sebelum memutuskan membeli mobil bekas murah. Untuk mengecek kondisi mesin ini dibutuhkan keahlian dibidang perotomotifan khususnya mesin mobil. Sebaiknya anda mengajak teman atau seorang teknikal untuk mengecek.

Semoga bermanfaat artikel mengenai bweberapa Tips sebelum memutuskan untuk Beli Mobil Bekas

Yuk di Share Jika Suka dengan Artikel Diatas

https://mediaxplore.com/wp-content/uploads/2019/03/Beli-Mobil-Bekas.jpghttps://mediaxplore.com/wp-content/uploads/2019/03/Beli-Mobil-Bekas-150x150.jpgLief AzafaAdvertorialKendaraanMobilOtomotifVira IDInformasi,Kendaraan,Otomotif,Tips,Vira IDIngin Beli Mobil Bekas ? Beberapa Tips Berikut Mungkin Bermanfaat -  Mediaxplore.com Industri mobil sekarang ini kian pesat di Indonesia. Banyak para  perusahaan produsen otomotif khususnya mobil memproduksi mobil dengan pembaharuan tipe atau model setiap tahunnya. Masuknya pemain industri otomotif baru kian menambah sengit pertarungan di pasar. Wuling sebagai...Portal Media Informasi