Hal yang Memicu Timbulnya Nyeri Haid Parah pada WanitaHal yang Memicu Timbulnya Nyeri Haid Parah pada Wanita – Meski tidak semua wanita mengalami rasa nyeri saat haid datang, namun banyak di antaranya mengaku bahwa haid mereka juga diiringi oleh nyeri pada beberapa bagian tubuh. Beberapa mengaku nyeri haidnya normal dan tidak terlalu mengganggu aktivitas.

Hal yang Memicu Timbulnya Nyeri Haid Parah pada Wanita

Sementara yang lainnya mengaku nyeri haid menyebabkan mereka tak mampu beraktivitas. Penyebab nyeri haid sendiri bermacam-macam seperti di bawah ini.

  • Penyebab Timbulnya Nyeri Haid

Nyeri haid terdiri dari dua jenis yaitu dismenore prime juga sekunder. Dismenore primer merupakan rasa nyeri akibat haid yang muncul pada saat awal menstruasi. Sementara dismenore sekunder terjadi lebih lama sebelum masa menstruasi dan disebabkan oleh adanya masalah pada organ reproduksi seperti berikut ini:

    • Fibroid

Fibroid merupakan sejenis tumor yang tumbuh di dalam rahim namun tidak bersifat kanker. Adanya fibroid akan memicu rasa sakit saat menstruasi.

    • Endometriosis

Kondisi ini adalah kondisi dimana sel yang harusnya tumbuh di dalam rahim justru tumbuh di bagian luar rahim. Tumbuhnya sel di luar rahim akan memicu rasa sakit yang berlebihan saat menstruasi.

    • Adenomiosis

Rasa nyeri saat datang bulan akan muncul saat jaringan yang biasanya tumbuh di lapisan dalam rahim justru tumbuh pada otot dinding rahim. Alhasil, nyeri saat menstruasi pun menjadi tidak tertahankan.

    • Radang Panggul

Adanya radang atau infeksi pada panggul akan memicu rasa sakit yang berlebihan saat menstruasi. Radang ini biasanya timbul di ovarium, rahim dan tuba falopi.

  • Kondisi Penyebab Nyeri Haid Menjadi Lebih Berisiko

    • Menstruasi Pertama Terlalu Awal

Menstruasi sebelum usia 11 tahun lebih memperbesar risiko nyeri haid semakin parah.

    • Volume Haid yang Berlebih

Volume haid yang terlalu banyak dapat memperbesar kemungkinan rasa sakit saat haid semakin parah. Rasa sakit seperti kram perut, sakit kepala, dan sebagainya dapat lebih mudah terjadi.

    • Obesitas

Seseorang yang kelebihan berat badan sangat mungkin mengalami nyeri haid lebih parah.

Bagi mereka yang mengalami menstruasi tak lancar sangat penting menggunakan kalkulator masa subur haid tidak teratur.

Sumber Gambar : https://menstruasi.com/assets/frontend/img/imgMenstruasi/header-article-menstruasi-sakit.png

Yuk di Share Jika Suka dengan Artikel Diatas

https://mediaxplore.com/wp-content/uploads/2019/12/Hal-yang-Memicu-Timbulnya-Nyeri-Haid-Parah-pada-Wanita-300x178.jpg https://mediaxplore.com/wp-content/uploads/2019/12/Hal-yang-Memicu-Timbulnya-Nyeri-Haid-Parah-pada-Wanita-90x90.jpg Lief AzafaKesehatanSosiagoUmumInformasi,Kesehatan,Pengetahuan,SosiagoHal yang Memicu Timbulnya Nyeri Haid Parah pada Wanita - Meski tidak semua wanita mengalami rasa nyeri saat haid datang, namun banyak di antaranya mengaku bahwa haid mereka juga diiringi oleh nyeri pada beberapa bagian tubuh. Beberapa mengaku nyeri haidnya normal dan tidak terlalu mengganggu aktivitas. Hal yang Memicu Timbulnya...Portal Media Informasi