Dermatitis SeboroikFakta Terbaru Tentang Dermatitis Seboroik – Kulit terasa gatal tanpa henti? Tentunya rasa itu menimbulkan perasaan tidak nyaman. Biasanya permasalahan yang terjadi umumnya akibat jamur karena tubuh memproduksi minyak berlebih, sehingga menyebabkan peradangan dermatitis seboroik.

Fakta-fakta Mengenai Dermatitis Seboroik

Peradangan kulit merupakan penyakit umum terjadi. Namun nyatanya, masih ada beberapa hal mengenai inflamasi jenis dermatitis seboroik yang banyak orang belum mengetahuinya, meskipun pernah mengalaminya. Fakta-fakta itu meliputi:

  1. Dermatitis Seboroik Bukanlah Ketombe

Sejauh ini banyak orang mengira bila dermatitis seboroik merupakan ketombe. Nyatanya pemikiran itu tidaklah benar, meskipun jika melihat gejalanya hampir sama. Pasalnya inflamasi tersebut menimbulkan efek serpihan-serpihan kulit berwarna putih yang mengelupas.

Secara garis besar, ada perbedaan mencolok antara kedua inflamasi ini yakni lokasinya. Jika ketombe muncul pada area kulit kepala saja, lain halnya dengan dermatitis seboroik. Pasalnya, peradangan itu menyerang daerah-daerah berminyak, seperti belakang telinga dan wajah.

  1. Inflamasi Paling Umum Terjadi

Selain jerawat, nyata dermatitis seboroik merupakan peradangan kulit yang umum dan menyerang banyak orang. Mulai dari bayi, dewasa hingga lanjut usia. Fase aktif inflamasi ini biasanya muncul ketika musim dingin.

Kemudian jamur Malassezia salah satu penyebab dermatitis seboroik mengalami remisi ketika musim panas. Faktor inilah yang menyebabkan munculnya komplikasi sehingga mengakibatkan peradangan kulit pada area berminyak seperti punggung, kepala, paha maupun wajah.

  1. Tidak Bisa Sembuh  

Fakta penting lainnya yang patut Anda ketahui tentang dermatitis seboroik yakni inflasi ini memang tidak berbahaya maupun menular. Meskipun begitu, gejala peradangan dapat hilang dengan sendirinya. Namun apabila tidak ada penanganan segera tentu efeknya semakin parah.

Efek inflamasi seperti rasa gatal, bercak kemerahan dan kulit bersisik memang bisa diobati. Namun, ketika semuanya sudah reda gejala-gejala itu dapat muncul kembali. Utamanya saat ada faktor pemicunya, seperti stress.

  1. Metode Pengobatannya Berbeda

Seperti penjelasan sebelumnya jika inflamasi kulit ini tidak bisa sembuh. Namun ada beberapa cara untuk mengobati gejalanya. Tentunya masing-masing metodenya sesuai dengan tingkat keparahan peradangan, usia penderita serta lokasinya.

Jika bayi mengalami inflamasi di kulit kepala, maka tidak memerlukan cara khusus. Pasalnya, peradangan ini bisa sembuh sendiri. Namun apabila terjadi pada orang dewasa, metode pengobatannya dapat dengan menggunakan shampo anti ketombe dan barrier-repair cream.

  1. Dermatitis Seboroik Dapat Dicegah

Meskipun tidak bisa sembuh, namun Anda tidak perlu khawatir. Pasalnya, peradangan kulit ini dapat dicegah. Mengingat penyebab dermatitis seboroik adalah jamur, maka cara paling ampuh adalah menjaga kebersihan, memenuhi kebutuhan antioksidan dan menjaga imunitas tubuh.

Cara ampuh lainnya yakni mengatur pola hidup sehat dengan mencegah faktor pemicu seperti stress. Faktanya, pada beberapa kasus khusus dermatitis seboroik muncul beserta gangguan kesehatan lainnya, contohnya jerawat dan kebotakan.

  1. Pria Cenderung Mengalami Dermatitis Seboroik

Meskipun dermatitis seboroik bisa menyerang siapa saja. Namun kaum pria memiliki kecenderungan besar mengalami inflamasi ini. Pasalnya, pria dewasa lebih banyak melakukan aktivitas fisik sehingga produksi keringat juga banyak.

Kondisi ini menyebabkan beberapa area tubuh berminyak menjadi lembab. Tempat-tempat seperti itulah yang menjadi lokasi favorit jamur untuk berkembang biak. Faktor itu semakin parah, apabila terdapat luka pada kulit sehingga infeksi bisa menyebar hingga ke lapisan paling dalam.

Demikianlah ulasan singkat mengenai fakta-fakta dermatitis seboroik yang belum banyak orang ketahui. Semoga dengan informasi ini bisa menambah wawasan serta menjadi sumber solusi, utamanya bagi Anda penderita inflamasi kulit sejenis.

Sumber Gambar : https://imgcdn.femaledaily.com/2019/08/Dermatitis-Seboroik-5.jpg

Yuk di Share Jika Suka dengan Artikel Diatas

https://mediaxplore.com/wp-content/uploads/2020/09/Dermatitis-Seboroik-300x178.jpg https://mediaxplore.com/wp-content/uploads/2020/09/Dermatitis-Seboroik-90x90.jpg Lief AzafaKesehatanVira IDInformasi,Kesehatan,Pengetahuan,Vira IDFakta Terbaru Tentang Dermatitis Seboroik - Kulit terasa gatal tanpa henti? Tentunya rasa itu menimbulkan perasaan tidak nyaman. Biasanya permasalahan yang terjadi umumnya akibat jamur karena tubuh memproduksi minyak berlebih, sehingga menyebabkan peradangan dermatitis seboroik. Fakta-fakta Mengenai Dermatitis Seboroik Peradangan kulit merupakan penyakit umum terjadi. Namun nyatanya, masih ada beberapa hal...Portal Media Informasi