Ruam Popok BayiCiri-Ciri, Penyebab, dan Cara Mengatasi Ruam Popok Bayi – Mediaxplore.com Memiliki anak adalah anugerah yang indah. Dari masa kehamilan sudah merasakan kebahagiaan yang tidak ada tara. Perawatan kesehatan sampai masa melahirkan tiba pun dilakukan. Namun masih saja ada masalah seperti ruam popok bayi. Ini dikarenakan memang tubuh bayi sangatlah sensitif.

Ciri-Ciri, Penyebab, dan Cara Mengatasi Ruam Popok Bayi

Ruam popok bayi ini menyerang kulit bayi. Kesensitifan ini membuat ibu harus ekstra hati-hati dalam merawat kelembaban dan kesehatan kulit bayi. Saat-saat ada masalah, bayi tidak bisa mengatakan keluhannya. Bayi hanya akan menangis karena merasa tidak nyaman. Ini pun akan meresahkan orangtua.

Ciri-Ciri Ruam Popok Bayi

Ciri-ciri bayi yang mengalami ruam popok ini bisa dilihat dengan jelas pada beberapa bagian kulit bayi, yakni pada bagin paha, bokong, dan beberapa daerah kulit sensitif lainnya. Pada area tersebut timbul bercak-bercak merah atau titik-titik merah.

Hampir semua bayi mengalami ruam ini. Mereka akan rewel dan lebih manja daripada biasanya. Bayi akan merasa tidak nyaman, sehingga bayi akan menagis dan terus menangis.  Bahkan jika terlalu parah, bayi akan terkena demam.

Penyebab Munculnya Ruam Popok Bayi

Setiap permasalahan yang dialami bayi selalu ada penyebabnya. Begitu pun dengan masalah ruam popok ini. Biasanya disebabkan oleh kesalahan atau ketidakcocokan pemakaian produk bayi, kurangnya kepedulian ibu akan kebersihan bayi setelah BAB dan kencing sehingga kulit bayi terlalu lama kontak dengan kotoran, lecet pada kulit karena gesekan, karena proses awal MPASI, serta juga dikarenakan terinfeksi jamur dan bakteri.

Tips Mengatasi Ruam Popok Bayi

Jangan sepelekan penderitaan bayi dengan ruam popoknya. Karena jika dibiarkan akan membuat bayi tidak nyaman dan merasa tersiksa. Ruam popok ini menimbulkan rasa panas dan gatal pada kulit bayi.

 Segera atasi ruam popok bayi dengan hal-hal berikut :

  • Jaga kelembaban kulit bayi. Hal ini penting, karena kulit yang lembab akan membuat kulit lebih terlindung dari jamur dan virus. Cara melembabkan kulit bayi ini adalah dengan menggunakan produk pelembab khusus bayi, bisa juga dengan Vaselin.
  • Jaga kebersihan kulit bayi, dengan rajin membersihkan langsung kulit bayi setelah BAB atau kencing. Caranya adalah dengan rajin mengganti popok bayi.
  • Jangan memakaikan popok bayi terlalu ketat. Ini akan menimbulkan bayi kurang leluasa untuk bergerak dan berakibat banyak gesekan yang menyakitkan. Apalagi di bagian selakangan bayi atau di pinggang bayi.
  • Jangan menggunakan tissue bayi dan produk bayi yang mengandung parfum dan alkohol.
  • Tangan ibu harus bersih dan steril saat memegang kulit bayi. Gunakan sabun tangan khusus untuk menjaga kebersihan tangan.
  • Gunakan baju bayi yang berbahan katun yang adem. Sehingga tidak menyebabkan biang keringat.

Kebersihan adalah kunci utama dalam menghadapi masalah ruam popok bayi. Mengetahui ciri-cirinya, gejalanya, dan cara mengatasinya adalah pengetahuan penting yang harus dimiliki oleh ibu.

Yuk di Share Jika Suka dengan Artikel Diatas

https://mediaxplore.com/wp-content/uploads/2017/12/Ruam-Popok-Bayi.jpghttps://mediaxplore.com/wp-content/uploads/2017/12/Ruam-Popok-Bayi-150x150.jpgLief AzafaAdvertorialInboundidParentingAnak,Bayi,Inboundid,Informasi,Pengetahuan,TipsCiri-Ciri, Penyebab, dan Cara Mengatasi Ruam Popok Bayi - Mediaxplore.com Memiliki anak adalah anugerah yang indah. Dari masa kehamilan sudah merasakan kebahagiaan yang tidak ada tara. Perawatan kesehatan sampai masa melahirkan tiba pun dilakukan. Namun masih saja ada masalah seperti ruam popok bayi. Ini dikarenakan memang tubuh bayi sangatlah...Portal Media Informasi