Cegah AnemiaCegah Anemia dengan Cara Berikut Ini  – Anemia merupakan kondisi dimana jumlah sel darah merah dalam tubuh lebih rendah daripada jumlah normal. Ibu hamil sangat rentan mengalami anemia karena kebutuhan tubuh akan zat besi pada masa kehamilan mengalami peningkatan.  Anemia pada Ibu hamil dapat menyebabkan kebutuhan zat besi tidak mencukupi. Oleh karena itu, kita perlu mengetahui pentingnya zat besi untuk mencegah anemia pada Ibu hamil.

Cegah Anemia dengan Cara Berikut Ini

Anemia merupakan salah satu hal yang harus diwaspadai pada masa kehamilan karena dapat membahayakan kondisi Ibu dan calon bayi. Pada calon bayi anemia dapat meningkatkan risiko persalinan prematur, atau rendahnya berat badan bayi saat lahir. Sedangkan pada Ibu, anemia dapat menyebabkan depresi dan kematian pasca persalianan. Berikut ini cara-cara yang bisa diikuti Ibu hamil untuk mencegah dan menurunkan risiko terkena anemia:

  • Konsumsi Makanan Kaya Zat Besi

Makanan yang mengandung zat besi dapat menjadi salah satu cara untuk mencegah dan mengatasi anemia. Ibu hamil disarankan untuk mengkonsumsi makanan dengan gizi yang seimbang, kemudian tambahkan makanan yang kaya akan zat besi seperti ikan, daging, sayuran berwarna hijau gelap, kacang-kacangan dan biji-bijian, telur, dan tahu.

  • Penuhi Asupan Zat Besi dengan Suplemen

Setiap harinya, Ibu hamil membutuhkan sekitar 27 miligram zat besi. Bila masih merasa khawatir asupan zat besi tidak terpenuhi selama masa kehamilan, Ibu hamil disarankan untuk mengonsumsi suplemen seperti yang ada pada situs berikut https://www.goapotik.com/produk/folamil-genio. Suplemen tersebut memiliki kandungan zat besi ini cukup dikonsumsi 1 kapsul sehari untuk mencegah anemia pada Ibu hamil.

  1. Penuhi Kebutuhan Vitamin C

Vitamin C ternyata dapat membantu mempercepat dan mengoptimalkan penyerapan zat besi pada tubuh. Untuk memaksimalkan serapan zat besi, Ibu hamil perlu mengkonsumsi makanan terutama buah-buahan yang mengandung vitamin C seperti jeruk, stroberi, kiwi, tomat, dan lain-lain.

Itulah  beberapa cara yang dapat diikuti untuk mencegah anemia pada masa kehamilan. Ibu hamil harus berhati-hati akan risiko anemia, karena dapat mengganggu kondisi kesehatan Ibu hamil dan perkembangan calon bayi. Untuk memastikan diagnosis anemia pada Ibu hamil, sebaiknya lakukan tes darah dan konsultasi dengan dokter untuk mengetahui kandungan zat besi dalam tubuh.

Yuk di Share Jika Suka dengan Artikel Diatas

https://mediaxplore.com/wp-content/uploads/2019/03/Cegah-Anemia.jpghttps://mediaxplore.com/wp-content/uploads/2019/03/Cegah-Anemia-150x150.jpgLief AzafaContent PlacementKesehatanSosiagoInformasi,Kesehatan,SosiagoCegah Anemia dengan Cara Berikut Ini  - Anemia merupakan kondisi dimana jumlah sel darah merah dalam tubuh lebih rendah daripada jumlah normal. Ibu hamil sangat rentan mengalami anemia karena kebutuhan tubuh akan zat besi pada masa kehamilan mengalami peningkatan.  Anemia pada Ibu hamil dapat menyebabkan kebutuhan zat besi tidak...Portal Media Informasi