Cara Membuat Ayam Pop Khas PadangCara Membuat Ayam Pop Khas Padang – Salah makanan yang cukup favorit ketika kita berkunjung ke rumah makan Padang adalah menu ayam pop. Hal yang perlu kamu tahu bahwa tidak semua rumah makan Padang ini menyediakan menu yang satu ini, walaupun ada ayam pop ini pasti seringkali cepat habis. Jika hal itu terjadi dari pada kamu jauh-jauh datang ke rumah makan Padang dan kamu kehabisan, kamu bisa loh coba membuatnya sendiri di rumah. Bahan dan bumbu untuk membuat ayam pop ini mudah ditemukan, selain ini cara masak ayam pop ini juga sangatlah sederhana. Pada kesempatan kali ini mari kita bahas mengenai cara membuat ayam pop yang mudah di rumah.

Cara Membuat Ayam Pop Khas Padang

Bahan- bahan yang harus disiapkan:

  • 1 ekor ayam kampung yang masih muda, ayam menjadi 4 bagian
  • 1 sendok makan air perasan jeruk nipis
  • 1 sdt garam halus
  • 1 liter air yang digunakan untuk merebus ayam
  • Minyak goreng secukupnya
  • 5 siung bawang merah kemudian di haluskan
  • 3 siung bawang putih kemudian haluskan
  • 3 lembar daun salam
  • Daun singkong secukupnya

Bahan- bahan saus sambal yang di rebus:

  • 10 buah cabai merah
  • 5 buah bawang merah
  • 1 buah tomat matang dan segar
  • 100 ml air
  • 2 buah tomat ukuran kecil
  • Garam dan gula pasir secukupnya

Cara membuat ayam pop khas Padang

  1. Langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah kuliti ayam, selanjutnya lumuri ayam yang tanpa kulit ini dengan air jeruk nipis dan juga garam sampai rata. Setelah itu diamkan ayam tadi selama kurang lebi 30 menit dalam lemari pendingin.
  2. Langkah kedua yang harus kamu lakukan adalah dengan didihkan air, kemudian masukkan ayam, bawang merah dan bawang putih yang sudah halus, garam, dan tidak ketinggalan daun salam. Langkah selanjutnya adalah Rebus ayam sampai matang dan juga lunak. Jika ayam sudah matang kamu bisa mengagkatnya dan tiriskan.
  3. Langkah ketiga yang harus kamu lakukan adalah panaskan minyak goreng yang sudah di siapkan di atas wajan dengan menggunakan api sedang, setelah minyak panas masukkan ayam dan goreng ayam yang sudah di ungkep sebentar saja. Jika sudah matang bisa kamu angkat dan juga tiriskan.
  4. Langkah keempat yang harus kamu lakukan adalah dengan membuat saus sambal, kamu perlu menghaluskan cabai, bawang merah, dan juga tomat yang sudah direbus tadi. Kemudian kamu panaskan 3 sendok makan minyak gireng untuk menumis bumbu, tumislah bumbu yang sudah di haluskan tadi sampai harum. Kemudian tuangkan air putih lalu aduk hingga merata dan masak sambal hingga mendidih.
  5. Langkah terakhir yang harus kamu lakukan adalah dengan memasukkan tomat utuh, kemudian jangan lupa untuk menambahkan garam dan juga gula pasir dan aduk hingga merata. Masak lah tomat sampai layu dan juga bumbu sambal matang.
  6. Ayam pop dan sambal yang kamu buat sudah bisa kamu sajikan.

Nah itu dia bahan-bahan dan juga cara membuat ayam pop di rumah. Ayam pop ini bisa kamu konsumsi dengan nasi hangat dan juga daun singkong yang sudah direbus. Cara membuat ayam pop sendiri dirumah ini sangatlah bukan? Jadi tunggu apa lagi segera belanja bahan-bahannya dan masaklah sendiri di rumah. Terimakasih ya sudah membaca artikel ini sampai selesai, semoga masakanmu berhasil!

https://mediaxplore.com/wp-content/uploads/2021/03/Cara-Membuat-Ayam-Pop-Khas-Padang-300x178.jpg https://mediaxplore.com/wp-content/uploads/2021/03/Cara-Membuat-Ayam-Pop-Khas-Padang-90x90.jpg Lief AzafaUmumInformasi,Pengetahuan,Resep MakananCara Membuat Ayam Pop Khas Padang - Salah makanan yang cukup favorit ketika kita berkunjung ke rumah makan Padang adalah menu ayam pop. Hal yang perlu kamu tahu bahwa tidak semua rumah makan Padang ini menyediakan menu yang satu ini, walaupun ada ayam pop ini pasti seringkali cepat habis. Jika...Portal Media Informasi

Yuk di Share Jika Suka dengan Artikel Diatas