Usaha Ternak Ikan Lele2 Kali Hampir Bunuh Diri, Pemuda ini Gulung Tikar Buka Usaha Ternak Ikan Lele, Alasan no 3 diluar Dugaan!!! – Mediaxplore.com Alasan tidak masuk akal seorang pemuda ingin mengakhiri hidupnya hanya gara-gara gagal panen budidaya ikan lele.

Anda seorang pembudidaya?, atau bukan seorang pembudidaya? Tidak masalah……. itu tidak menjadi sebuah permasalahan yang harus kita perdebatkan.. hehe.

Ada cerita seorang pemuda yang memiliki jiwa usahawan tinggi.. Namanya Syaipul.

Awalnnya syaipul ingin membangun usaha lele dengan modal yang cukup untuk berbudidaya ikan lele..
Dengan tekad dan keyakinannya, ia pun memulainya.. Membuat usaha budidaya ikan lele dengan menggunakan kolam tembok.

Dimana modal untuk membangun kolam lele yang terbuat dari tembok itu terbilang cukup mahal, bisa dibilang Syaipul menghabiskan hingga 10 juta ke atas dan uang syaipul pun habis untuk membuat kolam dan membeli seperangkat perlengkapan tambahan untuk berbudidaya ikan lele.

Dengan menggunakan bibit ikan lele yang bagus ia yakin untuk menekuni usaha ini. Perawatan intensif terus dilakukan Syaipul demi kesehatan ikan-ikan lele kesayangannya..

Setelah hampir dua minggu, ia terus melakukan perawatan intensif, mulai dari memberi makan, menguras dan membersihkan kolam dari kotoran, dan lain sebagainya..

Hasil keringat syaipul masih belum keluar.. Syaipul pun terus istiqomah melakukan perawatan terhadap ikan-ikannya itu. Karena ia yakin akan keberhasilannya di budidaya ikan lele itu.

Setelah 3 bulan berlalu…

Keyakinan itu tidak terbayarkan. Keyakinan Syaipul mulai meredup ketika sudah hampir 3 bulan tidak ada tanda-tanda akan berhasilnya usaha yang ia jalani ini.. dan ia hampir ingin mengakhiri hidupnya dua kali, pertama saat usia usahanya mulai memasuki umur 3 bulan, dan kedua kalinya ia ingin mengakhiri hidupnya ketika ia terjerat hutang dalam berbudidaya ikan lele tadi.

Ini Alasan kenapa Syaipul gulung tikar akibat usaha ternak lele!

1. Sulit Membudidayakan Ikan Lele

Budidaya ikan lele memang sulit jika tidak dilakukan dengan sepenuh hati, karena ini memakan banyak waktu dan pikiran. tetapi jika memang anda bisa, maka hasil yang akan anda dapatkan sangat luar biasa!

2. Menguras Tenaga dan Banyak Waktu

Butuh tenaga ekstra untuk membudidayakan ikan lele jika menggunakan kolam jenis dinding atau beton, karena selain membuang banyak waktu karena butuh pergantian air secara rutin, juga jika menggunakan kolam dinding memang perawatannya lebih sulit.

3. Salah Memilih Jenis Kolam Ikan

Pemilihan kolam oleh syaipul memang salah, karena akan begitu rumit jika menggunakan kolam dinding atau beton untuk budidaya ikan lele, meskipun mahal tetapi tidak efektif untuk berbudiday ikan lele.

Bangkitnya seorang Syaipul dari keterpurukan

Pemikiran dan pengambilan keputusan yang luar biasa yang diterapkan Syaipul ini patut ditiru oleh banyak orang, termasuk para pembudidaya ikan air tawar.

Syaipul merubah kolamnya yang mulanya dari dinding sekarang ia rubah menjadi kolam terpal bulat, dimana dengan menggunakan kolam terpal bulat syaipul lebih mudah untuk merawatnya dan kolam terpal bulat sendiri memiliki ketahanan hingga 6 tahun lamanya.

Selain itu, kolam terpal bulat hanya memerlukan lahan yang tidak begitu besar, dan juga tidak memerlukan perawatan intensif.

Keefektifan kolam terpal bulat ini sangat diakui Syaipul sang pemilik usaha.

Ia merasakan perbedaan penggunaan kolam jenis dinding atau beton dengan kolam jenis terpal berbentuk bulat.

Perbedaan yang sangat mencolok tersebut kemudian ia jadikan sebagai wawasan sehingga ia sudah mengambil langkah tepat merubah kolam jenis dinding ke kolam jenis terpal berbentuk bulat.

Dan pada akhirnya, setelah 2 bulan berlalu akhirnya Syaipul pun bisa panen dengan hasil maksimal dengan menggunakan kolam terpal bulat.

Penulis »» Ahmad Mujtahidin (https://kolamterpal.net/)

Yuk di Share Jika Suka dengan Artikel Diatas

https://mediaxplore.com/wp-content/uploads/2018/12/Usaha-Ternak-Ikan-Lele.jpghttps://mediaxplore.com/wp-content/uploads/2018/12/Usaha-Ternak-Ikan-Lele-150x150.jpgLief AzafaUmumWirausahaInformasi,Wirausaha2 Kali Hampir Bunuh Diri, Pemuda ini Gulung Tikar Buka Usaha Ternak Ikan Lele, Alasan no 3 diluar Dugaan!!! - Mediaxplore.com Alasan tidak masuk akal seorang pemuda ingin mengakhiri hidupnya hanya gara-gara gagal panen budidaya ikan lele. Anda seorang pembudidaya?, atau bukan seorang pembudidaya? Tidak masalah....... itu tidak menjadi sebuah...Portal Media Informasi