Bisnis KulinerBisnis kuliner memang selalu menjadi pilihan ide paling menarik. Akan tetapi bagaimana cara memulai usaha untuk pemula? Serta jenis makanan apa yang mudah dan cocok untuk dijual? Dengan begitu, Anda bisa meraup keuntungan berlipat ganda.

Bisnis Kuliner Rumahan Cocok Sebagai Sampingan Masa pandemi

Apa Itu Bisnis Kuliner?

Usaha yang bergerak dalam bidang kuliner memang selalu mampu memberikan terobosan baru. Baik makanan maupun minuman. Selain itu, bisnis ini juga tergolong mudah asalkan mampu membuat sesuatu yang lezat dengan modal minimal.

Bisnis kuliner adalah sebuah usaha yang menjajakan makanan maupun minuman apa saja kepada konsumen. Jika Anda ingin memulai berjualan dalam bidang ini, maka harus mampu menentukan jenis produk yang lezat, mudah tetapi banyak memberikan keuntungan.

Selain itu peluang usaha seperti ini memang cukup menjanjikan karena bisa dipastikan setiap orang pasti tidak bisa menolak makanan yang menggiurkan. Apalagi bagi ibu rumah tangga yang memiliki cukup waktu luang.

Jenis dan Contoh Bisnis Kuliner

Lantas seperti apakah contoh usaha makanan yang menjanjikan dan mudah dilakukan di rumah? Terlebih selama pandemi ini banyak orang yang mengalami penurunan penghasilan sehingga beralih ke usaha online sebagai tambahan pendapatan. Jadi, supaya lebih mudah berikut ini contohnya:

  • Makanan Berat

Membuka usaha kuliner seperti menu sarapan hingga saat ini masih menjadi primadona. Pasalnya para pekerja yang terlalu sibuk sehingga tidak sempat membuat makan maka pasti akan membeli sarapan. Sebab selain praktis tetapi juga murah dan lezat.

Meskipun selama pandemi ini banyak orang-orang yang melaksanakan work from home tetapi bukan berarti tidak ada orang yang membutuhkan jasa ini. Bahkan jika bisa Anda tambahkan pula layanan delivery order ke rumah-rumah untuk menarik perhatian konsumen.

  • Cemilan

Cemilan berupa makanan tradisional seperti kue basah atau lainnya sampai kapan pun akan tetap memiliki penggemarnya sendiri. Apalagi jajanan seperti ini memang mempunyai cita rasa yang khas. Contohnya seperti kue putu. Risoles, lemper, kue soes, onde-onde dan masih banyak lagi.

Anda bisa mencoba usaha kuliner seperti ini mulai dari kecil-kecilan seperti yang selalu tersedia di pasar pagi. Akan tetapi jika ingin meraih target market yang lebih tinggi maka bisa mencoba versi lebih premium. Tentunya harus didukung dengan berbagai bahan berkualitas dan promosi menarik

Bagaimana Cara Memulai Usaha Kuliner?

Ketika sudah memiliki niat dan keinginan kuat untuk memulai sebuah bisnis di bidang makanan, lantas untuk saat ini bagaimana cara memulainya? Terlebih bagi pemula yang tidak memiliki pengalaman sama sekali.

Sebenarnya caranya cukup mudah asalkan niat melakukannya, namun berikut ini beberapa hal yang harus Anda perhatikan supaya bisnis lebih terarah tujuan akhirnya:

  • Tentukan produk makanan atau minuman

  • Ciptakan resep lezat dan menjadi ciri khas

  • Tentukan target pasar

  • Mulai berjualan

  • Bangun relasi dengan pelanggan

  • Terapkan pembukuan dan perencanaan keuangan

Pada tahap berjualan ada beberapa hal yang harus Anda terapkan sehingga sebuah bisnis bisa berjalan maju. Salah satunya membangun relasi dengan pelanggan supaya tercipta kenyamanan dan kepercayaan. Selain itu, perencanaan keuangan juga penting agar bisnis cepat berkembang.

Itulah beberapa cara dan contoh dari bisnis kuliner yang harus Anda ketahui. Hal yang paling penting sebelum memulai sebuah usaha adalah perencanaan dan cara eksekusi produk maupun pelanggan. Sedangkan bagian lainnya seperti lokasi, perizinan dan semacamnya juga bisa dipelajari.

Yuk di Share Jika Suka dengan Artikel Diatas

https://mediaxplore.com/wp-content/uploads/2020/09/Bisnis-Kuliner-300x178.jpg https://mediaxplore.com/wp-content/uploads/2020/09/Bisnis-Kuliner-90x90.jpg Lief AzafaUmumVira IDWirausahaInformasi,Pengetahuan,Vira ID,WirausahaBisnis kuliner memang selalu menjadi pilihan ide paling menarik. Akan tetapi bagaimana cara memulai usaha untuk pemula? Serta jenis makanan apa yang mudah dan cocok untuk dijual? Dengan begitu, Anda bisa meraup keuntungan berlipat ganda. Bisnis Kuliner Rumahan Cocok Sebagai Sampingan Masa pandemi Apa Itu Bisnis Kuliner? Usaha yang bergerak dalam bidang...Portal Media Informasi