Menu Harian KeluargaBisa Dicoba, Inilah Menu Harian Keluarga Selama Seminggu – Mediaxplore.com Menu harian menjadi PR bagi para ibu rumah tangga. Tak jarang Anda hanya mengolah masakan itu-itu saja sehingga membuat keluarga bosan. Padahal banyak menu lainnya yang dapat dicoba. Memang sih, memikirkan menu masakan terbilang gampang-gampang susah. Apa lagi Anda dituntut untuk kreatif dalam memilih menu dan menyajikan hidangan untuk keluarga.

Bisa Dicoba, Inilah Menu Harian Keluarga Selama Seminggu

Jika memasak untuk kemudian disantap seorang diri tidak terlalu sulit dilakukan. Tapi ketika masakan ini nantinya akan dihidangkan untuk seluruh anggota keluarga, maka memasak tak lagi sesederhana yang dipikirkan. Ya, Anda harus memutar otak untuk menemukan menu harian yang berbeda setiap harinya.

7 Menu Harian yang Bisa Anda Coba

Tak perlu bingung, berikut adalah 7 menu harian yang dapat Anda coba.

1. Resep Tahu Telur

Menu masakan yang bisa Anda eksekusi di hari Senin adalah tahu telur. Bahan-bahan yang harus disiapkan adalah; 3 putih telur, 2 buah tahu putih (cincang kasar), setengah sendok teh merica bubuk, 1 sendok teh garam, 2 lembar kol, 1 wortel, 50 gram tauge, dan mentega untuk menggoreng.

Untuk bahan taburan, Anda bisa menyiapkan irisan daun seledri dan bawang goreng. Sedangkan untuk membuat sausnya, Anda bisa menggoreng 5 buah cabe rawit, 3 bawang putih, 10sdm kecap manis, 50 gram kacang, 1 sdm perasan jeruk nipis dan air panas sebanyak 150 mml.

2. Resep Cap Jay Goreng

Selanjutnya, Cap Jay goreng bisa Anda masak di hari Selasa. Bahan yang perlu disiapkan adalah; 5 buah bakso sapi, 50 gram daging ayam, 1 ikat sawi hijau, 1 buah wortel, 150 gram kembang kol, 200 gram sawi putih, 2 siung bawang putih, 1 sdm saus tiram, 1 sdt kecap ikan, ¼ sdt merica, ½ sdt garam, ½ sdm maizena.

Cara membuatnya, Anda bisa menumis bawang putih hingga wangi, lalu masukkan daging ayam dan bakso yang sudah dipotong-potong kemudian aduk sampai ayam berubah warna.

Masukkan saus siram, kecap asin, merica dan garam sambil tetap mengaduknya, lalu tambahkan air. Masukkan sayur-sayuran yang sudah dipotong-potong, tambahkan larutan maizena lalu aduk hingga rata. Tunggu sampai matang lalu angkat dan sajikan.

3. Resep Sayur Asem

Resep masakan yang bisa Anda eksekusi di hari Rabu adalah sayur asem. Bahan-bahan yang dibutuhkan adalah; 10 biji kacang panjang, 50 gram kecambah, 1 ikat kangkung, 2 buah labu, 3 siung bawang putih, 4 bawang merah, 3 biji belimbing wuluh, 2 cm lengkuas, garam dan air.

Mulailah dengan merebus air sampai mendidih. Kemudian masukkan bawang merah, bawang putih, belimbing wuluh dan lengkuas. Tunggu sampai air mendidih kembali lalu masukkan kacang panjang, labu siam dan kecambah. Selanjutnya masukkan kangkung, garam dan gula. Aduk hingga rata dan tunggu sampai matang. Sayur asem siap disajikan.

Baca Juga : Aneka Macam Resep Masakan Simple

4. Resep Ikan Pepes

Bingung mau masak apa di hari Kamis esok? Mungkin resep ikan pepes bisa Anda coba sebagai salah satu menu harian. Bahan-bahan yang diperlukan adalah; 500 gram ikan tenggiri (bisa jenis ikan lainnya), 5 lembar daun jeruk, 2 lembar daun salam, 1 sdm air asam jawa, 10 buah cabe rawit, 100 ml santan, 1 buah kelapa, beberapa lembar daun kemangi, daun pisang dan tusuk gigi.

Sementara itu, untuk bumbu halusnya Anda bisa menyiapkan; 2 siung bawang putih, 6 butir bawang merah, 4 buah kemiri, 5 buah cabe merah, ½ sdt garam.

Mulailah dengan mencampur bumbu halus dengan santan, daun salam, cabe rawit, air asam jawa, daun jeruk, ikan serta kemangi. Selanjutnya bungkus ikan dengan bumbu pepes yang sudah dibuat, kunci daun pisang dengan tusuk gigi. Setelah itu Anda tinggal mengukus pepes ikan pedas selama 30 menit. Ikan pepes pedas sudah siap disajikan.

5. Resep Tumis Kangkung

Tumis kangkung bisa menjadi menu harian Anda di hari Jum’at nanti. Bahan-bahan yang harus Anda siapkan adalah; 250 gram kangkung, ½ sdt garam, 3 cabe merah, mentega Blueband. Sedangkan untuk bumbu halusnya, Anda membutuhkan 2 bawang merah, 3 siung bawang putih, ½ sdt terasi dan 1 sdt ebi atau udang kering yang kecil-kecil.

Cara memasaknya adalah dengan menumis bumbu halus sampai wangi. Setelah itu masukkan kangkung beserta irisan cabe merah. Tunggu sampai kangkung layu. Tumis kangkung pun siap disajikan.

6. Resep Oseng Tempe Kacang Panjang

Resep masakan yang bisa Anda coba di Sabtu ini adalah resep oseng tempe kacang panjang. Bahan-bahan yang dibutuhkan adalah; 1 buah tempe, kacang panjang secukupnya.

Sedangkan untuk bumbu halusnya membutuhkan; 5 bawang merah, 3 siung bawang putih, 5 cabe keriting, 5 cabe rawit. Untuk bumbu geprek; 1 ruas laos, 2 daun jeruk, dan 1 sdm kecap manis.

Cara memasaknya adalah; Anda bisa menggoreng tempe sampai setengah matang, kemudian tumis semua bumbu hingga wangi, masukkan kacang panjang dan tempe. Selanjutnya bisa dicicipi rasanya, jika sudah nikmat, tunggu hingga matang dan angkat.

7. Nasi Goreng Terasi

Di akhir pekan ini mungkin saja Anda tidak ingin ribet dengan menu harian. Maka memasak nasi goreng bisa menjadi alternatif terbaiknya. Anda bisa menyiapkan; 1 atau 2 piring nasi putih, 2 bawang putih, 2 bawang merah, 2 cabe rawit, 2 kemiri, terasi, 2 butir telur, penyedap rasa, 1 buah tomat dan Blueband.

Cara membuatnya adalah, Anda bisa mengulek bahan-bahan bumbu hingga halus. Lalu mulai panaskan wajan yang sudah diberi Blueband. Kemudian goreng bumbu sampai wangi. Selanjutnya masukkan nasi putih, dan aduk hingga bumbu tercampur. Tambahkan penyedap rasa (jika mau). Masukkan telur, lalu tambahkan kecap dan aduk hingga matang.

Demikianlah menu harian keluarga selama seminggu yang bisa Anda coba. Kini Anda tidak perlu bingung lagi harus menyajikan hidangan apa untuk keluarga di rumah. Selamat mencoba ya Bunda! Semoga bermanfaat artikel mengenai Menu Harian Keluarga

Yuk di Share Jika Suka dengan Artikel Diatas

https://mediaxplore.com/wp-content/uploads/2018/09/Menu-Harian-Keluarga.jpghttps://mediaxplore.com/wp-content/uploads/2018/09/Menu-Harian-Keluarga-150x150.jpgLief AzafaAdvertorialContent PlacementInboundidUmumInboundid,Informasi,Pengetahuan,Resep MakananBisa Dicoba, Inilah Menu Harian Keluarga Selama Seminggu – Mediaxplore.com Menu harian menjadi PR bagi para ibu rumah tangga. Tak jarang Anda hanya mengolah masakan itu-itu saja sehingga membuat keluarga bosan. Padahal banyak menu lainnya yang dapat dicoba. Memang sih, memikirkan menu masakan terbilang gampang-gampang susah. Apa lagi Anda...Portal Media Informasi