Berbagai Macam Jenis Kopi dan Cara Penyajiannya – Mediaxplore.com Kopi atau coffee adalah minuman yang begitu populer. Minuman ini sangat digemari oleh seluruh masyarakat dunia. Coffee mempunyai aroma dan rasa yang khas, minuman ini berbeda dengan berbagai minuman lain. Inilah yang membuatnya sangat digemari. Tidak heran bila hampir di semua kafe atau warung makan sekalipun kita bisa menemukan minuman yang berwarna hitam ini. Apakah Anda merupakan salah satu dari pecinta minuman ini? Ada berbagai macam jenis-jenis coffee yang bisa Anda nikmati. Berikut..

Berbagai Macam Jenis Kopi dan Cara Penyajiannya

1. Kopi Robusta.

Kopi Robusta mempunyai ciri ukuran biji yang lebih besar, biasanya biji Robusta berbentuk oval. Kopi Robusta bisa tumbuh di lingkungan sejuk atau pun lingkungan yang panas dimana jenis lain tidak dapat tumbuh. Robusta biasanya tumbuh di negara yang beriklim tropis dan sub tropis, ia tidak memiliki aroma sebaik coffee yang lain. Rasa Robusta juga pahit dan sedikit asam, kandungan kafein nya juga tinggi jadi wajar jika minuman ini dihargai dengan harga murah. Robusta sendiri memiliki begitu banyak varietas seperti Kape Alamid yang berasal dari Filipina. Kondisi tanah dan iklim tempat ia tumbuh juga mempengaruhi rasa yang ia miliki, jadi tidak mengherankan jika masing varietas mempunyai rasa yang berbeda.

2. Kopi Arabica.

Kopi Arabica dianggap sebagai kopi tradisional yang mempunyai cita rasa terbaik bagi para pecinta minuman hitam ini. Jenis ini dapat tumbuh di berbagai macam daerah mulai daerah yang sejuk hingga daerah yang dingin. Arabica juga menguasai pasar di dunia dengan presentase 70% dari jumlah yang berada di pasaran. Arabica mempunyai ciri biji yang lebih kecil bila dibandingkan dengan jenis yang lain, selain itu Arabica mempunyai rasa yang lebih nikmat karena kandungan kafein yang lebih rendah sehingga baik untuk di konsumsi. Tidak bisa dipungkiri jika harga yang ditawarkan oleh Arabica lebih mahal dibandingkan dengan jenis lain. Arabica berasal dari Brazil serta Ethiopia, ia mempunyai berbagai varietas, beda varietas juga akan berbeda aroma.

3. Kopi Liberica.

Mungkin Anda sedikit asing dengan Kopi Liberica. Memang, masih sedikit produsen yang memproduksinya. Liberica mempunyai ciri bentuk biji yang berukuran besar, dibandingkan dengan Robusta dan Arabica. Liberica berasal dari Afrika Barat tepatnya berasal dari Liberia. Liberica bisa tumbuh hingga 9 meter serta berkembang di dataran rendah. Liberica ini sempat masuk dan berkembang di Indonesia di abad 19, Liberica masuk di Indonesia sebagai pengganti dari Arabica.

4. Kopi Luwak.

Pasti Anda tidak asing dengan coffee yang berasal dari Indonesia ini bukan? Coffee ini adalah hasil fermentasi alami yang berasal dari perut luwak. Ia memiliki cita rasa yang begitu nikmat, tidak mengherankan bila ia mempunyai harga jual yang lebih tinggi. Pada dasarnya coffee luwak adalah varietas dari Robusta dan Arabica, bedanya ia terbentuk dengan cara yang lebih unik. Biji coffee akan dimakan oleh luwak dari keluarkan dengan kotorannya, namun hewan luwak tidak memakan sembarangan biji, ia hanya mengkonsumsi biji yang memiliki tingkat kematangan tinggi.

Sebenarnya, proses penyimpanan juga akan mempengaruhi kualitas kopi, menyimpannya dalam bentuk bubuk yang telah di giling dalam waktu yang lama bisa mengurangi aroma serta rasa darinya. Oleh sebab itu lebih baik Anda menyimpannya dalam bentuk biji kering, giling saat Anda akan mengkonsumsinya. Waktu untuk mengkonsumsinya juga harus diperhatikan, untuk jenis Robusta lebih baik diminum saat pagi hari karena bisa memberi energi atau semangat, dan untuk Arabica di sore hari.

Yuk di Share Jika Suka dengan Artikel Diatas

https://mediaxplore.com/wp-content/uploads/2017/02/Tabungan-Online-4-1.pnghttps://mediaxplore.com/wp-content/uploads/2017/02/Tabungan-Online-4-1-150x150.pngLief AzafaContent PlacementLifestyleInformasi,PengetahuanBerbagai Macam Jenis Kopi dan Cara Penyajiannya - Mediaxplore.com Kopi atau coffee adalah minuman yang begitu populer. Minuman ini sangat digemari oleh seluruh masyarakat dunia. Coffee mempunyai aroma dan rasa yang khas, minuman ini berbeda dengan berbagai minuman lain. Inilah yang membuatnya sangat digemari. Tidak heran bila hampir di...Portal Media Informasi