Apa itu SpooringApa itu spooring ? Pernah dengar? Buat Anda yang saat ini punya mobil, penting sekali mengetahui definisiserta penerapan spooring dan balancing. Jika spooring fokus pada upaya meluruskan posisi ban mobil, maka balancing lebih fokus pada putarannya. Biar tahu lebih lanjut, yuk simak dulu penjelasannya sebagai berikut.

Apa itu Spooring dan Balancing Mobil? Yuk Cari Tau!

Definisi Spooring dan Balancing

Seperti yang kita bahas tadi, bahwa spooring adalah usaha untuk meluruskan posisi ban mobil. Tapi biasanya yang diluruskan hanya dua roda bagian depan. Sebab, berkaitan erat dengan setir serta urusan mobilitas sehari-hari. Bisa dibilang, balancing itu baru dilakukan setelah penerapan spooring dilakukan oleh teknisi mobil. Bisa juga saat ganti ban mobil.

Spooring dan balancing wajib dilakukan sebelum mobil mencapai batas 20.000 kilometer. Akan lebih baik lagi jika tiap 6 bulan sekali atau saat mencapai batas 10.000 kilometer. Terlebih ketika mobil Anda kerap melalui jalanan rusak atau rawan. Upaya ini semata-mata untuk menjaga diri Anda dari kemungkinan terjadinya kecelakaan akibat mobil sendiri.

Gejala Mobil yang Membutuhkan Spooring dan Balancing

Apakah ada tanda-tanda khusus yang mengharuskan mobil di-spooring dan balancing sesegera mungkin? Nah, ini pertanyaan yang menarik. Kalau tadi berkenaan dengan kondisi normal, maka yang ini wajib Anda lakukan dalam keadaan tertentu. Minimal, ketahui gejala ini dulu. Jadi, jangan buru-buru di-spooring atau balancing.

  1. Permukaan Ban Tak Lagi Rata atau Aus

Mobil yang lama dipakai kemungkinan besar mengalami aus. Ciri-cirinya, wujud ban terkesan pelontos seperti kepala yang baru dibotak. Kadang ausnya hanya sebagian dan menimbulkan kesan permukaan ban tak lagi rata.Maka, perlu di-spooring biar sejajar dengan ban di sampingnya. Tapi akan lebih baik jika diganti yang baru saja.

  1. Setir dan Body Bergetar pada Kecepatan Tertentu

Mobil yang normal, baik saat berjalan lambat maupun kencang, tetap terkesan stabil. Tidak ada getaran sama sekali. Mulus, istilahnya.Soal getaran ini, tentu Anda yang lebih mengetahui kondisi mobil saat itu. Terutama ketika sudah melalui perjalanan panjang dan tahu batas keseimbangan mobil sampai di mana.

  1. Mobil Seakan Membelok Sendiri

Ini semacam miss-komunikasi saat dua orang berbicara, tapi tidak nyambung. Di awal-awal memang tidak begitu terasa. Tapi untuk jangka panjang, bisa berpotensi menyebabkan kecelakaan. Sangat berbahaya, kan? Apalagi jika sehari-harinya mobil Anda gunakan untuk mengantar si kecil bersekolah atau istri berbelanja di pasar.

  1. Jalannya Seakan Miring-Miring

Jika mobil Anda sudah mengalami gejala ini, tandanya harus segera di-spooring dan balancing. Soalnya mengindikasikan, bahwa mobil Anda sama sekali tidak stabil. Jika tidak segera diservis, kemungkinan bisa membahayakan diri Anda sendiri maupun para pengendara lain di jalan raya.

  1. Ban Belakang Tidak Sejajar dengan Ban Depan

Untuk mengetahui gejala ini, perlu daya amat yang cukup jeli. Jika belum begitu paham, bisa berkonsultasi ke teknisi kepercayaan Anda. Gejala ini bisa diatasi hanya dengan spooring saja tanpa balancing.

  1. Saat Dibelokkan Tidak Mau Kembali ke Posisi Semula

Potensi terjadinya kecelakaan akibat gejala ini cukup tinggi. Kalau sekadar “sulit” dikembalikan ke posisi semula, masih aman. Hanya perlu usaha yang gigih untuk mengembalikannya. Untuk jaga-jaga sebelum keadaan lebih parah, lakukan balancing sesegera mungkin.

Pada akhirnya, memiliki mobil itu tidak hanya sekadar gaya, tapi mesti tahu bagaimana cara terbaik untuk merawatnya. Spooring dan balancing hanya salah satu atau dua cara untuk merawat mobil agar selalu dalam kondisi prima. Masih ada upaya lain yang mesti Anda lakukan, misalnya mengecek tekanan ban, kondisi mesin, dan sebagainya.

Yuk di Share Jika Suka dengan Artikel Diatas

https://mediaxplore.com/wp-content/uploads/2019/03/Apa-itu-Spooring.jpghttps://mediaxplore.com/wp-content/uploads/2019/03/Apa-itu-Spooring-150x150.jpgLief AzafaAdvertorialKendaraanMobilOtomotifVira IDInformasi,Otomotif,Pengetahuan,Vira IDApa itu spooring ? Pernah dengar? Buat Anda yang saat ini punya mobil, penting sekali mengetahui definisiserta penerapan spooring dan balancing. Jika spooring fokus pada upaya meluruskan posisi ban mobil, maka balancing lebih fokus pada putarannya. Biar tahu lebih lanjut, yuk simak dulu penjelasannya sebagai berikut. Apa itu Spooring dan...Portal Media Informasi