ReksadanaReksadana merupakan salah satu alternatif investasi untuk anggota masyarakat pemodal, khususnya pemodal kecil dan pemodal yang tidak mempunyai banyak waktu dan keahlian untuk menghitung risiko atas investasi yang mereka lakukan

Apa itu Reksadana ? Simak Ulasan Selengkapnya!

Reksadana ini memang khusus dirancang sebagai sarana untuk menghimpun dana dari masyarakat yang mempunyai modal, mempunyai keinginan untuk melakukan sebuah investasi modal, tetapi hanya mempunyai waktu dan pengetahuan yang terbatas. Tidak hanya itu saja, reksadana juga diharapkan bisa meningkatkan peran pemodal lokal untuk berinvestasi di pasar modal Indonesia.

Pada umumnya reksadana ini diartikan sebagai wadah yang dipakai untuk menghimpun dana dari masyarakat pemodal yang selanjutnya diinvestasikan dalam portofolio efek oleh manajer investasi pada badang usaha tersebut.

Dalam Reksadana, Anda perlu mengetahui tiga hal penting. Pertama, adanya dana yang masuk dari masyarakat pemodal, Kedua dana tersebut diinvestasikan dalam portofolio efek, dan yang ketiga, dana tersebut dikelola oleh manajer investasi khusus. Dapat di simpulkan bahwa dana yang ada dalam reksadana adalah dana bersama para pemodal, sedangkan manajer investasi merupakan pihak yang dipercaya untuk mengelola dana tersebut.

Ragam Jenis Reksadana

Mungkin Reksadana ini memang khusus di buat seperti koperasi, dimana semua anggota yang masuk di dalamnya akan di untungkan dengan perputaran uang di dalamnya. Secara umum jenis reksadana ini di bagi atas empat yakni reksadana pasar uang, pendapatan tetap, campuran dan juga saham.

  • Reksadana Pasar Uang atau Money Market Fund

Reksadana pasar uang merupakan jenis reksadana yang melakukan investasi pada jenis instrumen investasi pasar uang dimana masa jatuh tempo kurang dari satu tahun sejak awal di lakukan imvestasi.

Perlu Anda ketahui bahwa bentuk instrumen investasinya bisa berupa time deposit (deposito berjangka), Sertifikat Bank Indonesia (SBI), certificate of deposit (sertifikat deposito), Surat Berharga Pasar Uang (SBPU) dan beberapa jenis instrumen investasi pasar uang yang lainnya.

Dengan jenis reksadana yang satu ini bertujuan untuk menjaga likuiditas dan pemeliharaan modal. Dan mengenai risikonya relatif paling rendah jika dibandingkan reksadana jenis lainnya.

  • Reksadana Pendapatan Tetap atau Fixed Income Fund

Reksadana pendapatan tetap merupakan salah satu jenis reksadana yang menginvestasikan sekurang-kurangnya 80 persen dari aktivanya dalam bentuk efek utang ataupun obligasi. Hal ini bertujuan untuk menghasilkan tingkat pengembalian yang stabil. Tetapi perlu di ingat risikonya relatif lebih besar daripada reksadana pasar uang.

  • Reksadana Campuran atau Balance Mutual Fund

Reksadana campuran merupakan salah satu jenis reksadana mengalokasikan dana investasinya dalam portofolio yang bervariasi. Perlu di ketahui instrumen investasinya bisa berbentuk saham dan dikombinasikan dengan obligasi.

Hal ini bertujuan untuk menumbuhkan harga dan pendapatan. Perlu di ingat, risiko reksadana campuran bersifat moderat dengan potensi tingkat pengembalian yang relatif lebih tinggi jika dibandingkan jenis reksadana pendapatan tetap.

  • Reksadana Saham atau Equity Fund

Reksadana saham merupakan salah satu jenis reksadana yang menginvestasikan sekurang-kurangnya 80 persen dari aktivanya dalam bentuk efek bersifat ekuitas yang ada. Hal ini bertujuan untuk menumbuhkan harga saham atau unit dalam jangka panjang. Tetapi ada yang harus Anda ingat, risiko pada jenis reksa dna ini relatif lebih tinggi dari reksadana pasar uang dan reksadana pendapatan tetap, tetapi juga mempunyai potensi tingkat pengembalian yang paling tinggi.

Melalui penjelasan singkat tentang reksadana pada artikel ini, Anda tentu telah memahaminya, bukan ? Pada dasarnya bentuknya sama, yaitu berupa investasi. Yang membedakan hanya pada jenisnya, dimana dari tiap jenisnya mempunyai risiko dan keuntungan masing-masing.

Sumber Gambar : https://static.inilah.com/data/berita/foto/2436845.jpg

Semoga bermanfaat penjelasan mengenai Apa itu Reksadana

Yuk di Share Jika Suka dengan Artikel Diatas

https://mediaxplore.com/wp-content/uploads/2019/07/Apa-itu-Reksadana-300x178.jpghttps://mediaxplore.com/wp-content/uploads/2019/07/Apa-itu-Reksadana-90x90.jpgLief AzafaAdvertorialBisnis OnlineContent PlacementUmumVira IDInformasi,Investasi,Pengetahuan,Vira IDReksadana merupakan salah satu alternatif investasi untuk anggota masyarakat pemodal, khususnya pemodal kecil dan pemodal yang tidak mempunyai banyak waktu dan keahlian untuk menghitung risiko atas investasi yang mereka lakukan Apa itu Reksadana ? Simak Ulasan Selengkapnya! Reksadana ini memang khusus dirancang sebagai sarana untuk menghimpun dana dari masyarakat yang mempunyai...Portal Media Informasi