7 Motion Graphic7 Software Motion Graphic dari Pemula Sampai Profesional – Motion grafis itu adalah gabungan dari potongan-potongan desain yang berbasis media visual dan menjadi salah satu media komunikasi yang tengah menjadi tren. Buat kalian yang tertarik membuat motion graphic, simak rekomendasi software dari pemula sampai profesional berikut ini!

7 Software Motion Graphic dari Pemula Sampai Profesional

Tertarik untuk membuat motion graphic? Tentunya ada banyak hal yang harus kamu perhatikan, salah satunya adalah mengerti dasar perbedaan antara motion graphic dengan animasi. Animasi adalah sebuah payung besar untuk menggambarkan pergerakan semua semua hal dalam satu frame termasuk untuk kartun dan stop motion sementara untuk motion graphic adalah pergerakan grafis yang sudah dibuat dalam satu frame, seperti ilustrasi, fotografi, dan tipografi yang diberi efek visual dan efek suara tertentu. Perbedaan lainnya, animasi cenderung mempunyai storyline dan motion graphic tidak.

Langkah selanjutnya, kamu harus mengetahui software apa saja yang biasa dipakai dalam membuat motion graphic. Seorang motion graphic handal biasanya menguasai beberapa software, hal ini dikarenakan kebutuhan dan tingkat kesulitan dalam membuat motion graphic tentunya berbeda-beda sehingga membutuhkan software yang sesuai untuk mendapatkan hasil maksimal. Berikut beberapa software motion graphic yang diurutkan berdasarkan tingkat memudahkan.

  • Adobe Photoshop

Seorang motion graphic akan mulai belajar dari software Photoshop ini dan, umumnya photoshop digunakan untuk editing foto saja namun, kemampuan software photoshop sebenarnya jauh dari pada sekadar untuk mengedit foto. Photoshop memiliki kemampuan untuk mengolah grafis, walaupun terbatas untuk motion graphic yang tidak terlalu rumit.

Software photoshop ini biasa digunakan untuk keperluan motion graphic sederhana seperti, membuat bumper video yang memerlukan pergerakan huruf dan perpindahan beberapa elemen grafis simple. Photoshop pun tergolong ringan dan tidak terlalu memerlukan, komputer/laptop dengan spesifikasi tinggi, mulai dari laptop ber-intel Celeron mampu menjalankan Adobe Photoshop. Makanya jangan heran kalau langkah awal menjadi seorang motion graphic handal, biasanya dimulai dari Photoshop. Kalau kamu tertarik membuat bumper video bisa simak informasi selengkapnya di artikel kami sebelumnya.

  • Adobe Illustrator

Buat kamu yang ingin membuat full motion graphic atau motion graphic dengan berbagai elemen dan aset yang banyak maka, harus menguasai software Adobe Illustrator. Adobe Illustrator akan mempermudah kalian untuk membuat berbagai aset dengan vektor bahkan, vektor ini pun bisa kalian jadikan animasi.

Melalui Adobe Illustrator, vektor atau aset kalian bisa dengan mudah digerakan bahkan diberi efek tertentu. Biasanya para motion graphic akan mulai belajar membuat flash di Adobe Illustrator, enaknya file mentahan di Adobe Illustrator bisa di-import ke After Effect.

Adobe Illustrator, memberikan kebebasan untuk berkreasi, sebuah motion graphic yang baik akan membuat aset awalnya di Adobe Illustrator. Jadi jangan heran jika Adobe Illustrator selalu menjadi syarat mutlak bagi perusahaan mencari seorang motion graphic.

  • CorelDRAW

Sebelum melangkah ke software motion graphic selanjutnya, harus diketahui jika beberapa orang memang kurang sreg memakai Adobe Illustrator dan cenderung menggunakan CorelDRAW dalam membuat aset motion graphic. Hal ini dikarenakan Adobe Illustrator membutuhkan laptop dengan spesifikasi mumpuni untuk bisa berjalan lancar sementara CorelDRAW mampu berjalan lancar di laptop dengan spesifikasi tidak terlalu tinggi. Hal, lain yang membuat betah dalam menggunakan CorelDRAW adalah kanvas yang lebih lebar ketimbang Adobe Illustrator.

Sayangnya CorelDRAW ini diperuntukan untuk membuat design graphic bukan motion graphic sehingga, kemampuan dan fitur untuk menggerakan gambar tidak sebanding Adobe Illustrator. Selain untuk membuat aset motion graphic, CorelDRAW  pun biasa dipakai untuk membuat GIF sebab, kamu bisa dengan mudah memberikan aset atau vektor animasi, lewat animation shop. Seringnya, motion graphic yang dibuat melalui CorelDRAW dipakai dalam slide presentasi.

  • Adobe Flash Player

Berikutnya ada Adobe Flash Player, yaitu software komputer yang digunakan untuk membuat gambar vektor maupun animasi 2 dimensi yang berbasis gambar vektor. Dengan software ini, kamu dapat membuat karya video motion graphic yang memukau, baik itu dari segi grafis maupun motion-nya.

Keunggulan lain yang dimiliki oleh Flash adalah kemampuannya untuk memberikan sedikit kode pemograman untuk mengatur animasi yang ada di dalamnya. Kemudian hasil file yang dibuat menggunakan aplikasi ini berukuran kecil, sehingga kamu tidak memerlukan banyak space untuk menyimpan data.

Adobe Flash Player sebenarnya, merupakan sebuah alternatif bagi kalian yang membutuhkan motion graphic yang cepat dan ringkas, yang perlu kalian lakukan adalah menaruh aset ke dalam keyframe. Biasanya dibutuhkan untuk membuat motion graphic yang akan ditempel pada sebuah halaman website.

  • Adobe After Effect

Adobe After Effect adalah software paling penting dalam membuat motion graphic, semua aset yang sudah kalian buat akan dihidupkan melalui software ini. Dengan lebih dari 50 standar standar effect yang bisa kalian pilih, dan jika dirasa kurang kalian bisa melakukan kode script atau biasa disebut expression demi motion graphic yang lebih dinamis.

Melalui Adobe After Effect, kamu dapat melakukan komposisi objek dan memberikan efek animasi setiap adegan atau setiap sequence-nya. Cara kerja Adobe After Effect hampir mirip dengan Adobe Premier, makanya tidak heran jika banyak motion graphic handal yang menguasai After Effect menguasai juga Premier namun sebaliknya, seseorang yang menguasai Premier belum tentu mengerti After Effect.

Bahkan, seseorang menguasai Adobe After Effect mempunyai profesi sendiri dan tidak disatukan dengan design graphic maupun editor film. Biasanya dalam film, profesi ini disebut special effect.

Untuk kalian yang berminat menguasai Adobe After Effect, harus sedikit bermodal sebab software Adobe After Effect ini memerlukan spesifikasi komputer yang tinggi untuk mengolah atau merender bahkan hasil video yang sudah dirender, memerlukan space hardisk yang amat besar.

  • Adobe Premiere  

Sejatinya Adobe Premiere ini merupakan software untuk mengedit film namun, ternyata Adobe Premiere pun bisa dipakai untuk membuat motion graphic. Tentunya dengan kapabilitas yang terbatas tapi, kamu bisa menggunakan aset yang sudah dibuat di Illustrator dan memberinya animasi.

Umumnya motion graphic yang menggunakan Adobe Premiere adalah opening titles dan closing sementara untuk acara televisi kita bisa melihat di bumper in dan bumper out.

  • Maxon Cinema 4D

Selain software Adobe yang lumrah digunakan oleh para motion graphic ada juga software alternatif bernama Maxon Cinema 4D. Software ini jauh lebih ringan ketimbang software dari Adobe sehingga pas untuk laptop dengan spesifikasi menengah ke atas.

Maxon Cinema 4D adalah software aplikasi pemodelan 3D baik berupa animasi, teks, atau motion graphic yang dikembangkan oleh MAXON Computer Jerman. Software ini memiliki fitur khusus untuk animating, lighting, texturing, rendering, dan fitur umum lainnya.

Biasanya Maxon Cinema 4D dipergunakan untuk membuat animasi kartun namun, di eropa Maxon Cinema 4D ini sering dipakai untuk motion graphic. Terlebih untuk presentasi bangunan atau arsitektur sedangkan, dalam industri hiburan kalian bisa melihat kehebatan Maxon Cinema 4D ini, di film-film seperti The Golden Compas, Iron Man dan Hulk. Kesemuanya menggunakan Maxon Cinema 4D untuk CGI dan special effect.

Berikut tujuh software motion graphic yang bisa kalian jadikan referensi dalam membuat motion graphic. Perlu diketahui bahwa seorang motion graphic handal rata-rata menguasai hampir, seluruh dari tujuh software di atas. Buat kamu yang ingin membuat motion graphic dan menjadi motion graphic handal, jangan sampai ciut nyali melihat banyaknya software yang harus dipakai sebab, semua software ini saling berkaitan, jika kalian menguasai salah satu akan mudah menguasai software lainnya.

Selamat mencoba dan semoga bermanfaat artikel mengenai 7 Software Motion Graphic

Yuk di Share Jika Suka dengan Artikel Diatas

https://mediaxplore.com/wp-content/uploads/2019/11/7-Motion-Graphic-300x178.jpghttps://mediaxplore.com/wp-content/uploads/2019/11/7-Motion-Graphic-90x90.jpgLief AzafaReviewTeknologiInformasi,Pengetahuan,Teknologi7 Software Motion Graphic dari Pemula Sampai Profesional - Motion grafis itu adalah gabungan dari potongan-potongan desain yang berbasis media visual dan menjadi salah satu media komunikasi yang tengah menjadi tren. Buat kalian yang tertarik membuat motion graphic, simak rekomendasi software dari pemula sampai profesional berikut ini! 7 Software Motion...Portal Media Informasi