7 Langkah Sukses Ternak Lovebird di Rumah Untuk Pemula7 Langkah Sukses Ternak Lovebird di Rumah untuk Pemula – Bagi banyak orang beternak burung adalah sesuatu yang menyenangkan. Dan salah satu jenis burung yang saat ini banyak diternak adalah Lovebird. Lovebird adalah salah satu jenis burung yang sangat unik karena disepanjang hidupnya mereka hanya memiliki satu pasangan.

Tubuhnya yang kecil dan warnanya yang cantik menjadi salah satu daya tarik utama burung lovebird ini. Tidak hanya itu, peminat burung lovebird ini juga sangat banyak dengan harga jual yang cukup tinggi sehingga membuat ternak lovebird menjadi salah satu jenis ternak burung yang sangat menggiurkan.

7 Langkah Sukses Ternak Lovebird di Rumah untuk Pemula

Lovebird adalah jenis burung yang cukup mudah untuk diternak. Saking mudahnya, saat ini sudah cukup banyak orang yang berhasil ternak lovebird. Jika anda juga tertarik untuk mencoba ternak burung lovebird, 7 langkah sukses ternak lovebird di rumah untuk pemula ini bisa anda coba mulai hari ini:

  • Persiapan Kandang Lovebird

Langkah pertama dari 7 langkah sukses ternak lovebird di rumah untuk pemula adalah dengan menyiapkan kandang untuk lovebird. Berapa banyak yang ingin anda ternak? Jika banyak berarti anda harus menyiapkan kandang yang cukup banyak dan juga bersekat.

Jika anda ragu dan memutuskan untuk memulai ternak lovebird dari 1 pasang dulu, anda bisa menggunakan satu kandang saja.

Satu yang yang harus menjadi perhatian anda saat menyiapkan kandang untuk ternak lovebird dirumah adalah pembuatan glodok. Glodok adalah tempat bertelur untuk lovebird anda nantinya. Biasanya glodok ini terbuat dari kayu dengan ukuran yang menyesuaikan ukuran kandang.

Selain glodok, anda juga harus menyediakan ranting-ranting kecil, dedaunan yang sdah kering ataupun serut kayu di sekitar glodok. Lovebird biasanya akan menghias sarangnya sendiri dengan bahan-bahan tersebut.

Baca Juga : Metode Penanggulangan Hama Padi

  • Memilih Sepasang Indukan Sehat

Memilih indukan yang sehat adalah syarat utama untuk ternak lovebird dirumah. Ini karena indukan yang sehat dapat melahirkan keturunan yang sehat pula. Namun selain itu, ada juga hal lain yang harus anda perhatikan saat memilih pasangan lovebird.

Pertama, tentukan jenis lovebird yang ingin kamu ternak. Ini karena terdapat dua jenis lovebird: bersuara merdu atau yang berbulu cantik. Menentukan jenis lovebird ini wajib anda lakukan sebelum memulai ternak.

Hal lain yang harus diperhatikan dalam pemilihan indukan yang sehat untuk ternak lovebird adalah usia. Usia akan menentukan siapakah yang lebih dominan pada saat perkawinan. Pilihlah usia burung jantan yang berusia lebih tua dibandingkan usia betinanya agar jantan lebih mendominasi pada saat perkawinan. Jadi usahakan anda menanyakan usia lovebird kepada penjual sebelum membeli sepasang lovebird.

  • Proses Perjodohan Lovebird

Menanyakan usia lovebird kepada penjual selain menentukan tingkat dominasi saat perkawinan juga sangat menentukan kesiapan pasangan untuk kawin. Lovebird biasa kawin pada usia minimal 1 tahun. Jika lovebird yang anda miliki belum berusia satu tahun, maka anda harus menunggu beberapa waktu sampai usia lovebird cukup.

Selain usia, ada juga beberapa ciri-ciri burung lovebird sudah siap untuk dijodohkan. Sepetrti misalnya burung betina akan lebih sering membuka sayapnya dan ekornya akan lebih sering diangkat keatas.

Sama juga seperti halnya burung betinam burung jantan juga memiliki tanda-tanda siap kawin seperti akan lebih sering menggosok-gosokkan pantatnya pada beberapa bagian kandang.

Satu hal lagi yang harus diperhatikan adalah jangan memasukkan lovebird yang baru anda beli kedalam satu kandang karena dikhawatirkan mereka tidak akan cocok. Dan jika anda memiliki lebih dari 1 pasang lovebird, masukkan mereka dikandang yang berbeda dengan pasangan yang lain.

Masukkan lovebird yang ingin dikawinkan kedalam satu kandang lalu tutup dengan kain. Jika dalam beberapa jam kemudian keadaan sunyi atau adem ayem itu menandakan kedua lovebird tersebut cocok. Tapi jika terjadi suara berisik itu menandakan kemungkinan kedua lovebird tersebut tidak cocok.

Baca Juga : Tips Budidaya Ikan Gabus

  • Pemberian Pakan Lovebird

7 langkah sukses ternak lovebird di rumah untuk pemula selanjutnya adalah pemberian pakan. Pemberian pakan yang teratur akan mempercepat lovebird betina untuk bertelur.

Ada beberapa jenis pakan yang cocok untuk lovebird seperti misalnya jagung muda, biji bunga, kangkung, tauge, dan biji sawi. Anda juga bisa menambahkan vitamin lovebird membuat lovebird lebih cepat gacor dan memiliki ketahanan tubuh yang bagus

  • Proses Pengeraman Telur

Saat burung lovebird anda sudah melewati masa perkawinan dan betina menelur, jangan selalu melihat burung lovebird anda. Percaya atau tidak, burung lovebird juga membutuhkan privasi sehingga jika anda terlalu sering melongoknya, kemungkinan burung tersebut akan terganggu.

Selain masalah kenyamanan, biasanya terdapat masalah lain yang sering dihadapi oleh lovebird betina yang baru pertama kali bertelur: mereka enggan mengerami telurnya.

Jika anda menemui hal semacam ini, anda tidak perlu panik karena hal ini termasuk hal yang biasa ditemui peternak lovebird lainnya. Untuk menyelesaikan permasalahan ini yang perlu anda lakukan adalah mendekatkan betina yang tidak mau mengerami telurnya dengan betina yang mau mengerami telur. Cara ini cukup ampuh karena erangan betina yang mengerami telurnya mampu memancing betina yang tidak mau mengerami telurnya untuk mengerami telurnya.

Masalah selanjutnya yang juga sering ditemui peternak lovebird adalah telur yang dierami tidak menetas. Ini adalah kejadian yang cukup normal terjadi karena kemungkinan betinanya belum siap bertelur.

  • Perawatan Anakan Lovebird

Langkah keenam dari 7 langkah sukses ternak burung lovebird di rumah untuk pemula adalah pada saat perawatan anak. Anak yang sudah menetas dari telur biasanya dipisahkan dari induknya setelah 14 hari atau pada saat anak sudah bisa keluar dari sarang.

Alasan anak lovebird dipisahkan dari induknya adalah agar induknya dapat kembali kawin dan bertelur lagi. Inilah langkah sukses ternak burung lovebird di rumah untuk pemula yang harus anda ketahui.

Anak yang dipisahkan diberikan tempat khusus dan diberikan lampu 5 watt untuk menghangatkan. Hal penting yang harus anda perhatikan adalah pemberian pakan untuk anak lovebird ini. Biasanya para peternak memberikan pakan setiap 2 jam sekali.

Pakan yang diberikan biasanya adalah bubur bayu atau pelet yang diseduh air panas. Karena anak lovebird ini belum bisa makan sendiri andalah yang harus menyuapinya dengan menggunakan bantuan alat suntik. Buang jarum suntik dan ganti dengan selang elastis.

Salah satu keunggulan dari anak lovebird yang sudah dipisahkan dari induknya dan dekat dengan manusia pada saat dewasanya nanti akan menjadi burung yang jinak.

  • Distribusi Pemasaran Lovebird

Salah satu kunci untuk mendapatkan pasar untuk lovebird yang kita miliki adalah dengan memberikan perawatan dengan maksimal. Ini karena burung yang dirawat dengan baik akan memiliki keunggulan yang tidak dimiliki oleh burung yang tidak dirawat dengan baik.

Salah satu cara untuk merawat burung lovebird adalah dengan menjaga kesehatan lovebird sehingga warna yang dimiliki lovebird tetap cantik dan bersuara merdu. Dan cara ampuh lainnya untuk distribusi pemasaran lovebird adalah dengan mengikuti komunitas pecinta lovebird atau mengikuti perlombaan kontes. Jika lovebird anda memiliki keunggulan warna dan suara pasti tidak akan sulit menemukan calon pembeli di tempat-tempat tersebut.

Semoga bermanfaat artikel mengenai 7 Langkah Sukses Ternak Lovebird

Yuk di Share Jika Suka dengan Artikel Diatas

https://mediaxplore.com/wp-content/uploads/2020/02/lovenbirds-300x178.jpg https://mediaxplore.com/wp-content/uploads/2020/02/lovenbirds-90x90.jpg Eka CarolUmumWirausahaagribisnis,budidaya lovebird,lovebird cepat gacor,peluang bisnis,ternak lovebird7 Langkah Sukses Ternak Lovebird di Rumah untuk Pemula - Bagi banyak orang beternak burung adalah sesuatu yang menyenangkan. Dan salah satu jenis burung yang saat ini banyak diternak adalah Lovebird. Lovebird adalah salah satu jenis burung yang sangat unik karena disepanjang hidupnya mereka hanya memiliki satu pasangan. Tubuhnya yang...Portal Media Informasi