6 Perilaku Fatal dalam Mendidik Anak yang di Lakukan Orang Tua – Mendidik anak merupakan kewajiban dari orang tua,  Namun mendidik juga memerlukan ilmu sehingga pendidikan yang di berikan kepada anak dari orang tua tidak akan salah kaprah. Saya yakin pada dasarnya Setiap orang tua pasti menginginkan yang terbaik untuk anaknya. Tentunya dalam mendidik anak banyak hal yang bisa dilakukan supaya anak tersebut tumbuh dan menjadi manusia yang berguna, bahkan orang tua juga selalu mengatakan kalau anaknya harus lebih baik dari dirinya sendiri dalam berbagai hal, entah itu dalam keilmuanya, kemudian pendidikannya ataupun dalam segala hal.

Pada kenyataanya kini banyak dari perilaku orang tua yang tidak pantas di lakukan dalam mendidik anaknya, entah itu secara sadar ataupun tidak sadar, dan ini akan berakibat fatal.

Berikut beberapa hal yang akan membuat fatal dalam mendidik anak;

  1. Kurang Pengawasan Kepada Anak

Jangan Anda biarkan anak berada di luar sendirian, karena bagaimanapun juga anak masih membutuhkan pendampingan dari orang tua. Kita tahu bahwa di uar lingkungan keluarga masih banyak hal yang semu, maka dari itu anakperlu penjagaan serta pengawasan.

  1. Meluruskan Kesalahan Anak dengan Memvonisnya

Jangan mudah untuk memvonis anak, sebaiknya Anda biarkan dahulu jika anak melakukan kesalahan, biarkan untuk anak Anda belajar dari kesalahannya supaya kesalahan yang dialaminya bisa menjadi pelajaran baginya supaya tidak di ulanginya. Jika anak mengalami permasa;ahan maka bantu anak anda untuk bisa mengatasi masalahnya sendiri.

  1. Terlalu Berlebihan

Sebagai orang tua Anda jangan asyik dengan diri sendiri, misalkan ber-make up berjam-jam dan hanya meluangkan sedikit waktunya untuk anak-anak. Jika Anda menginginkan anak memiliki pendidikan yang terbaik peran orang tua sangat penting maka dari itu Anda luangkan waktu yang lebih banyak untuk mendampingi anak supaya bisa memacu untuk pertumbuhan kreatifitas pada anak.

  1. Bertengkar Saat Ada di Hadapan Anak

Perilaku orang tua berikut ini akan dapat merusak mental anak, ini akan berdampak pada psikologis anak saat dewasa nanti. Bisa jadi anak tersebut akan tumbuh dewasa yang tidak sensitive dan tidak bisa untuk menjalin hubungan dengan wanita memakai cara yang baik-baik.

Sebagai orangtua jika Anda sedang bertengkar seharusnya Anda tidak memperlihatkannya kepada anak-anak yang berada di sekitar mereka. Perbedaan pendapat dalam berumah tangga memang wajar tetaapi tidak harus dilakukan dengan amarah, karena hal tersebut akan dapat membuat perasaan tidak aman dan takut kepada anak.

  1. Tidak Konsisten

Tidak konsisten ini akan berdampak yang tidak baik pula pada anak, maka dari itu orang tua harus konsisten, hal ini untuk perkembangan psikologis anak yang lebih baik. Nah contohnya pada saat anak meminta di belikan makanan tetapi bagi orang tua makanan tersebut berbahaya untuk di makan oleh anak, kemudian orang tuanya tidak membelikannya, tetapi anak tersebut menangis dan terus meminta sehingga orang tuanya tak sanggup untuk menahannya dan akhirnya membelikannya. Jika Anda dari awal berkomitmen tidak membelikannya seperti apaun anak meminta jangan berikan. Dengan ilustrasi diatas sikap anak yang meminta dan memaksa tersebut akan di bawanya sampai dewasa dan akan timbul kebiasaan jika tidak di beri anak itu akan selalu memaksakan kehendaknya.

  1. Segalanya Diukur dengan Menggunakan Materi

Tidak cukup dengan Anda hanya memberikan anak dengan berbagai benda serta mainan yang dapat mereka koleksi. Karena disitu anak membutuhkan orangtuanya untuk mendengarkan mereka dibandingkan dengan cara Anda memberikannya sesuatu dan diam. Ini akan berdampak kurang baik untuk psikologis anak.

Itulah beberapa perilaku yang fatal dalam mendidik anak yang di lakukan orang tua, semoga informasi ini bermanfaat untuk Anda khususnya bagi para orang tua.

Yuk di Share Jika Suka dengan Artikel Diatas

https://mediaxplore.com/wp-content/uploads/2017/02/Tavelio-1.pnghttps://mediaxplore.com/wp-content/uploads/2017/02/Tavelio-1-150x150.pngLief AzafaParentingAnak,Informasi,Pendidikan,Pengetahuan6 Perilaku Fatal dalam Mendidik Anak yang di Lakukan Orang Tua - Mendidik anak merupakan kewajiban dari orang tua,  Namun mendidik juga memerlukan ilmu sehingga pendidikan yang di berikan kepada anak dari orang tua tidak akan salah kaprah. Saya yakin pada dasarnya Setiap orang tua pasti menginginkan yang terbaik...Portal Media Informasi