Manfaat Senam Irama5 Manfaat Senam Irama untuk Kesehatan yang Jarang Diketahui Menjaga kesehatan merupakan sebuah keharusan yang harus dilakukan secara konsisten. Apalagi di musim pandemi seperti sekarang ini. Tak perlu terlalu memaksakan, ada senam irama yang praktis dan murah di kantong. Selain itu manfaat senam irama juga bagus untuk daya tahan tubuh.

5 Manfaat Senam Irama untuk Kesehatan yang Jarang Diketahui

Senam irama merupakan salah satu cabang olahraga yang menggunakan musik atau irama sebagai kombinasi agar membuat gerakan terasa semakin menyenangkan. Setiap gerakan dibuat dengan sedemikian rupa, ini dia beberapa manfaat senam irama yang jarang diketahui orang-orang

  1. Membakar Lemak dan Kalori

Sama halnya dengan jenis olahraga lainnya, senam irama juga bisa membantu Anda dalam membakar lemak dan kalori yang menumpuk dalam tubuh. Hal tersebut dikarenakan dari setiap gerakannya memang mengandung unsur gerakan energik, keseimbangan fisik dan kelincahan.

Jika dilakukan dengan maksimal dan konsisten setiap harinya maka Anda akan merasakan manfaatnya. Berat badan akan terus stabil dan tubuh akan terasa lebih ringan melakukan aktivitas sehari-hari. Sebelum mencobanya, pilihlah jenis lagu dan gerakan favorit, agar tidak bosan.

  1. Menguatkan Otot

Senam merupakan sebuah olahraga yang di dalamnya terdapat gerakan badan dan dilakukan secara terus menerus tanpa ada jeda. Hal tersebut akan membantu Anda dalam menguatkan jaringan otot pada tubuh. Terlebih jika dilakukan dengan lincah dan penuh semangat terasa lebih menyenangkan,

Ketika otot Anda sudah menjadi lebih kuat maka aktivitas sehari-hari juga bisa dijalani dengan lebih optimal lagi. Terhindar dari masalah otot dan sendi seperti pengapuran osteoporosis yang kerap menghantui banyak orang di masa tuanya. Tak ada salahnya melakukan pencegahan dari sekarang.

  1. Mengatasi Stress

Pada hakikatnya semua kegiatan olahraga bisa membuat pikiran Anda lebih tenang dan terhindar dari stress. Penyebab stress sendiri beragam, bisa karena pekerjaan, asmara, kehidupan keluarga, dan banyak lagi. Jika tidak diatasi dengan baik maka akan berdampak pada kondisi kesehatan.

Salah satu opsi untuk mengatasi stress adalah senam irama. Tanpa harus mengeluarkan biaya mahal Anda sudah bisa mendapatkan suasana baru sehingga membuat hati menjadi riang penuh energy positif dan stress akan mereda dengan sendirinya. Lakukan rutin untuk hasil lebih baik.

  1. Menyehatkan Fungsi Jantung

Salah satu organ dalam yang vital dalam tubuh juga akan ikut terbaru bila Anda melakukan senam irama secara konsisten. Ya, kesehatan jantung bisa ditingkatkan melalui gerakan yang Anda mainkan. Baik saat dengan lincahnya terus mengikuti tempo lagu pelan maupun lambat.

Apalagi jika sedang ada tempo lagu cepat dan Anda bergerak dengan penuh semangat namun kontrol tetap bagus. Jantung akan memompa darah lebih cepat ke dalam aliran tubuh, kemudian rileks kembali saat tempo lambat, itulah mengapa senam irama baik untuk kesehatan jantung.

  1. Menyehatkan Tulang dari Usia Muda

Sedari usia muda, tak ada salahnya untuk melakukan tindakan pencegahan osteoporosis atau tulang rapuh. Salah satunya dengan senam irama. Tulang Anda akan dilatih secara perlahan untuk menjadi lebih kuat agar bisa menopang beban berat badan hingga di masa tua nanti tetap sehat.

Sebenarnya untuk melakukan olahraga satu ini tidak perlu sampai sewa instruktur jika memang tidak ada budget bisa coba cari sumber saja di Youtube atau media sosial lainnya. Biaya murah meriah hanya bermodalkan kuota dan niat, namun sudah bisa merasakan manfaatnya.

Itulah tadi beberapa manfaat senam irama, semoga bermanfaat bagi pembaca sekalian.

Sumber Gambar : https://cdn-2.tstatic.net/travel/foto/bank/images/senam-rimtik_20180501_082740.jpg
https://mediaxplore.com/wp-content/uploads/2021/02/Manfaat-Senam-Irama-300x178.jpg https://mediaxplore.com/wp-content/uploads/2021/02/Manfaat-Senam-Irama-90x90.jpg Lief AzafaKesehatanUmumVira IDInformasi,Kesehatan,Pengetahuan,Vira ID5 Manfaat Senam Irama untuk Kesehatan yang Jarang Diketahui - Menjaga kesehatan merupakan sebuah keharusan yang harus dilakukan secara konsisten. Apalagi di musim pandemi seperti sekarang ini. Tak perlu terlalu memaksakan, ada senam irama yang praktis dan murah di kantong. Selain itu manfaat senam irama juga bagus untuk daya...Portal Media Informasi

Yuk di Share Jika Suka dengan Artikel Diatas