5 Manfaat dan Kegunaan Pipa PVCKetahui, Ini 5 Manfaat dan Kegunaan Pipa PVC Sebagai Material Bangunan Berbicara mengenai material bangunan, pipa PVC tentu tidak akan ketinggalan begitu juga sambungan pipa untuk menghubungkan pipa-pipa tersebut. Pipa PVC merupakan salah satu jenis pipa paling populer yang banyak digunakan pada bangunan-bangunan untuk berbagai keperluan. Dapat diperoleh dengan harga murah dan mudah dipasang, pipa yang satu ini banyak diminati oleh masyarakat untuk digunakan.

5 Manfaat dan Kegunaan Pipa PVC Sebagai Material Bangunan

Terbuat dari bahan polivinil klorida dan bebas kandungan zat berbahaya, pipa jenis ini terbilang sangat aman digunakan. Dalam fungsinya sebagai material bangunan, pipa ini memiliki beberapa manfaat dan kegunaan berikut ini:

  • Mengalirkan Air Kebutuhan Sanitasi

Kebutuhan sanitasi di rumah harus disertai dengan pasokan air bersih sehingga akan diperlukan saluran air untuk menyuplainya. Air yang bersih bukan hanya berarti air yang terlihat bening tapi juga air yang bebas dari zat kimia berbahaya. Dalam hal ini, pipa PVC yang tidak mengandung zat berbahaya tentu akan sangat tepat digunakan. Sebab dengan demikian, air yang mengalir akan tetap bersih dan aman digunakan, baik untuk mandi, memasak ataupun mencuci.

  • Untuk Saluran Air Buangan

Tidak hanya untuk saluran air bersih, jenis pipa ini juga cocok digunakan sebagai saluran air buangan. Yang dimaksudkan air buangan disini adalah air hujan dan kotoran menuju septic tank serta air buangan lainnya. Karena rawan akan terjadi penyumbatan, disarankan untuk tidak banyak menggunakan sambungan pipa atau membelokkan saluran air buangan.

  • Untuk Merapikan Kabel

Selain bermanfaat untuk digunakan dalam mengalirkan air, pipa PVC juga bisa digunakan untuk merapikan kabel listrik. Kabel yang disembunyikan di bagian dalam atau luar dinding akan terlihat lebih rapi karena kabel tidak berserakan ke mana-mana dan tentunya juga lebih aman.

  • Meredam Api

Manfaat dari penggunaan pipa PVC yang selanjutnya ialah meredam api. Bahan baku pipa PVC yang tidak bisa menghantarkan api, menjadikannya tidak mudah merembet ke bagian lainnya apabila muncul percikan api atau terjadi kebakaran. Sehingga dapat dikatakan bahwa jenis pipa PVC ini cukup aman untuk mencegah terjadinya kebakaran rumah dan bangunan.

  • Memiliki Permukaan yang Licin

Pipa paralon yang berkualitas baik memiliki permukaan yang licin seperti pipa Rucika. Sebab permukaannya yang licin ini akan membuat kecepatan aliran air lebih stabil dan tidak mudah tergerus benda tajam. Selain itu, bagian dalam pipa juga menjadi lebih bersih karena kotoran tidak ada yang mengendap.

Itulah beberapa manfaat dari penggunaan pipa PVC sebagai material bangunan. Dalam pemasangannya, pastikan Anda menggunakan lem dan sambungan pipa yang tepat agar sambungannya merekat sempurna terutama untuk saluran air.

https://mediaxplore.com/wp-content/uploads/2020/04/5-Manfaat-dan-Kegunaan-Pipa-PVC-300x178.jpg https://mediaxplore.com/wp-content/uploads/2020/04/5-Manfaat-dan-Kegunaan-Pipa-PVC-90x90.jpg Lief AzafaPropertiUmumInformasi,PengetahuanKetahui, Ini 5 Manfaat dan Kegunaan Pipa PVC Sebagai Material Bangunan - Berbicara mengenai material bangunan, pipa PVC tentu tidak akan ketinggalan begitu juga sambungan pipa untuk menghubungkan pipa-pipa tersebut. Pipa PVC merupakan salah satu jenis pipa paling populer yang banyak digunakan pada bangunan-bangunan untuk berbagai keperluan. Dapat diperoleh...Portal Media Informasi

Yuk di Share Jika Suka dengan Artikel Diatas