Tumbuh Kembang AnakTumbuh Kembang Anak : Pemahaman tentang Autisme – Mediaxplore.com Proses tumbuh kembang anak menjadi perhatian bagi setiap orang tua. Setiap orang tua tentu saja mengharapkan anaknya bisa tumbuh dan berkembang secara normal. Orang tua akan berusaha semaksimal mungkin untuk memfasilitasi anak-anak mereka agar tumbuh dan berkembang dengan baik.

Tumbuh Kembang Anak : Pemahaman tentang Autisme

Namun pada situasi tertentu, ada anak-anak yang kurang beruntung karena harus menderita autisme. Autisme menjadi salah satu gangguan tumbuh kembang yang menimpa anak-anak di negara kita. Kali ini kita akan coba membahas lebih lanjut tentang apa sebenarnya autisme itu ?.

Bukan Gangguan Jiwa

Ada beberapa orang yang menganggap autisme sebagai sebuah gangguan jiwa. Pemahaman ini tentu salah besar. Autisme bukanlah sebuah gangguan jiwa melainkan gangguan pada otak. Gangguan pada otak akan menimbulkan berkurangnya fungsi otak dan akan berdampak pada tumbuh kembang anak serta perilaku anak di kehidupan sehari-hari.

Autisme atau Autism Spectrum Disorder merupakan kelainan neurologis dan mulai muncul pada masa kanak-kanak. Kondisi autisme ini akan terus bertahan seumur hidup. Selain mempengaruhi perilaku anak, autisme juga akan berpengaruh pada kemampuan anak dalam berbicara.

Anak Lebih Sensitif

Penderita autisme biasanya akan lebih sensitif dengan perlakuan orang lain terhadap dirinya. Biasanya, anak dengan autisme akan mudah merasa terganggu dan tersakiti hanya karena mendengar suara atau mungkin hanya karena disentuh.

Apa yang dianggap orang lain normal dan biasa saja, bagi anak dengan autisme biasanya akan terasa mengganggu dan menyakiti perasaannya.

Selain sensitif, anak penderita autisme juga akan kesulitan untuk memahami apa yang orang lain rasakan. Dengan begitu mereka akan sulit memahami kondisi orang lain dan cenderung cuek. Itulah mengapa interaksi sosial anak dengan autisme juga tidak normal.

Gejala Autisme pada Anak

  1. Seperti penyakit-penyakit lainnya, autisme juga menunjukkan adanya gejala. Berikut adalah beberapa gejala yang bisa muncul pada anak penderita autisme :
  2. Anak cenderung pasif dan tidak mudah memberi respon pada rangsangan yang diberikan oleh orang lain.
    Anak dengan autisme biasanya akan memilih untuk menghindar dari keramaian. Anak dengan autisme akan senang jika ia sendiri tanpa gangguan dari orang lain.
  3. Sulit untuk melihat fokus pada objek. Ketika ada orang lain yang menunjukkan sesuatu, maka anak dengan autisme akan kesulitan untuk melihat lurus atau fokus pada objek yang ditunjuk.
  4. Anak dengan autisme akan kesulitan untuk mengekspresikan apa yang ia rasakan. Mereka juga akan kesulitan untuk menunjukkan apa yang ia inginkan sehingga orang tua juga harus memiliki kemampuan dan kesabaran ekstra untuk menghadapi anak dengan autisme.
  5. Penderita autisme biasanya akan mengalami kesulitan bicara. Sebagai orang tua, penting sekali untuk memperhatikan bagaimana perkembangan kemampuan anak dalam berbicara. Terlambat bicara bisa menjadi salah satu tanda anak menderita autisme.
  6. Penderita autisme tidak bisa merespon dengan cepat ketika dipanggil. Biasanya orang tua akan memanggil anak sebagai bentuk rangsangan, jika anak tidak merespon rangsangan tersebut dengan cepat maka bisa mengindikasikan adanya autisme.

Konsultasi Dokter Penting untuk Dilakukan

Bagi orang tua yang menemukan tanda-tanda autisme pada anak, maka disarankan untuk segera melakukan konsultasi dengan dokter. Autisme membutuhkan penanganan yang serius. Anak dengan autisme juga harus diperlakukan dengan cara yang khusus sehingga anda perlu segera berkonsultasi dengan dokter.

Satu kunci penting dalam menghadapi anak dengan autisme adalah kesabaran. Penyakit autisme bisa diobati melalui beragam terapi mulai dari terapi bicara, terapi okupasional, hingga terapi fisik. Dengan beragam terapi ini diharapkan proses tumbuh kembang anak dengan autisme tetap bisa berjalan.

Yuk di Share Jika Suka dengan Artikel Diatas

http://mediaxplore.com/wp-content/uploads/2018/07/Tumbuh-Kembang-Anak.jpghttp://mediaxplore.com/wp-content/uploads/2018/07/Tumbuh-Kembang-Anak-150x150.jpgLief AzafaAdvertorialParentingAnak,Informasi,PengetahuanTumbuh Kembang Anak : Pemahaman tentang Autisme - Mediaxplore.com Proses tumbuh kembang anak menjadi perhatian bagi setiap orang tua. Setiap orang tua tentu saja mengharapkan anaknya bisa tumbuh dan berkembang secara normal. Orang tua akan berusaha semaksimal mungkin untuk memfasilitasi anak-anak mereka agar tumbuh dan berkembang dengan baik. Tumbuh Kembang...Portal Media Informasi