Tips Membedakan Bakso Daging Sapi Atau Daging BabiMediaxplore.com Akhir-akhir ini kita dibuat resah oleh peredaran bakso yang bukan terbuat dari daging sapi asli namun daging babi atau beberapa ditemukan merupakan campuran dari keduanya. Bagi umat Muslim tentu kita harus lebih waspada dan tidak boleh sembarangan dalam memilih. Meski jika sudah terlanjur karena tidak mengetahui sebelumnya tidak masalah namun kita tetap harus berjaga-jaga agar kita tidak memakannya. Di bawah ini adalah tips-tips membedakan mana bola-bola daging yang dibuat dari daging sapi asli atau daging babi atau campuran keduanya, Inilah :

Tips Membedakan Bakso Daging Sapi atau Daging Babi

1. Lihat Warnanya.

Saat sudah dihidangkan di hadapan Anda, coba cermati baik-baik warna dari bola daging tersebut. Dari luar, ketika masih berbentuk bulat utuh, memang tidak begitu nampak perbedaannya. Namun jika sudah dibelah dengan sendok maka akan terlihat bahwa yang terbuat dari daging sapi warnanya adalah merah muda atau kemerah-merahan, bukan kecoklatan. Jika Anda menemukan bahwa bagian dalamnya berwarna kecoklatan, segera tinggalkan mangkok Anda karena sudah pasti itu adalah daging babi atau daging celeng.

2. Cium Aroma dan Perhatikan Teksturnya.

Cara kedua untuk membedakan mana yang terbuat dari daging sapi atau daging babi jika Anda kurang bisa dengan cara yang pertama, cobalah belah-belah ke dalam beberapa bagian. Lalu cium aroma bakso saja (tanpa kuah) lalu perhatikan bagaimana teksturnya. Lazimnya, yang terbuat dari daging sapi itu tidak begitu berbau amis, hanya bau daging yang sedikit khas. Jika tercium aroma lemak dan permukaan bagian dalamnya terlihat lebih mengkilat, licin dan teksturnya tidak berserat (berurat), maka bola daging tersebut terbuat dari daging babi.

3. Ukuran.

Jika Anda membeli yang berukuran besar-besar, maka perlu Anda waspadai dan lakukan cara di atas. Biasanya yang terbuat dari daging sapi, ukurannya lebih kecil. Ini dikarenakan daging sapi mahal, sedangkan daging babi cenderung murah. Jika sudah melihat ukurannya dan melakukan kedua cara di atas, simak lagi cara di bawah ini.

4. Harganya.

Selain ukurannya yang lebih besar dari daripada yang terbuat dari daging sapi asli, sebelum memesan, lihat dulu berapa harga untuk satu porsinya. Harga satu mangkuk dengan bola-bola daging yang terbuat dari daging sapi asli biasanya berkisar antara 10 ribu hingga 20 ribu. Tergantung ukuran dan isinya. Nah jika Anda menemukan satu porsi penuh dengan bola daging yang besar-besar atau banyak yang banyak namun dengan harga yang sangat terjangkau, hal itu Anda perlu waspadai karena kemungkinan besar, bola dagingnya tidak terbuat dari daging sapi asli, melainkan daging babi atau bisa saja daging lain.

Jika sudah melakukan cara di atas maka ada baiknya juga jika Anda menghindari makan makanan tersebut di sembarang tempat. Bukan karena gengsi tapi lebih kepada upaya menjaga kesehatan diri dan membentengi diri dari makanan-makanan yang haram. Nah jika Anda ingin tetap makan makanan tersebut, lebih baik jika Anda membelinya di tempat-tempat langganan Anda dan yang sudah memiliki reputasi baik di masyarakat atau membuatnya sendiri.

Cara membuat bakso atau bola-bola daging sebenarnya cukup mudah, bahkan Anda dirumah tetap dapat membuatnya sendiri dan bisa memodifikasi isiannya. Misalkan diisi dengan telur puyuh, keju, telur ayam, diisi dengan sayuran pun bisa. Dengan berbagai resep yang sudah ada, cobalah sesekali membuatnya sendiri di rumah. Selain lebih hemat, tentu akan lebih higienis dan sehat.

Yuk di Share Jika Suka dengan Artikel Diatas

http://mediaxplore.com/wp-content/uploads/2017/02/Tabungan-Online-4-1.pnghttp://mediaxplore.com/wp-content/uploads/2017/02/Tabungan-Online-4-1-150x150.pngLief AzafaBukalapakContent PlacementUmumBukalapak,Informasi,Pengetahuan,TipsTips Membedakan Bakso Daging Sapi Atau Daging Babi - Mediaxplore.com Akhir-akhir ini kita dibuat resah oleh peredaran bakso yang bukan terbuat dari daging sapi asli namun daging babi atau beberapa ditemukan merupakan campuran dari keduanya. Bagi umat Muslim tentu kita harus lebih waspada dan tidak boleh sembarangan dalam memilih....Portal Media Informasi