Mengenal Karakter Wayang Kulit dengan Perjalanan Bersama Indonesia Travel – Ph

Wayang KulitMengenal Karakter Wayang Kulit dengan Perjalanan Bersama Indonesia Travel – PhMediaxplore.com Budaya adalah salah satu bagian dari kehidupan yang tidak bisa dipisahkan, karena secara langsung budaya akan mempengaruhi masyarakat yang hidup di suatu bangsa. Budaya adalah identitas bangsa yang sangat perlu untuk dijaga dan dilestarikan. Salah satu cara melestarikan budaya adalah dengan mengetahui karakter-karakter wayang kulit.

Bersama dengan Indonesia Travel – Ph, kita akan mengenal banyak jenis budaya yang beranekaragam di Indonesia. Karena negara kita ini sudah sangat dikenal dengan keanekaragaman budaya dan adat istiadat.

Adat istiadat dan budaya adalah warisan nenek moyang yang harus dilestarikan, sehingga kita tidak boleh begitu saja melupakannya. Karena nenek moyang pun sangat gigih mempertahankan dan melestarikan kebudayaan yang ada untuk anak cucunya. Begitupun dengan kita yang harus berusaha keras untuk mempertahankan dan melestarikan budaya untuk anak cucu kita nantinya.

Salah satu cara mudah untuk melestarikan budaya adalah dengan cara memberikan pengetahuan atau mengenalkan budaya kepada generasi muda. Pengenalannya pun tidak sulit karena banyak bentuk budaya yang bisa kita lestarikan.

Bercerita tentang budaya masa lalu agar generasi muda tahu akan kehidupan masa lampau, melestarikan tempat yang bersejarah, mengajari tarian daerah serta nyanyian daerah, menjadikan mata pelajaran budaya menjadi mata pelajaran utama dalam instansi pendidikan, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Mengenal karakter-karakter wayang kulit adalah salah satu cara melestarikan budaya agar tidak punah begitu saja.

Wayang Kulit

Budaya selalu erat kaitannya dengan kesenian. Hampir semua daerah memiliki kesenian masing-masing, sehingga setiap daerah memiliki ciri khas masing-masing. Salah satunya adalah budaya yang ada di Jawa Timur, yakni wayang kulit.

Wayang kulit adalah salah satu jenis kesenian khas Jawa Timur yang masih eksis sampai sekarang ini. Wayang kulit ini menggunakan karakter-karakter wayang kulit yang akan digerakkan oleh seorang dalang. Karakter-karakter pada wayang kulit ini berpedoman pada tokoh-tokoh pada masa kerajaan, terutama pada jaman Ramayana.

Anak muda jaman sekarang tidak akan mengenal siapa saja karakter-karakter wayang kulit jika tidak segera dikenalkan. Karena tokoh-tokoh yang ada dalam pewayangan ini akan memberikan gambaran tentang kehidupan manusia. Sang dalang akan menyampaikan lakon-lakon atau topik-topik cerita yang berbeda-beda pada setiap pementasan wayang kulit. Dalam setiap lakonnya pun akan mengandung nilai-nilai moral yang bisa dijadikan pelajaran hidup.

Karakter – Karakter Wayang Kulit

Kita bisa mengenal karakter-karakter wayang kulit yang eksis dan sering dimainkan oleh para dalang dalam setiap lakonnya, yakni tokoh wayang Pandhawa dan Kurawa. Kedua penokohan tersebut adalah para karakter yang diadopsi dari cerita perang pesaudaraan pada masa lampau,

Pandhawa akan terdiri dari 5 karakter-karakter wayang kulit, yakni Puntadewa, Werkudara, Janaka, Nakula, dan Sadewa. Sedangkan Kurawa akan terdiri dari Rahwana, dan 99 saudaranya. Selain itu, ada Punakawan yang trdiri dari Semar, Gareng, Petruk, dan Bagong.

Selain itu ada karakter Raja Pandhudewanata dengan dua istrinya, yaitu Dewi Kunthi dan Dewi Madrim, Prabu Kresna, Begawan Abiyasa dan Dewi Gendari, Srikandi, Gatotkaca, dan masih banyak lagi karakter-karakter wayang kulit yang lainnya.

Karakter-karakter wayang kulit tersebut akan sangat sulit untuk dihafalakan oleh anak-anak muda jaman sekarang karena kepedulian mereka yang lebih besar terhadap budaya asing daripada budaya dalam negeri.

Salah satu cara ampuh mengenalkan karakter-karakter wayang kulit adalah dengan mengajak anak-anak muda untuk travelling ke tempat-tempat yang ada pertunjukkan wayang kulitnya. Kita bisa berkunjung ke keraton-keraton atau tempat-tempat khusus yang akan menyediakan pementasan wayang kulit.

Yuk di Share Jika Suka dengan Artikel Diatas

Lief Azafa

Seorang Guru TU di Sebuah Sekolah Dasar Islam, Belajar Ngeblog untuk Berbagi Pengatahuan yang Bermanfaat Bagi Semua Orang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *