Umur Berapa Bayi Tumbuh GigiKira-Kira Pada Umur Berapa Bayi Tumbuh Gigi Pertamanya ? – Mediaxplore.com Perkembangan bayi adalah hal yang penting untuk diperhatikan orang tua. Setiap tanda yang muncul pada bayi menunjukkan seberapa jauh pertumbuhannya. Salah satu tanda perkembangan bayi adalah munculnya gigi. Mungkin banyak orang tua bertanya – tanya umur berapa bayi tumbuh gigi.

Sebenarnya tidak ada patokan yang pasti mengenai kapan gigi pertama bayi ini akan muncul. Tetapi, kebanyakan mulai umur 6 bulan gigi bayi sudah mulai terlihat. Meski begitu, ada pula bayi berusia 3 bulan yang sudah mulai tumbuh gigi. Lalu bagaimana dengan bayi yang tak kunjung muncul gigi?

Kira-Kira Pada Umur Berapa Bayi Tumbuh Gigi Pertamanya ?

Untuk anda para orang tua tidak usah khawatir mengenai umur berapa bayi tumbuh gigi, sebab ada juga beberapa bayi yang baru tumbuh gigi pada usia 7 hingga 8 bulan. Tetapi, jika si bayi belum memiliki gigi hingga usia 12 bulan, lebih baik Anda sebagai orang tua segera berkonsultasi dengan dokter.

Tanda – Tanda Bayi Sedang Tumbuh Gigi

Terkadang tumbuhnya gigi pada bayi menimbulkan ketidaknyamanan, bayi bisa merasa resah dan rewel. Bayi juga merasa paling kesakitan ketika masa – masa tumbuh gigi pertamanya. Jika gigi geraham yang berukuran besar tumbuh, juga semakin membuat bayi merasa nyeri. Bisa juga diikuti dengan meningkatnya suhu tubuh dari bayi. Tetapi tidak sampai mengakibatkan demam yang tinggi.

Ada beberapa tanda umum ketika bayi sedang tumbuh gigi, di antaranya adalah :

  1. Sering merasa rewel dan menangis ketika malam hari
  2. Bayi lebih banyak mengeluarkan air liur
  3. Muncul rasa selalu ingin menggigit. Hal ini berfungsi untuk mengurangi rasa sakitnya.
  4. Pipi bayi berwarna merah
  5. Suhu tubuh bayi sedikit naik tetapi tidak lebih dari 39 derajat celcius.
  6. Gusi bayi membengkak dan berwarna merah
  7. Bayi lebih sering meminta minum ASI, atau bisa jadi malah menolak minum ASI karena merasa gusinya sakit.
  8. Selera makan bayi menurun
  9. Tidur bayi menjadi kurang nyenyak

Solusi Agar Bayi Tidak Merasa Nyeri Saat Giginya Tumbuh

Walaupun banyak tanda – tanda umum yang muncul pada bayi, bukan berarti orang tua tidak bisa mengatasinya. Apalagi hal ini menganggu sehingga membuat bayi merasa tidak  nyaman. Berikut terdapat beberapa tips yang bisa dilakukan dalam mengatasi masalah sakit pada gigi yang baru tumbuh pada bayi :

  1. Mengusap Gusi

Cara pertama adalah dengan mengusap gusi menggunakan alat khusus. Selain itu juga bisa dengan jari, tetapi kondisikan jari steril terlebih dahulu. Usaplah gusi dari bayi yang ditumbuhi akar gigi dengan pelan. Ketika bayi merasa tidak nyaman, jangan dipaksakan, karena semua hal itu untuk membuat bayi menjadi lebih rileks dan juga nyaman.

  1. Memberikan Teether atau Gigitan untuk Bayi

Cara yang kedua adalah dengan memberikan mainan seperti teether (gigitan bayi). Tujuannya adalah dapat membantu menjaga pertumbuhan gigi anak. Nah agar gusi bayi tidak sakit, Anda bisa memasukan tether ke dalam kulkas untuk meredakan sakitnya.

  1. Berikan Finger Food

Cara ketiga yaitu dengan memberikan finger food pada bayi. Selain menggunakan gigitan bayi, Anda juga dapat memberikan teething biscuit. Lebih baik jangan terlalu sering memberikannya, karena kadar gula didalamnya termasuk tinggi dan dapat merusak gigi pada bayi.

Itu dia beberapa informasi mengenai umur berapa bayi tumbuh gigi hingga bagaimana solusi ketika bayi merasakan nyeri saat gigi pertamanya akan muncul. Untuk Anda para orang tua tidak perlu khawatir mengenai kapan pertumbuhan gigi awal pada bayi, karena bayi yang sehat tentunya akan segera memiliki gigi yang sehat pula.

Yuk di Share Jika Suka dengan Artikel Diatas

http://mediaxplore.com/wp-content/uploads/2017/02/Tabungan-Online-4-1.pnghttp://mediaxplore.com/wp-content/uploads/2017/02/Tabungan-Online-4-1-150x150.pngLief AzafaAdvertorialParentingReviewAnak,Bayi,Informasi,Pengetahuan,TipsKira-Kira Pada Umur Berapa Bayi Tumbuh Gigi Pertamanya ? - Mediaxplore.com Perkembangan bayi adalah hal yang penting untuk diperhatikan orang tua. Setiap tanda yang muncul pada bayi menunjukkan seberapa jauh pertumbuhannya. Salah satu tanda perkembangan bayi adalah munculnya gigi. Mungkin banyak orang tua bertanya – tanya umur berapa bayi...Portal Media Informasi