Batik, Kerajinan Khas Indonesia yang Sepatutnya Dibanggakan

Kerajinan Khas IndonesiaBatik, Kerajinan Khas Indonesia yang Sepatutnya Dibanggakan – Mediaxplore.com Batik yang merupakan salah satu kerajinan khas Indonesia seringkali menjadi pilihan utama untuk dikenakan ketika menghadiri acara – acara formal. Lebih dari itu batik juga dijadikan seragam sekolah maupun seragam guru. Bahkan kini banyak desainer yang merancang batik menjadi baju yang tidak hanya cocok untuk digunakan saat acara formal loh. Pastinya kita sudah sering melihat kaos atau dress yang menggunakan batik sebagai kombinasinya bukan?

Nilai estetika batik seolah tidak ada matinya, hal itu terbukti dari tangan – tangan kreatif yang berhasil menyulap batik menjadi berbagai macam kerajinan. Yup, tak hanya baju saja, kini kita bisa dengan mudah menemukan kerajinan dalam bentuk tas, dompet dan lainnya yang menggunakan batik sebagai salah satu bahan dasarnya.

Batik, Kerajinan Khas Indonesia yang Sepatutnya Dibanggakan

Lalu apa saja yang membuat kita harus bangga terhadap batik yang merupakan salah satu kerajinan khas Indonesia tersebut?

Batik Sebagai Warisan Dunia

UNESCO menjadikan batik sebagai Warisan Dunia atau Warisan Kemanusiaan pada tanggal 02 Oktober 2009. Penobatan batik tersebut diperuntukkan bagi Budaya Lisan dan Non Bendawi. Inilah yang akhirnya membuat pemerintah menetapkan tanggal 02 Oktober sebagai hari Batik Nasional.

Batik Dengan Nilai Seni yang Tinggi

Siapa sangka jika batik tulis adalah jenis batik yang mempunyai nilai jual paling tinggi. Yup, hal ini tentu sebanding dengan kerja keras para pembatik yang rela dan sabar dalam menghasilkan batik terbaik. Lebih dari itu setiap pengrajin atau pembatik selalu berusaha untuk menghasilkan karya yang sebisa mungkin tidak sama dengan batik – batik yang sudah dibuat sebelumnya. Inilah yang membuat batik disebut – sebut sebagai kerajinan khas Indonesia yang memiliki nilai seni tinggi.

Membuat Dunia Mengenal Indonesia

Bukan hanya orang Indonesia saja yang bangga mengenakan batik dalam kesehariannya. Hal ini terbukti banyak artis – artis internasional yang juga bangga mengenakan batik dalam berbagai acara. Seperti; Julia Roberts, Reese Whiterspoon, dan Jessica Alba. Tak jarang juga banyak turis yang sengaja membeli batik untuk dijadikan oleh – oleh. Dari sinilah negara lain mulai mengenal Indonesia dengan karya terbaiknya, yakni batik.

Demikian tadi beberapa alasan mengapa kita harus bangga terhadap kerajinan khas Indonesia yang satu ini. Jadi jangan hanya menjadikan batik sebagai koleksi ya, toh kini batik lebih fleksibel karena bisa kita kenakan dalam berbagai jenis acara.

Semoga informasi di atas bermanfaat ya artikel tentang Batik, Kerajinan Khas Indonesia yang Sepatutnya Dibanggakan

Yuk di Share Jika Suka dengan Artikel Diatas

Lief Azafa

Seorang Guru TU di Sebuah Sekolah Dasar Islam, Belajar Ngeblog untuk Berbagi Pengatahuan yang Bermanfaat Bagi Semua Orang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *