Apa itu Kebudayaan? Yuk Melek Budaya Bersama Indonesia.Travel (Singapore)

Apa itu Kebudayaan?Apa itu Kebudayaan? Yuk Melek Budaya Bersama Indonesia.Travel (Singapore)Mediaxplore.com Hidup memang sebuah hal nyata. Kebiasaan hidup akan menjadi sebuah kehidupan. Jadi kehidupan selalu dipenuhi kebiasaan-kebiasaan yang hidup. Dari kebiasaan inilah kemudian muncul kebudayaan.

Banyak orang yang menjadi pelaku kebudayaan, namun mereka tidak sadar kalau mereka sebenarnya adalah orang-orang berbudaya. Terbukti dengan mereka yang selalu melakukan adat-istiadat dengan teratur. Ini dikarenakan mereka selalu ingat apa yang dikatakan orang-orang jaman dahulu atau nenek moyang.

Apa itu Kebudayaan?

Kebudayaan juga lahir karena manusia adalah makhluk sosial. Yakni berarti bahwa manusia selalu bergantung dengan manusia yang lainnya. Manusia tidak dapat hidup sendiri, sehingga akan selalu membutuhkan bantuan orang lainnya.

Budaya saling membantu inilah yang kemudian memunculkan sebuah keinginan untuk memiliki perkumpulan. Perkumpulan-perkumpulan inilah yang kemudian membuat sebuah keinginan untuk saling bertukar ide atau pikiran satu sama lain.

Untuk bertukar pikiran satu sama lain, kita mengadakan perkumpulan atau sering disebut dengan rapat. Jika rapat ini dilakukan dengan rutin, maka hasilnya akan melahirkan sebuah mufakat. Salah satu hasil dari musyawarah mufakat adalah melahirkan sebuah karya, yakni bisa karya seni musik, seni drama, seni lukis, serta seni-seni yang lainnya yang kemudian seni tersbeut dijadikan sebagai identitas wilayah tempat tinggal kita. Inilah yang kemudian disebut dengan kebudayaan.

Kebudayaan bukan hanya tentang seni, tetapi juga tentang banyak hal. Seperti yang sudah kita ketahui, bahwa budaya adalah kebaiasaan. Ada upacara adat, ritual adat, dan sebagainya yang bisa juga dikatakan sebagai budaya.

Adapun beberapa definisi para ahli tentang pengertian kebudayaan:

1. Menurut Koentharaningrat

Kebudayaan adalah hasil tingkah laku manusia sebagai hasil dari kegiatan belajarnya di tengah-tengah masyarakat.

2. Menurut Selo Soemardjan dan Soelaeman Soenardi

Kebudayaan adalah hasil karya, cipta, dan rasa dari masyarakat.

3. Menurut E.B. Tylor

Kebudayaan adalah hal-hal yang didalamnya berisi tentang adat-istiadat, kesenian, kepercayaan, pengetahuan, moral, hukum, dan lain-lain.

4. Menurut Bahasa Inggris

Kebudayaan berhubungan dengan kegiatan pertanian dan agriculture.

Unsur-unsur kebudayaan mengiringi definisi tentang kebudayaan tersebut, yakni unsur kebudayaan kebendaan, unsur-unsur yang bermanfaat, unsur-unsur tentang sistem kepercayaan, serta unsur-unsur yang berproses.

Selain itu, ada pula sifat kebudayaan, yakni budaya terwujud dan tersalurkan karena adanya manusia sebagai pencetusnya, kebudayaan ada sebelum amnesia lahir dan akan selalu ada sepanjang masa, kebudyaan berisi tentang peraturan-peraturan, serta kebudayaan yang menyangkut tingkah laku manusia.

Budaya dari setiap daerah adalah berbeda-beda. Karena memang berbeda wilayah berbeda kebiasaan. Seperti contoh nyatanya adalah wilayah-wilayah di Indonesia yang memiliki banyak kebudayaan yang berbeda-beda. Wilayah Jawa dengan wilayah Sumatra akan berbeda-beda. Apalagi Indonesia sangatlah luas. Sehingga kita tidak akan mungkin menilik budaya tersebut satu per satu. Maka dari itu keberadaan Indonesia.travel (Singapore) akan membantu kita untuk mengenal banyak budaya di Indonesia.

Bahkan Indonesia.travel (Singapore) bukan hanya akan mengantarkan kita untuk mengenal budaya di Indonesia saja, melainkan juga akan mengantarkan kita untuk mengena budaya-budaya di luar negeri, salah satunya adalah Singapura. Di Singapura sangat banyak budaya yang ada, dan budaya inilah yang akan mebuat Singapura memiliki ciri khas tersendiri.

Jadi untuk menjawab Apa Itu Kebudayaan?, kita bisa menjawabnya bahwa kebudayaan adalah buah dari kebiasaan sekelompok manusia yang ada di suatu wilayah tertentu yang kemudian menjadi sebuah hal yang menarik. Kebudayaan selalu identik dengan seni atau kesenian. Maka dari itu, lestarikan budaya yang kita miliki.

Yuk di Share Jika Suka dengan Artikel Diatas

Lief Azafa

Seorang Guru TU di Sebuah Sekolah Dasar Islam, Belajar Ngeblog untuk Berbagi Pengatahuan yang Bermanfaat Bagi Semua Orang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *